Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita Secara Umum

gejala penyakit sipilis pada wanita

Tanda dan gejala penyakit sipilis pada wanita terbagi menjadi beberapa tahapan. Diantaranya tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier. Masing-masing tahapan memiliki tanda dan gejala yang sangat bervariasi dan pengobatannya juga berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya.

Penyakit sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh sejenis bakteri. Biasanya muncul dengan menyebabkan luka yang tidak menyakitkan (chancre) atau adanya ruam pada kulit akan tetapi dengan seiring waktu, penyakitnya akan jauh lebih serius jika tidak segera ditangani.

konsultasi

Arti Dari Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis adalah penyakit yang sangat menular yang menyebar terutama melalui aktifitas seksual termasuk seks oral dan seks anal. Terkadang penyakit ini dapat ditularkan ke orang lain melalui ciuman yang lama atau melalui kontak tubuh yang dekat. Meskipun penyakit ini menyebar atau menular dari luka, namun sebagian besar luka nya tidak dapat dikenali. Seseorang yang terinfeksi sering tidak menyadari penyakit ini dan tanpa disadari dapat menularkan ke pasangan seksualnya.

Pada wanita hamil dengan penyakit ini dapat menyebarkan atau menularkan pada bayinya. Penyakit ini disebut dengan penyakit sipilis bawaan. Penyakit yang dapat menyebabkan kelainan atau bahkan kematian pada anak. Penyakit sipilis tidak dapat disebarkan atau tidak dapat ditularkan melalui kursi toilet, kolam renang, bak air panas, bak mandi, pakaian yang dipakai bersama atau peralatan makan lainnya.

konsultasi

Apa Penyebab Utama Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Penyakit sipilis menyebar atau menular melalui kontak dengan luka (chancre) atau gejala penyakit sipilis pada wanita lainnya. Penyakit ini dapat menyebar atau menular dengan melakukan seks oral, seks vaginal, seks anal atau dengan mencium seseorang yang memiliki luka penyakit sipilis di mulutnya.

Kenali Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita

Gejala penyakit sipilis pada wanita terjadi dalam beberapa tahapan yang berbeda-beda, tahapannya diantaranya:

• Tahap Primer
Seseorang dengan penyakit sipilis tahap primer akan mengembangkan luka tunggal atau beberapa luka. Luka tersebut berupa bisul yang kecil tanpa rasa sakit. Lukanya terjadi pada alat kelamin, dan terletak di dalam atau di sekitar mulut selama 10 hari hingga 90 hari (kurang lebih 3 minggu) setelah paparan. Luka akan sembuh tanpa bekas dalam waktu 6 minggu, namun infeksinya dapat berpindah ke tahap selanjutnya.

• Tahap Sekunder
Dapat berlangsung 1 bulan hingga 3 bulan dan akan muncul dalam 6 minggu hingga 6 bulan setelah paparan. Seseorang dengan penyakit sipilis tahap sekunder akan mengalami adanya ruam yang berwarna merah dan biasanya pada telapak tangan dan pada telapak kaki. Namun ruam dengan penampilan yang berbeda dapat trejadi pada bagian tubuh yang lainnya. Terkadang menyerupai ruam yang disebabkan oleh penyakit lain.

Penderitanya juga kemungkinan mengalami kutil yang lembab di selangkangan, bercak berwarna putih di bagian dalam mulut, pembengkakan kelenjar getah bening, demam dan penurunan berat badan.

• Tahap Laten
Infeksinya tidak aktif tanpa menyebabkan tanda dan gejala penyakit sipilis pada wanita. Namun jika tanpa adanya pengobatan, infeksinya dapat berpindah ke tahap akhir.

• Tahap Tersier
Jika infeksinya tidak segera diobatu, maka dapat berkembang ke tahap yang ditandai dengan masalah yang parah pada jantung, otak dan saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, demensia, tuli, impotensi dan bahkan kematian jika tidak segera diobati.

konsultasi

Penyakit Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya

Penyakit sipilis dapat dengan mudah didiagnosis dengan melakukan tes atau pengujian darah dengan cepat yang direkomendasikan oleh dokter. Dengan melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan melihat luka atau gejala penyakit sipilis pada wanita yang lainnya. Jika tidak adanya gejala penyakit sipilis pada wanita, dokter baru akan melakukan pengambilan sampel darah yang kecil untuk melakukan tes dan pengujian penyakit sipilis.

gejala penyakit sipilis pada wanita

Cara Ampuh Dalam Mengobati Penyakit Sipilis

Jika telah terinfeksi penyakit sipilis kurang dari waktu 1 tahun. Pengobatannya dengan dosis yang biasanya cukup untuk menghancurkan infeksi tersebut. Orang-orang yang memiliki alergi terhadap pengobatan tersebut, dapat direkomendasikan dengan pengobatan antibiotik yang lainnya yang dapat diberikan sebagai gantinya.

Jika penyakitnya dalam tahap lanjut, maka pengobatannya dilakukan lebih banyak sesuai kebutuhan. Karena pengobatan dilakukan berdasarkan tingkat keparahannya. Penderita penyakit sipilis yang melakukan pengobatan usahakan untuk menjauhkan diri dari kontak seksual hingga infeksinya benar-benar hilang.

Pasangan seksual penderitanya juga harus melakukan tes dan pengujian atau pengobatan jika diharuskan. Pengobatan penyakit sipilis ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin dari andrologi, ginekologi dan penyakit menular seksual (PMS). Untuk info lebih lanjut hubungi nomor kami di 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.