Penyakit Sifilis Diobati Dengan Apa?

penyakit sifilis

Penyakit sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dipicu oleh bakteri dan dapat berkembang secara kronis. Infeksi ini dapat ditularkan selama tahap primer, tahap sekunder dan tahap laten awal (kurang dari 1 tahun setelah infeksi) melalui kontak secara langsung dengan luka pada kulit atau mukosa yang dapat muncul terutama di area genital dan area anal akan tetapi juga di mulut. Infeksi juga dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan atau persalinan (sifilis bawaan).

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Sifilis?

Penyakit sifilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri. Jika tidak segera diobati, penyakit ini akan bertahan selama bertahun-tahun dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penyakit ini dibagi menjadi beberapa tahap. Penyakit ini adalah infeksi bakteri yang dapat disembuhkan yang dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri sendi, kelelahan dan demam.

Kondisi yang mengkhawatirkan, penyakit ini dapat memiliki implikasi kesehatan dalam jangka panjang, termasuk masalah otak dan kemandulan. Pada wanita hamil harus selalu waspada terhadap infeksi, karena dapat ditularkan ke bayi yang belum lahir. Kasus penyakit ini terkadang tidak diketahui selama bertahun-tahun, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan tidak tertular.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Penularan penyakit sifilis terjadi saat melakukan kontak seksual langsung dengan luka infeksi (chancre) pada alat kelamin, dubur, bibir atau mulut melalui hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral tanpa kondom dengan seseorang yang menderita penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum atau Spirochete. Penularan seksual biasanya terjadi selama infeksi tahap primer dan tahap sekunder. Penyakit ini juga dapat disebarkan atau ditularkan melalui transfusi darah. Sebagian wanita hamil dengan penyakit ini dan tidak diobati akan menyebarkan atau menularkan infeksi kepada anak nya yang belum lahir.

Baca Juga : Penanganan Untuk Gejala Penyakit Sipilis

konsultasi

Tanda Dan Gejala Penyakit Sifilis

Gejalanya bervariasi tergantung pada tahapan penyakit yang berbeda. Gejalanya biasanya muncul dalam 21 hari setelah infeksi akan tetapi dapat berkisar dari 9 hari hingga 90 hari. Tahap primer biasanya muncul sebagai sakit tunggal (chancre) di area inokulasi. Chancre utama bisa luput dari perhatian. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat berkembang ke tahap sekunder yang dapat menyebabkan ruam kulit, demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Ruam tahap sekunder dapat sangat bervariasi dan menyerupai kondisi menular atau tidak menular lainnya, akan tetapi secara khas dapat mempengaruhi telapak tangan dan telapak kaki. Ruam seringkali simetris dan tidak gatal. Di area tubuh yang hangat dan lembab, seperti anus dan labia, luka berwarna putih atau abu-abu yang besar muncul sebagai akibat dari penyebaran atau penularan bakteri dari luka primer.

Gejala dan tanda-tanda tahap sekunder sembuh secara alami, bahkan tanpa pengobatan, akan tetapi jika tidak segera diobati, penderitanya dapat memasuki tahap laten. Pada tahap laten bisa berlangsung bertahun-tahun, bakteri masih ada di dalam tubuh, akan tetapi tidak ada gejala atau tanda. Sebagian besar penderitanya akan tetap dalam tahap laten jika tidak segera diobati, sementara sebagian akan mengembangkan tahap tersier.

Tahap tersier adalah penyakit neurologis (neurosifilis), penyakit kardiovaskular (kardiosifilis) dan granuloma (luka gusi atau gumma). Tahap tersier dapat mempengaruhi sistem organ apa pun hingga 30 tahun atau lebih setelah infeksi dan dapat mengancam jiwa. Neurosifilis dapat terjadi pada setiap tahap infeksi, bahkan dalam beberapa bulan pertama.

Tanda-tanda neurologis awal termasuk perubahan akut pada mental, meningitis (radang selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang), stroke, disfungsi saraf kranial dan kelainan pendengaran atau ophthalmic dan okular. Segera lakukan pengobatan, jangan pernah menunda-nunda pengobatan.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Diagnosis penyakit sifilis biasanya didasarkan pada riwayat medis, pemeriksaan fisik dan tes atau pengujian di laboratorium. Tes atau pengujian diagnostik cepat untuk skrining infeksi penyakit ini dapat memberikan hasil. Namun, hasil positif dari tes atau pengujian ini tidak dapat membedakan antara infeksi aktif dan infeksi yang diobati sebelumnya akan tetapi merupakan sumber daya penting untuk pengobatan terutama di kalangan wanita hamil dan area yang sulit untuk dijangkau.

penyakit sifilis

Cara Tepat Mengobati Penyakit Sifilis

Penyakit sifilis dalam kebanyakan kasus dapat dengan mudah disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Janin juga dapat dengan mudah disembuhkan dengan pengobatan dan risiko hasil yang buruk pada janin yang minim jika seorang ibu menerima pengobatan yang memadai selama awal kehamilan.. Untuk informasi terperinci mengenai pengobatan yang direkomendasikan, segera lakukan konsultasi dengan dokter di Klinik Apollo.

Penyakit sifilis dengan mudah disembuhkan pada tahap awal. Pengobatan tunggal dengan antibiotik akan menyembuhkan seseorang yang menderita penyakit ini kurang dari 1 tahun. Pengobatan intravena tunggal tambahan diperlukan untuk mengobati seseorang yang menderita penyakit ini selama lebih dari 1 tahun.

Untuk seseorang yang alergi terhadap pengobatan, pengobatan antibiotik lain tersedia dapat disarankan untuk mengobati penyakit ini. Pengobatan akan membunuh bakteri penyakit ini dan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut, akan tetapi itu tidak akan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi.

Namun dengan segera melakukan pengobatan sejak dini dapat mengatasi penyakit ini. Lakukan pengobatan hanya di Klinik Apollo. Klinik Apollo adalah salah 1 klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin terbaik di Jakarta Indonesia. Hubungi kami segera di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga melalui layanan konsultasi medis seperti dibawah ini.

Baca Juga : Langkah Pencegahan Ciri Ciri Sipilis

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.