Penyakit Sipilis Pada Pria Apakah Berbahaya?

penyakit sipilis pada pria

Penyakit sipilis pada pria adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini menyebar atau menular melalui kontak dengan luka penyakit sipilis yaitu chancre melalui seks anal tanpa kondom, seks oral dan seks vaginal bahkan ciuman. Kasus penyakit sipilis telah meningkat secara signifikan diantara pria gay dalam beberapa tahun terakhir.

Penyakit Sipilis Dan Pengertiannya

Penyakit sipilis pada pria adalah infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian dan diobati sesegera mungkin jika kemungkinan menderita penyakit sipilis. Karena dapat meneybabkan masalah serius jika dibiarkan tidak diobati. Biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik singkat. Penularan penyakit sipilis bisa terjadi lebih dari 1 kali bahkan jika pernah mengalami memiliki riwayat penyakit sipilis.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis pada pria disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum dan mudah ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui:

• Seks vaginal tanpa kondom.
• Seks anal tanpa kondom.
• Seks oral tanpa kondom.
• Berbagi mainan seks (seks toys) tanpa mencuco atau menutupinya dengan kondom untuk setiap penggunaannya.

Kecuali seseorang dengan penyakit sipilis pada pria melakukan pengobatan, karena penularan penyakit sipilis hingga 2 tahun setelah infeksi. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan dari ibu ke bayinya yang belum lahir akan tetapi dapat diobati selama kehamilan. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati.

Oleh karena itu sebabnya semua wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian darah untuk memeriksa adanya penyakit sipilis. Sebagai bagian dari skrining antenatal selama minggu ke 11 hingga minggu ke 20. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan pada pengguna obat-obatan terlarang melalui jarum suntik atau berbagi jarum dengan seseorang yang terinfeksi. Penularan penyakit sipilis tidak dapat terjadi dengan berciuman, berpelukan, berbagi handuk, kolam renang, kursi toilet atau dari berbagi peralatan makan lainnya. Jika melakukan hubungan seksual tanpa kondom maka harus mempertimbangkan kontrasepsinya.

konsultasi

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Sipilis Pada Pria

Gejala penyakit sipilis pada pria biasanya ringan dan dapat menyebabkan beberapa orang mengabaikannya. Gejala-gejalanya serupa dan berkembang dalam beberapa tahapan, seperti:

1. Tahap Primer
Gejala utamanya kemungkinan munculnya dalam 2 minggu hingga 4 minggu setelah terpapar bakteri (kemungkinan cepat atau lambat). Gejala utama adalah rsa sakit yang kecil yang disebut chancre. Chancre biasanya akan muncul di area dimana infeksi memasuki tubuh hingga penis atau anus. Terkadang chancre bisa muncul di bibir, amandel, tangan atau bokong.

Chancre tidak menimbulkan rasa sakit akan tetapi sangat menular. Luka biasanya sembuh dan menghilang setelah 2 minggu hingga 6 minggu. Beberapa orang kemungkinan dapat mengabaikan luka atau bahkan tidak menyadarinya. Penyakit sipilis dapat menular ke orang lain pada tahap ini. Jika tidak segera diobati, bakterinya dapat menyebar atau menular ke bagian lain pada tubuh dan infeksinya dapat berpindah ke tahap sekunder.

2. Tahap Sekunder
Tahap ini akan muncul beberapa minggu setelah chancre menghilang. Bahkan tanpa adanya chancre, penyakit sipilis masih menular di tahap sekunder dan dapat ditularkan. Gejalanya kemungkinan termasuk:

• Ruam yang tidak gatal dan sering muncul pada telapak tangan atau telapak kaki.
• Pertumbuhan datar yang kecil (seperti kutil) disekitar vagina atau anus.
• Gejalanya mirip dengan flu seperti sakit kepala, demam, nyeri sendi dan kelelahan.
• Kelenjar membengkak di leher, ketiak atau selangkangan.
• Penurunan berat badan.
• Bercak berwarna putih di lidah atau di atap mulut.
• Kerontokan pada rambut yang merata.

Gejala-gejala ini dapat menghilang setelah beberapa minggu atau dapat muncul dan hilang selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Ketika gejalanya telah hilang, bisa berpindah ke tahap laten. Tahap ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Jika penyakit sipilis tidak segera diobati maka dapat berpindah ke tahap tersier yang paling berbahaya.

3. Tahap Tersier
Sangat jarang untuk mencapai ke tahap ini, hanya sebagian yang akan mengalaminya hingga gejala serius. Tahap ini akan muncul bertahun-tahun atau bahkan beberapa dekade setelah infeksi pertama dan gejalanya akan tergantung pada dimana infeksinya menyebar atau menular. Penyakit sipilis tahap tersier dapat menyebabkan ruam kulit, mati rasa dan lumpuh, kehilangan koordinasi, kebutaan, tuli, stroke, demensia dan penyakit jantung. Pada tahap ini penyakit sipilis dapat cukup berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

konsultasi

Penyakit Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya

Cara mendiagnosis penyakit sipilis pada pria dengan beberapa cara diantaranya:

• Pemeriksaan
Sebelum melakukan tes atau pengujian apapaun, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tanda-tanda penyakit sipilis. Kemungkinan termasuk pemeriksaan internal vagina dan anus. Dokter juga memeriksa mulut dan tenggorokan untuk ruam kulit.

• Tes Atau Pengujian Swab
Jika memiliki chancre (luka yang muncul di tahap primer) maka dokter dapat mengambil swab. Swab terlihat seperti cotton bud yang kecil dan digunakan untuk mengumpulkan sampel cairan dari chancre. Pengambilan swab seharusnya tidak menyakitkan. Dan dianalisis di laboratorium untuk dilakukan pengujian dan tes.

• Tes Atau Pengujian Darah
Penyakit sipilis juga harus dites atau diuji untuk darah. Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap penyakit sipilis, maka dapat menghasilkan antibodi (protein penangkal infeksi) dan tes atau pengujian darah mencari antibodi. Dokter selalu menyarankan untuk mengulangi tes atau pengujian darah setelah 3 bulan.

penyakit sipilis pada pria

Cara Tepat Dalam Mengobati Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis pada pria biasanya diobati dengan pengobatan antibiotik dosis tunggal secara intravena. Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, kemungkinan akan diresepkan pengobatan antibiotik jenis lain. Pengobatan ini sangat efektif untuk penyakit sipilis tahap pertama dan ke 2 dan harus segera disembuhkan,

Penyakit sipilis pada pria juga dapat diobati dan disembuhkan pada tahap laten dan tahap tersier, akan tetapi pengobatan tidak dapat membalikkan kerusakan yang telah terjadi pada tubuh. Kemungkinan juga disarankan untuk melakukan tes atau pengujian lain setelah 3 bulan untuk memastikan bebas dari penyakit sipilis.

Usahakan hindari melakukan hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral serta kontak kulit apapun hingga dinyatakan sembuh oleh dokter. Untuk mencegah terinfeksi kembali atau penularan infeksi kambuh kembali. Pasangan seksual Anda juga harus mengobati penyakit sipilis. Penyakit sipilis pada pria ini bisa ditangani di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor 081233881616 atau layanan hotline dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.