Sembelit Bisa Jadi Tanda Penyakit Gonore Menyerang?

penyakit gonore

Penyakit gonore merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri jenis neisseria gonorrhoeae. Virus ini akan menyerang lapisan uretra, rektum, leher rahim, tenggorokan atau selaput yang menutupi bagian depan mata.

Gonore pada umumnya akan menyebar melalui kontak seksual, penderita biasanya akan keluarkan cairan dari penis atau vagina dan kemungkinan besar mengalami buang air kecil lebih sering.

Gonore hampir selalu menyebar melalui sebuah hubungan seksual. Setelah satu periode hubungan seks vaginal tanpa pengaman, peluang penyebaran wanita yang terinfeksi ke pria sebesar 20%, sedangkan perkembangan dari pria yang menyebarkan infeksi pada wanita lebih tinggi.

Apabila wanita hamil terserang infeksi, bakteri bisa menyebar pada janin selama proses kelahiran yang menyebabkan kelainan pada bayi. Banyak kalangan dengan penyakit gonore mengidap infeksi menular seksual lainnya, seperti sifilis, klamida, atau infeksi HIV.

Baca juga: Penularan Infeksi Penyakit Gonorrhea Sangat Cepat

konsultasi

Mengindikasi Bahaya Dari Gejala Penyakit Gonore

Pada umumnya penyakit gonore hanya akan menimbulkan tanda dan gejala di infeksi awal. Pada beberapa kalangan, infeksi menyebar melalui darah kebagian tubuh lain, terutama kulit, sendi atau keduanya.

Beberapa kalangan pria mempunyai gejala yang sangat minimum, tanda dimulai sekitar 14 hari setelah infeksi menyerang. Pria akan merasa tidak nyaman di bagian uretra atau tabung yang membawa urin dari kandung kemih keluar dari tubuh.

Rasa tidak nyaman diikuti dengan hadirnya sensasi nyeri ringan hingga berat ketika buang air kecil, keluarnya nanah berwarna kuning kehijauan dari penis dan seringnya keinginan untuk membuang air kecil.

Bukaan pada ujung penis bisa menjadi bengkak dan merah. Bakteri terkadang menyebar ke bagian epididimis atau tabung yang ada disetiap testis, hal ini menyebabkan skrotum membengkak dan terasa empuk ketika disentuh.

konsultasi

penyakit gonore

Sembelit Bisa Jadi Tanda Penyakit Gonore Menyerang?

Beberapa kalangan wanita menimbulkan gejala minimal atau tidak sama sekali. Dengan demikian, penyakit gonore bisa dideteksi hanya dengan skrining secara rutin atau setelah diagnosis infeksi pada pasangan pria Anda.

Gejala pada umumnya tidak dimulai sampai setidaknya 10 hari setelah infeksi menyerang. Beberapa kalangan wanita hanya merasa tidak nyaman di area genital dan mengeluarkan nanah dari vagina.

Namun sebagian lain mempunyai tanda dan gejala yang parah, seperti sering buang air kecil dan sakit ketika buang air kecil. Gejala ini akan berkembang ketika uretra terserang infeksi.

Bakteri pada umumnya akan menyebar ke saluran genital dan menginfeksi saluran yang menghubungkan ovarium pada rahim. Infeksi ini biasa disebut dengan salpingitis, yang akan menyebabkan rasa nyeri di bagian perut bawah, terutama ketika berhubungan seksual.

Infeksi akan menyebar ke lapisan rongga perut yang menyebabkan peritonitis atau penyakit radang panggul yang mengakibatkan nyeri akut di perut bagian bawah. Wanita yang mempunyai penyakit radang panggul mempunyai peningkatan resiko kemandulan dan kehamilan yang salah. Hal ini bisa menyebabkan perdarahan internal yang cukup berbahaya.

Menjalankan seks anal dengan pasangan yang terserang infeksi bisa menyebabkan penyakit gonore di bagian rectum. Infeksi ini biasanya tak akan menimbulkan gejala, namun akan membuat buang air kecil terasa nyeri. Gejala lain yakni gatal, pendarahan sembelit, dan keluarnya cairan dari dubur.

Daerah disekitar anus bisa menjadi memerah dan tinja bisa dilapisi dengan cairan atau nanah. Saat seorang dokter memeriksa rektum dengan tabung penglihatan, cairan dan nanah bisa terlihat di bagian dinding rektum.

Seks oral dengan pasangan yang terinfeksi bisa menyebabkan gonore di bagian tenggorokan. Pada umumnya infeksi ini tidak akan menimbulkan gejala, tetapi tenggorokan akan terasa sakit.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan reservasi di nomor 081233881616 . Demikian mengenai penyakit gonore, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.