Sekilas Mengenai Gejala Kencing Nanah

gejala kencing nanah

Gejala kencing nanah atau biasa disebut gonore merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang bisa menginfeksi kalangan pria dan wanita di berbagai jenis usia. Penyakit ini sering menyerang saluran kemih, tenggorokan, dubur, dan mata. Pada wanita penyakit gonore juga akan menyerang bagian serviks. Maka Anda harus memahami mengenai penyebab kencing nanah yang akan kami paparkan dibawah ini.

Baca juga: Gejala Parah Pada Penyakit Gonore Apa Bisa Sembuh Total?

konsultasi

Sekilas Mengenai Gejala Kencing Nanah

Gonore adalah jenis infeksi yang umum terjadi namun tak menimbulkan gejala. Hal tersebut membuat banyak penderita gonore tidak sadar menularkan penyakit ini kepada pasangan. Baik pada kalangan wanita atau pria, gejala yang paling khas yakni keluarnya sekresi kental berwarna kuning atau kehijauan seperti nanah dari saluran kemih atau penis disertai rasa sakit ketika buang air kecil. Seseorang akan lebih berisiko mengalami penyakit ini jika:

•Melakukan hubungan seksual yang aman, seperti menggunakan kondom

•Menjalankan hubungan seksual dengan seseorang yang sering berganti-ganti pasangan

•Sering berganti pasangan

•Pernah terserang infeksi gonore sebelumnya

•Pernah mengalami penyakit kelamin jenis lainnya

Penyebab Kencing Nanah Atau Gonore

Gejala kencing nanah diakibatkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, virus tersebut tak hanya berdampak buruk kepada alat reproduksi, namun bisa menyerang selaput lendir di tenggorokan, mata, kulit atau area anus. Bakteri ini mudah menyebar dari satu kalangan ke lainnya melalui hubungan seksual. Ini termasuk seks oral, anal, atau vaginal.

Seperti kuman jenis lainnya, Anda bisa memperoleh bakteri yang menjadi penyebab kencing nanah dari menyentuh area yang terinfeksi pada orang lain. Apabila Anda bersentuhan dengan vagina, penis, anus, atau mulut yang mempunyai bakteri tersebut, Anda berisiko tinggi terkena kencing nanah.

Gejala kencing nanah dengan mudahnya menularkan melalui alat bantu seks yang sudah terjangkit infeksi. Selain itu, bayi dapat terinfeksi ketika proses persalinan normal, apabila ibunya mengidap penyakit kencing nanah. Pada kalangan bayi, penyakit tersebut umumnya menjangkit mata hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan secara permanen.

Perlu Anda ketahui walaupun penyakit ini disebabkan oleh masalah seksual, pria tidak harus ejakulasi untuk menularkan kepada pasangan. Bakteri penyebab kencing nanah bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam jangka panjang, maka ini menjadi penyebab penyakit tersebut tidak akan menular melalui peralatan makan, tempat duduk toilet, kolam renang, handuk, dan berbagai hal lainnya.

konsultasi

gejala kencing nanah

Cara Mencegah Kencing Nanah

Mencegah penyakit menular seksual lebih mudah daripada mengobatinya, termasuk gejala kencing nanah. Satu satunya cara agar terhindar dari penyakit ini yakni dengan melakukan seks aman dan melakukan pemeriksaan secara rutin. Anda juga mempunyai resiko lebih rendah apabila hanya berhubungan seksual bersama pasangan dalam jangka panjang, namun Anda perlu pastikan bahwa kalian satu-satunya pasangan mereka.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diri terserang penyakit kencing nanah diantaranya:

•Menggunakan kondom berfungsi sebagai penghalang masuknya bakteri penyebab kencing nanah. Tidak hanya itu, kondom pun akan melindungi diri Anda terserang penyakit menular seksual lainnya.

•Tes penyakit kelamin bersama dengan pasangan, Anda bisa komunikasikan dengan pasangan sebelum berhubungan seksual. Pastikan pasangan Anda tidak mempunyai tanda dan gejala penyakit tertentu.

Berikut beberapa gejala kencing nanah yang pada umumnya terjadi pada penderita. Jika Anda mengalami masalah yang cukup serius, bisa lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan yang tepat. Melakukan reservasi dengan mudah melalui nomor 081233881616. Demikian ulasan mengenai gejala kencing nanah, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.