Tanda Dan Gejala Penyakit Gonorrhea Yang Kerap Muncul

penyakit gonorrhea

Penyakit gonorrhea merupakan salah satu bagian dari infeksi menular seksual, kondisi tersebut disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman melalui anal, oral atau vagina. Melakukan seks berganti-ganti pasangan tanpa kondom bisa berisiko terjadinya infeksi. Gonore disebabkan oleh bakteri jenis Neisseria gonorrhoeae. Virus ini akan memberikan infeksi di area yang hangat dan lembab seperti:

•Vagina

•Anus

•Urethra

•Mata

•Tenggorokan

Baca juga: Gejala Parah Pada Penyakit Gonore Apa Bisa Sembuh Total?

konsultasi

Apa Saja Gejala Gonore Yang Sering Muncul?

Gejala penyakit gonorrhea pada umumnya disadari penderita setelah 14 hari Anda tertular. Sayangnya tidak semua kalangan menyadari gejala yang hadir pada tubuh. Bahkan ada yang mengidap penyakit gonore, tanpa menunjukan gejala sama sekali. Biasanya hal ini disebut dengan asymptomatic carrier atau gonore tanpa gejala. Terdapat dua gejala berbeda antara kalangan wanita dan pria, diantaranya:

Gejala gonore pada laki-laki

Sebagian besar kalangan pria mungkin tidak akan menyadari adanya gejala bahwa ia telah mengidap penyakit gonorrhea, sebab beberapa kalangan memang tidak memperoleh gejalanya. Tanda yang paling umum dan paling awal dikenali yakni sensasi panas atau terbakar ketika buang air kecil. Setelah itu, akan diikuti oleh gejala lainnya seperti.

•Waktu buang air kecil yang sering

•Keluarnya nanah dari penis, berwarna putih, krem atau kehijauan

•Bengkak dan kemerahan di bukaan penis

•Sakit di area tenggorokan secara terus menerus

•Bengkak atau nyeri di bagian testis

Ketika sudah diobati, infeksi ini masih akan tertahan di dalam tubuh selama beberapa hari. Pada kasus yang jarang ditemukan, gonore bisa menyebabkan kerusakan di bagian tubuh lainnya, khususnya kandung kemih atau testis. Rasa nyeri juga bisa dirasakan hingga ke bagian rektum.

konsultasi

penyakit gonorrhea

Gejala gonore pada perempuan

Beberapa kalangan wanita sulit mengidentifikasi gejala gonore tersebut. Sebab gejala yang muncul mirip dengan infeksi jenis lainnya. Tanda dan gejala penyakit gonorrhea pada kalangan wanita tidak dapat dilihat dengan jelas, seperti infeksi jamur vagina pada umumnya, sehingga beberapa kalangan wanita sulit menebak infeksi yang di idapnya. Berikut beberapa tanda dan gejala yang muncul pada kalangan wanita, diantaranya:

1.Diskusi mengenai riwayat seks Anda

Dokter akan menjalankan diagnosis berdasarkan hasil tes dengan cara mengambil contoh cairan dari kandung kemih pria dan serviks pada wanita. Dokter juga akan melakukan pengecekan pada anus serta tenggorokan, untuk melihat ada tidaknya infeksi di bagian tersebut. Tes ini akan dibawa ke lab dan jika hasilnya positif, dokter akan memberikan perawatan.

2.Bagaimana jika gonore tidak diobati?

Pada kalangan wanita, gonore yang tak ditangani bisa menyebabkan penyakit radang panggul, yang bisa merusak tuba fallopi. Dampak buruknya, gonore bisa menyebabkan ketidaksuburan dan meningkatan risiko kehamilan jenis ektopik, dimana sel telur yang dibuahi akan berkembang di luar rahim.

Sedangkan pada kalangan pria, gonore yang dibiarkan bisa menyebabkan epididymis. Rasa sakit di area testis berisiko terhadap infertilitas. Apabila tidak segera ditangani dengan cepat, gonore lama kelaman akan menyebabkan masalah pada prostat dan menimbulkan luka di urethra, sehingga akan menyebabkan kesulitan buang air kecil.

Bagaimana Cara Mengobati Gonore?

Gonore bisa diobati dan bisa disembuhkan, namun tidak bisa dijalankan dengan pengobatan yang dilakukan di rumah atau membeli di apotik tanpa resep dokter. Anda harus segera pergi menemui dokter. Kami Klinik Apollo akan membantu semua masalah pasien dengan tepat dan akurat. Lakukan reservasi bersama kami di 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai penyakit gonorrhea, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.