Sebab Kalangan Alami Buang Air Kecil Sakit

buang air kecil sakit

Buang air kecil sakit atau biasa disebut dengan suria merupakan rasa nyeri atau tidak nyaman. Kondisi tersebut akan mengacu kepada frekuensi buang air kecil, meski gangguan tersebut sering disertai dengan disuria. Semua kalangan, baik wanita atau pria, mulai dewasa hingga anak-anak, bisa mengalami kondisi nyeri ketika buang air kecil.

Namun pada umumnya hal tersebut lebih sering terjadi pada kalangan wanita, karena disuria berhubungan dengan infeksi saluran kemih yang sering menyerang kaum hawa dibandingkan pria. Wanita hamil, penderita kandung kemih, dan penderita diabetes mempunyai resiko tinggi untuk mengalami kondisi buang air kecil sakit.

konsultasi

Apa Saja Penyebab Buang Air Kecil Sakit

Tanda dan gejala buang air kecil sakit bervariasi antara wanita dan pria, namun pada umumnya keduanya mengalami rasa nyeri seperti terasa perih, terbakar, dan gatal-gatal. Rasa nyeri ketika buang air kecil sering disebabkan oleh infeksi saluran kemih, sedangkan rasa sakit di akhir buang air kecil dapat menunjukan prostat atau kandung kemih.

Jadi penyebab nyeri ketika buang air kecil memang bervariasi. Menurut beberapa sumber, kondisi ini bisa menjadi penyebab disuria. Namun kali ini, kami akan membahas penyebab disuria yang paling utama.

1.Infeksi klamidia

Klamidia merupakan infeksi menular seksual yang pada umumnya disebabkan oleh bakteri. Biasanya infeksi klamidia tidak mempunyai gejala luar di tahap awal, namun klamidia bisa menyebabkan masalah kesehatan di tahapan selanjutnya, termasuk pada wanita ketika hamil dan membahayakan bayi dalam kandungan.

konsultasi

buang air kecil sakit

2.Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan infeksi pada bagian mana saja dari sistem kemih seperti kandung kemih, ginjal dan uretra. Mayoritas kondisi tersebut melibatkan saluran kemih bawah seperti uretra. Wanita memang berisiko tinggi tersering kondisi tersebut dibandingkan pria. Infeksi yang terbatas pada kandung kemih bisa mengganggu dan menimbulkan rasa nyeri. Jika infeksi menyebar ke ginjal, maka akan menyebabkan kondisi yang cukup serius.

3.Batu kandung kemih

Batu kandung kemih merupakan sebuah gumpalan keras yang ada dalam kandung kemih. Batu tersebut berkembang ketika urin Anda mengkristal. Hal tersebut bisa terjadi ketika Anda tak mampu mengosongkan kandung kemih sepenuhnya ketika buang air kecil.

4.Batu ginjal

Batu ginjal merupakan deposit mineral kecil dan keras yang terbentuk dalam ginjal. Batu yang terbuat dari mineral serta asam garam tersebut mempunyai banyak pengaruh pada setiap bagian saluran kemih. Sering batu terbentuk ketika urin terkonsentrasi dan memungkinkan mineral mengkristal dan melekat satu sama lain.

5.Prostatitis

Prostat merupakan pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat yang berukuran sebiji kenari dan terletak di bawah kandung kemih pada pria. Kelenjar tersebut akan menghasilkan cairan sperma yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Prostat sering menimbulkan buang air kecil sakit. Gejala lain prostat yakni nyeri di area selangkangan, alat kelamin dan daerah panggung disertai dengan gejala lainnya seperti flu.

6.Vaginitis

Vaginitis merupakan sebuah peradangan pada vagina yang menyebabkan nyeri atau gatal ketika buang air kecil. Penyebabnya yakni akibat perubahan keseimbangan bakteri vagina atau infeksi vagina. Vaginitis sendiri bisa disebabkan oleh berkurangnya estrogen setelah masa menopause. Tipe vaginitis yang paling umum yakni vaginosis bakteri, trikomoniasis, dan infeksi ragi.

7.Herpes genital

Herpes genital merupakan infeksi menular seksual umum yang akan mempengaruhi pria dan wanita. Gejala herpes genital pada umumnya terdapat rasa nyeri, luka di daerah genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks, dan menimbulkan rasa sakit.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala diatas segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan terbaik. Lakukan reservasi sekarang juga di 081233881616. Demikian ulasan mengenai buang air kecil sakit, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.