Penyakit Sifilis Adalah Raja Singa Yang Disebabkan Oleh Bakteri

penyakit sifilis adalah

Penyakit sifilis adalah infeksi bakteri umum yang menyebar atau menular melalui hubungan seksual. Penyakit sifilis adalah penyakit yang mudah disembuhkan dengan pengobatan antibiotik, akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan secara permanen jika tidak segera diobati. Penyakit sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa jika tidak segera diobati. Pria maupun wanita bisa tertular penyakit ini. Tanpa adanya pengobatan, infeksinya dapat menyebabkan penyakit jantung, kebutaan, masalah mental atau kematian.

Pengertian Penyakit Sifilis Adalah

Penyakit sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang sangat umum. Penyakit sifilis menyebar atau menular melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Penyakit sifilis menyebabkan luka pada alat kelamin (chancre). Luka biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi dapat dengan mudah menyebarkan atau menularkan infeksi ke orang lain.

Penularan penyakit sifilis dari kontak dengan luka. Pada kebanyakan orang dengan penyakit sifilis tidak memperhatikan luka sehingga tidak mengetahui saat mengidapnya. Penyakit sifilis dapat menginfeksi vagina, anus, penis atau skrotum dan terkadang bibir dan mulut. Untuk membantu mencegah penyakits sifilis bisa dengan menggunakan kondom atau bendungan gigi setiap kali berhubungan seksual.

Penyakit sifilis dapat dengan mudah disembuhkan dengan pengobatan jika mengobatinya sejak dini. Akan tetapi tanpa adanya pengobatan, dapat mengarah ke masalah serius yang permanen seperti kerusakan otak, kelumpuhan dan kebutaan. Oleh karena itu pengujian penyakit kelamin sangat penting, semakin cepat mengetahui menderita penyakit sifilis maka semakin cepat untuk menghilangkannya.

konsultasi

Penyebab Penyakit Sifilis Adalah

Penyebab penyakit sifilis adalah bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Pada pria meupun pada wanita bisa tertular penyakit ini. Tanpa adanya pengobatan, infeksi ini dapat menyebabkan:

• Penyakit jantung.
• Gangguan saraf.
• Kerusakan otak.
• Cacat mental.
• Kebutaan.
• Aneurisma aorta.

Komplikasi penyakit ini dapat berkembang selama bertahun-tahun.

Apa Saja Gejala Pada Penyakit Sifilis?

Gejala penyakit sifilis tergantung pada tahapan infeksinya, tahapan infeksinya adalah:

• Tahap Primer
Luka halus, berwarna merah, tanpa rasa sakit atau chancre yang berkembang pada organ seksual atau di mulut. Lukanya juga dapat berkembang di bagian dalam tubuh, dimana tidak dapat dilihat). Lukanya hilang dengan sendirinya dalam 1 minggu hingga 6 minggu.

• Tahap Sekunder
Setelah chancrenya hilang, ruam kulit yang kemerahan dan bergelombang kemungkinan muncul di seluruh atau bagian tubuh. Demam, sakit tenggorokan, terasa sakit pada tubuh, sakit kepala, kehilangan nafsu makan atau gejalanya mirip dengan flu lainnya yang dapat muncul. Gejala-gejala ini bisa ringan dan bisa muncul dan hilang dalam 1 tahun hingga 2 tahun. Tahap ini adalah tahap yang paling menular dari semua tahap. Sebagian orang yang tidak segera mengobati pada tahap primer akan berkembang ke tahap sekunder ini. Pada tahap primer, bakteri telah menyebar atau menular dalam aliran darah dan telah mencapai jumlah tertinggi. Tanpa adanya pengobatan, beberapa penderitanya akan mengalami komplikasi tahap akhir.

• Tahap Laten
Tahap laten infeksinya tidak menular akan tetapi dapat mempengaruhi jantung, otak, mata, tulang dan bagian tubuh lainnya. Gejalanya biasanya ringan, jika mengkhawatirkan mengenai penyakitnya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter, karena penyakit sifilis adalah penyakit yang sangat serius.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Sifilis Didiagnosis?

Jika menderita penyakit sifilis atau IMS apapun, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan melakukan tes atau pengujian untuk menentukan adanya IMS. Untuk melakukan pemeriksaan penyakit sifilis, dokter dapat melakukan pemeriksaan organ seksual untuk chancre dan kulit untuk ruam.

Selain itu juga dengan mengambil sampel yang kecil dari darah. Tanda-tanda infeksi kemungkinan tidak muncul dalam darah dalam 6 minggu setelah terinfeksi. Oleh karena itu harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan hasil tes atau pengujiannya. Jika memiliki PMS yang lain maka harus melakukan pemeriksaan untuk penyakit sifilis.

penyakit sifilis adalah

Cara Mengobati Penyakit Sifilis Dengan Cepat

Penyakit sifilis diobati dengan pengobatan dan biasanya diberikan pengobatan intravena. Pengobatan antibiotik ini dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Selain itu, pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan kemungkinan terinfeksi. Pengobatan sangat penting dilakukan, bahkan jika luka atau ruam pada kulit itu hilang.

Konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan ulang untuk infeksi tersebut. Pengobatan kemungkinan akan dilanjutkan selama beberapa minggu. Penyakit sifilis biasanya sangat mudah dihilangkan pada tahap primer. Dokter akan meresepkan pengobatan antibiotik untuk mengobati penyakit sifilis. Kecuali jika adanya alergi atau tidak dapat diobati dengan pengobatan tersebut karena alasan lain, maka dokter bisa meresepkan pengobatan lain.

Jika menjalani pengobatan penyakit sifilis, pasangan seksual Anda juga harus diobati. Jika tidak diobati, maka dapat menularkan infeksinya secara bolak balik ke orang lain. Untuk melakukan pengobatan penyakit sifilis ini, Anda bisa melakukan pengobatannya di Klinik Apollo dengan kontak nomor 081233881616 atau dengan menghubungi layanan online kami dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

× Apa yang dapat kami bantu?