Waspada Setiap Tanda Dan Gejala Kutil Kelamin!

gejala kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus. Gejala kutil kelamin ditentukan dari setiap tahapannya. Ada lebih dari 100 jenis virus yang berbeda. Beberapa jenis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dubur atau serviks (leher rahim), namun berbeda dari jenis virus yang menyebabkan kutil kelamin. Tidak ada hubungan antara kutil kelamin dan kanker.

Kutil kelamin adalah pertumbuhan yang kecil dan terangkat biasanya tanpa rasa sakit (terkadang sedikit seperti bunga kol). Tidak seperti luka, pertumbuhan ini biasanya tidak menyakitkan dan tidak berdarah atau nanah. Biasanya dapat muncul sebagai kutil tunggal atau sebagai beberapa kutil dalam kelompok.

konsultasi

Fakta-Fakta Mengenai Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah kutil di area genital yang disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11 adalah tipe yang biasanya dapat menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin mirip dengan kutil yang biasa didapatkan di bagian lain dari tubuh. Kutil biasanya tidak menyakitkan dan tidak berbahaya.

Kutil terkadang bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan akan tetapi dapat bertahap selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan kanker terutama kanker dubur, kanker tenggorokan, kanker penis pada pria dan serviks (leher rahim) pada wanita. Jenis-jenis virus yang menyebabkan kutil kelamin tidak dapat menyebabkan kanker. Jika memiliki kutil kelamin, lakukan tes atau pengujian secara rutin untuk semua infeksi menular seksual (IMS) termasuk klamidia, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan HIV.

Penyebab Umum Kutil Kelamin

Human Papilloma Virus (HPV) ditularkan melalui kontak kulit, biasanya kulit kelamin ke kontak kulit. Tidak hanya dari berupa seks penetrasi seperti seks vaginal, seks anal atau seks oral. Akan tetapi bisa dari kontak genital yang dekat. Kutil sangat umum pada seseorang yang aktif secara seksual untuk melakukan kontak dengan HPV. Pada kebanyakan orang yang melakukan kontak dengan HPV tidak mengalami adanya kutil. HPV tidak dapat ditularkan melalui pelukan, ciuman, berbagi handuk, toilet, kolam renang dan berbagi peralatan makan lainnya.

Baca Juga : Kenali Tanda-Tanda Penularan Kutil Kemaluan Wanita

konsultasi

Tanda Dan Gejala Kutil Kelamin Secara Umum

Sebagian besar orang dengan HPV tidak memiliki gejala kutil kelamin apapun dan tidak mengetahui saat terinfeksi. Jika adanya kutil kelamin biasanya berupa benjolan berwarna kulit pada kulit dimana saja di area genital atau anal. Kutil kemungkinan muncul selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah melakukan kontak dengan virus.

Pada kebanyakan orang dengan virus yang menyebabkan kutil kelamin (HPV) tidak akan mengembangkan kutil yang terlihat. Jika adanya gejala kutil kelamin biasanya dapat terdeteksi setelah beberapa minggu atau beberapa tahun setelah terkena virus. Gejala kutil kelamin dapat meliputi:

• Pertumbuhan kutil tunggal atau berkelompok, benjolannya kecil dan berwarna seperti daging atau abu-abu tanpa rasa sakit disekitar vagina, penis, anus atau paha.
• Terasa gatal atau perdarahan dari alat kelamin atau anus.
• Perubahan kencing pada aliran yang normal (seperti ke samping) dan tidak hilang.

konsultasi

Bagaimana Kutil Kelamin Didiagnosis?

Kutil kelamin didiagnosis oleh dokter dengan melakukan pemeriksaan area yang terkena. Untuk melakukan pemeriksaan kutil yang tersembunyi dapat dengan pemeriksaan internal vagina, serviks (leher rahim) dan anus tanpa rasa sakit. Jika memiliki masalah kencing, dengan melakukan pemeriksaan uretra (tabung yang membawa kencing dari kandung kemih).

Jika adanya kutil kelamin, maka harus melakukan tes atau pengujian infeksi menular seksual (IMS) lain. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pemeriksaan dengan dokter. Berguna untuk menghentikan penyebaran atau penularan virus dan bisa menghentukan penularan kembali (kekambuhan).

kutil kelamin

Cara Ampuh Mengobati Kutil Kelamin

Tidak ada pengobatan untuk virus yang menyebabkan kutil kelamin, akan tetapi adanya kemungkinna tubuh dapat membersihkan virus dari waktu ke waktu. Pengobatan dapat menghilangkan kutil. Jenis pengobatan tergantung pada jenis kutil yang dimiliki dan dimana kutilnya berada. Ada beberapa jenis pengobatan utama seperti:

• Pengobatan mendasar.
• Menghancurkan kutil dengan membekukan, memanaskan atau menghilangkan kutil.

Lakukan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan pengobatan apapun. Tidak memerlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk pengobatannya bekerja. Karena kutil masih bisa kambuh kembali. Usahakan hindari penggunaan sabun dan lotion saat menjalani pengobatan karena dapat mengiritasi kulit.

Usahakan tidak berhubungan seks hingga pasangan seksualnya juga menyelesaikan pengobatan dan kutil telah hilang. Terkadang kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, akan tetapi pada kebanyakan orang melakukan pengobatan. Pengobatan kemungkinan membutuhkan beberapa minggu atau beberapa bulan untuk bekerja. Terkadang kutil dapat muncul kembali setelah pengobatan. Pengobatannya dapat termasuk:

• Pengobatan yang bisa meredakan kutil kelamin.
• Cryotherapy (pembekuan kutil).
• Pembedahan jika kutilnya parah dan tidak menanggapi pengobatan lain.

Setiap adanya gejala kutil kelamin harus disadari dan lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan menyarankan pengobatan terbaik yang harus dilakukan. Meskipun terkadang gejala kutil kelamin tidak diketahui dan tidak disadari oleh penderitanya. Namun pencegahan penularan juga harus dilakukan.

Untuk setiap pengobatan gejala kutil kelamin bisa dilakukan di Klinik Apollo. Karena Klinik Apollo sudah banyak berhasil melakukan pengobatan pada setiap pasiennya. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Untuk lebih jelas hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau melalui layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Kalangan Yang Berisiko Terserang Bakteri Kondiloma 

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.