Tanda-Tanda Tumbuh Kutil Di Kemaluan

tumbuh kutil di kemaluan

Tumbuh kutil di kemaluan merupakan sebuah penyakit infeksi menular seksual yang sering terjadi. Kondisi ini bisa dialami oleh siapapun kalangan yang aktif secara seksual. Kutil kelamin berbeda dengan kutil yang tumbuh di bagian tubuh lainnya. Kutil kelamin mempunyai ukuran yang kecil hingga besar dan tidak mudah dikenali.

Tanda Dan Gejala Tumbuh Kutil Di Kemaluan

• Kutil pada umumnya tumbuh dengan ukuran kecil sehingga tak terlihat dengan kasat mata, namun lama kelamaan akan membesar.
• Tumbuh benjolan seperti daging yang menyerupai kulit.
• Bentuk kutil kelamin yakni benjolan berwarna kemerahan.
• Bintik kutil akan tumbuh berdekatan dan terlihat seperti jengger ayam, atau terlihat seperti kembang kol.
• Bintik kecil yang muncul menjadi banyak seiring berjalannya waktu dan akan membuat kelompok yang cukup besar.

Beberapa komplikasi yang disebabkan oleh tumbuh kutil di kemaluan bisa memicu terjadi kanker di area kemaluan, tenggorokan, mulut maupun gangguan kehamilan. Bayi yang lahir dengan kutil kelamin berisiko mengalami infeksi di area tenggorokan.

Baca Juga : Jika Diobati Dengan Tepat, Kutil Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?

konsultasi

Penyebab Dan Penyebaran Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV, proses penyebaran kutil ini rentan terjadi ketika berhubungan seksual, baik melalui vagina, seks anal maupun oral. Disamping itu, virus ini bisa menular melalui sentuhan tangan antara penderita yang menyentuh kelamin yang terkena virus, lalu menyentuh kelamin milik pasangan.

Penyebaran kutil kelamin juga bisa terjadi akibat berbagai penggunaan alat bantu seks. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, tumbuh kutil di kemaluan dapat menular dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya. Perlu Anda pahami, kutil kelamin tidak akan menular melalui ciuman atau berbagai media lainnya seperti, handuk, toilet, atau alat makan yang sama.

konsultasi

Pengobatan Dan Pencegahan Kutil Kelamin

Penderita bisa terserang infeksi HPV jika terlibat hubungan seksual tanpa kondom. Anda tentunya sudah tahu bahwa penyakit kelamin ini yakni infeksi menular seksual dan penderita biasanya akan terserang melalui hubungan seksual tanpa kondom. Namun Anda pun harus memahami bahwa bukan itu saja yang menyebabkan penyakit ini mudah menyerang, selain berhubungan seksual, kutil kelamin terjadi melalui kontak kulit atau ibu yang sedang hamil kepada bayi yang dikandungnya.

tumbuh kutil di kemaluan

Kondom Bisa Melindungi Diri Dari Infeksi HPV

Memang sudah dipahami bahwa kondom cukup efektif untuk melindungi seseorang dari penyakit kelamin. Namun meskipun bisa memberi bentuk perlindungan terhadap virus, salah satunya HPV, masih ada kemungkinan menyebabkan tumbuh kutil di kemaluan.

Sebab yang menjadi penyebab penyakit ini yakni sebuah virus, maka bisa dengan mudah menyebar melalui kontak langsung dengan kulit. Bahkan jika Anda sudah mengenakan kondom ketika berhubungan seksual dengan kalangan yang sedang terinfeksi, virus masih bisa ditularkan karena kondom tak menutupi seluruh penis pria.

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit seksual yang menular dan disebabkan oleh adanya human papillomavirus dalam tubuh. Penularan virus tersebut terjadi melalui kontak dengan kulit, ketika terlibat kegiatan seksual dengan seseorang yang sudah terjangkit virus tersebut.

Proses pencegahan kutil kelamin bisa dijalankan dengan beberapa cara seperti tidak melakukan hubungan seks secara bebas, berhubungan intim hanya dengan pasangan, menggunakan kondom, tidak berbagai alat bantu seksual, serta melakukan pencegahan dengan imunisasi.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala tumbuh kutil di kemaluan bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo. Anda bisa melakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Sekian mengenai tumbuh kutil di kemaluan, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.