Simak Ciri Ciri Herpes Menular Secara Umum

ciri ciri herpes

Herpes adalah virus menular seksual paling umum. Kenali setiap ciri ciri herpes yang menular secara umumnya. Pada kebanyakan remaja dan dewasa membawa virus ini. Penyakit ini sangat menular dan tidak dapat disembuhkan, akan tetapi dengan pengobatan medis maka dapat mengurangi dan dapat mencegah gejala dan penularan ke pasangan seksual.

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes?

Herpes kelamin atau herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS) pada pria dan pada wanita dengan ciri ciri herpes yang menyebabkan luka melepuh di area kelamin. Namun tidak semua penderita herpes genital memiliki ciri ciri herpes. Karena herpes genital tidak menimbulkan ciri ciri herpes, pada kebanyakan penderitanya tidak menyadari saat terkena penyakit ini. Oleh karena itu, perilaku seksual yang aman bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

konsultasi

Penyebab Umum Herpes Menular

Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah penyebab dari herpes genital atau herpes kelamin. Penyebaran atau penularan HSV paling sering terjadi melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi virus ini. Selain itu, herpes genital dari ibu hamil juga dapat ditularkan kepada bayi yang dikandungnya.

Herpes Ini menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit seperti selama hubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal. HSV akan tetap ada di dalam tubuh seumur hidup, akan tetapi sebagian besar tetap tidak aktif. Ada dua jenis herpes, yaitu HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Ke 2 nya dapat memasuki tubuh melalui kulit mulut, penis, vagina dan dubur yang halus dan lembab. Ke 2 jenis ini dapat menyebabkan:

• Luka di mulut.
• Bulu kemaluan.
• Infeksi yang menyakitkan di jari dan di tangan.

Penularan herpes genital melalui hubungan seks vaginal, ses anal dan seks oral.

konsultasi

Tanda Dan Ciri Ciri Herpes Secara Umum

Herpes genital sering kali tidak adanya ciri ciri herpes. Namun jika muncul, ciri ciri herpes yang terlihat berupa luka lepuhan di area kelamin. Luka tersebut biasanya terasa sakit dan terasa gatal. Ciri ciri herpes ini dapat kambuh beberapa kali dalam 1 tahun. Namun seiring terbentuknya sistem kekebalan tubuh terhadap virus herpes, frekuensi kekambuhannya akan berkurang.

Lepuhan adalah gejala utama herpes. Setelah terinfeksi, kemungkinan tidak pernah adanya lepuhan, penularannya 1 kali atau kemungkinan kambuh lagi dan lagi. Biasanya herpes tidak terlalu menyakitkan dan sering terjadi seiring waktu. Kemungkinan juga terlihat adanya tanda-tanda infeksi dalam waktu 4 hari hingga 7 hari setelah terpapar, akan tetapi tetapi terkadang bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi sebelum gejala pertama kali muncul. Lepuhan herpes dapat muncul di berbagai bagian tubuh, seperti:

• Di dalam atau di sekitar mulut (luka).
• Di tenggorokan.
• Di penis.
• Di vagina.
• Di dubur.
• Terkadang di paha, di bokong dan di area lainnya.

Kemungkinan merasa lelah dengan rasa sakit seperti flu dan kelenjar yang membengkak. Lepuhan biasanya lebih buruk saat pertama kali muncul. Sebelum lepuhannya muncul, kulit akan terasa gatal, tergelitik atau terasa mati rasa. Herpes bisa terasa sakit, terutama ketika saat kencing dan kemungkinan menyebabkan keluarnya cairan dari penis, vagina atau dubur. Lepuhan menyimpan cairan bening menular sebelum pecah, keropeng dan sembuh dalam 2 minggu hingga 4 minggu.

konsultasi

Bagaimana Herpes Dilakukan Diagnosis?

Diagnosis herpes genital ditetapkan melalui pemeriksaan fisik, terutama pada luka lepuhan di area kelamin. Selain pemeriksaan luka, pemeriksaan sampel cairan luka juga bisa dilakukan oleh untuk mengetahui keberadaan virus herpes. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan darah guna mendeteksi keberaadaan virus herpes dan antibodi terhadap virus ini.

Tes atau pengujian darah herpes dapat dilakukan akan tetapi tidak digunakan secara rutin. Pada kebanyakan orang dites dan diobati untuk infeksi seperti herpes. Seseorang yang aktif terhadap seksual terutama hubungan seksual tanpa kondom atau pelindung maka semakin besar kemungkinan terkena infeksi seperti herpes. Pemeriksaan secara rutin bisa disarankan terutama jika melakukan hubungan seksual yang baru dan berhenti dengan menggunakan kondom atau pelindung dengan pasangan seksualnya.

ciri ciri herpes

Pengobatan Ampuh Untuk Herpes

Virus herpes tetap ada di dalam tubuh selama hidupnya akan tetapi pengobatan antivirus dapat membantu mencegah gejala, dengan mengelola gejalanye akan membuat lepuhan sembuh lebih cepat. Pengobatan supresif dapat digunakan dalam jangka panjang oleh seseorang yang memiliki lebih dari 6 gejala dalam 1 tahun untuk mencegah gejala, sedangkan yang lainnya dengan menggunakan pengobatan episodik ketika adanya gejala. Jika lepuhan muncul, pengobatan penghilang rasa sakit dan mandi dengan air garam dapat membantu.

Penderita herpes genital perlu diberikan pengobatan antivirus. Pengobatan antivirus ini bermanfaat untuk memperpendek durasi kemunculan gejala dan mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Penderita yang terinfeksi HSV disarankan untuk memberitahu pasangannya, agar pasangannya juga memeriksakan diri ke dokter.

Lebih jelasnya hubungi kami di Klinik Apollo melalui nomor bv atau bisa juga dengan melakukan konsultasi di layanan konsultasi online secara gratis. Selalu percayakan pengobatan Anda di Klinik Apollo. Karena sudah banyak penderitanya yang melalukan pengobatan di Klinik Apollo. Biaya pengobatannya jg sangat terjagkau.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.