Penyakit Menular Seksual Apakah Bisa Diobati?

penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS) adalah infeksi yang umumnya ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui kontak seksual. PMS disebabkan oleh bakteri, parasit, ragi dan virus. Ada lebih dari 20 jenis PMS. Beberapa PMS yang umum adalah klamidia, herpes genital dan kutil kelamin (Human Papilloma Virus atau HPV). IMS adalah bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Apa Pengertian Dari Penyakit Menular Seksual?

Penyakit menular seksual adalah penyakit menular yang ditularkan dari orang ke orang melalui kontak seksual. Banyak kasus baru yang didiagnosis setiap tahunnya. Seseorang yang berusia 15 tahun hingga 24 tahun biasanya mengalami gejala PMS yang baru. Penyakit kelamin adapat penyakit yang menyebar atau menular melalui perilaku seksual seperti berhubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal atau kontak intim antar kulit.

Beberapa jenis PMS adalah Chlamydia, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa), herpes, HPV dan HIV. PMS ditularkan dari orang ke orang melalui seks, termasuk seks vaginal, seks anal atau seks oral. Pada kebanyakan orang dengan PMS tidak memiliki tanda atau gejala. Biasanya dapat merasa sehat dan tidak mengetahui saat memiliki PMS. Salah 1 cara untuk mengetahui adanya PMS adalah dengan melakukan tes atau pengujian.

konsultasi

Apa Penyebab Penyakit Ini?

Pada kebanyakan penyakit menular seksual menyebar atau menular melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi seperti darah, cairan vagina atau air mani. PMS juga dapat menyebar atau menular melalui kontak dengan kulit yang terinfeksi atau selaput lendir, seperti luka di mulut. Paparan cairan tubuh dan kulit ini terinfeksi melalui hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral.

Seks anal sangat berisiko karena biasanya menyebabkan perdarahan. Berbagi jarum suntik pada pengguna obat-obatan terlarang, tindik telinga, tato dan yang lainnya juga bisa membuat terkena cairan yang terinfeksi. Sebagian besar PMS hanya menyebar atau menular melalui kontak seksual secara langsung dengan seseorang yang terinfeksi. Namun, kutu kemaluan atau kutil kelamin dan kudis dapat ditularkan melalui kontak pribadi yang dekat dengan seseorang yang terinfeksi atau melalui pakaian, sprei atau handuk.

konsultasi

Tanda-Tanda Umum Penyakit Menular Seksual

Pada kebanyakan penyakit menular seksual yang tidak menimbulkan gejala. Gejalanya dapat bervariasi untuk setiap PMS, akan tetapi dapat termasuk luka di sekitar area genital atau di mulut, nyeri atau terbakar saat kencing, keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina atau penis, terasa gatal, bengkak, nyeri di dalam atau di sekitar vagina atau penis, rasa sakit di area panggul (pelvic) atau area perut (terkadang disertai dengan demam dan menggigil) atau perdarahan selain periode menstruasi.

Jika memiliki salah 1 dari gejala-gejala ini, kemungkinan memiliki PMS, namun kemungkinan juga bukan berarti kondisi sesuatu yang serius. Konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan. Pada kebanyakan PMS kemungkinan tidak memiliki gejala sama sekali atau tanda-tandanya sangat ringan sehingga tidak menyadari keberadaannya. Namun, jika memiliki salah 1 gejala tersebut. Maka harus segera mengobatinya karena kemungkinan ini adalah tanda bahwa adanya PMS. Berikut gejala-gejalanya:

• Terkadang gejalanya tidak ada atau tidak nampak jelas.
• Cairan yang keluar berwarna putih atau kuning dari vagina atau penis (bukan air mani).
• Ruam yang tidak bisa.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Benjolan, luka atau kutil pada area genital, pada wanita ini termasuk di bibir luar dan di bibir dalam, di vagina dan di klitoris. Pada pria termasuk di penis dan di testis.
• Debit dari penis.
• Keputihan yang tidak biasa pada wanita.
• Gatal-gatal hebat.
• Luka di sekitar vagina, penis atau anus.
• Kram perut tidak berhubungan dengan siklus menstruasi.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Dokter Anda dapat menyarankan melakukan tes atau pengujian urine, tenggorokan atau anal untuk mendiagnosis PMS. Pada kebanyakan PMS bisa disembuhkan, seperti klamidia, gonore (kencing nanah) dan sipilis (raja singa). Namun PMS yang disebabkan oleh virus tidak dapat disembuhkan, seperti Human Papilloma Virus (HPV), herpes genital dan HIV. Ada pengobatan yang dapat di gunakan untuk mengelola gejala dan komplikasi PMS ini.

Jangan pernah menunda-nunda pengobatan dan segera lakukan tes atau pengujian untuk PMS. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi PMS tidak merasa sakit atau tidak mengalami gejala apa pun. Wanita yang aktif secara seksual dengan usia dibawah 25 tahun harus melakukan tes atau pengujian setiap tahunnya untuk klamidia dan gonore (kencing nanah).

Pria gay, biseksual dan pria aktif lainnya yang berhubungan seksual dengan pria juga harus melakukan tes atau pengujian setiap tahunnya untuk mengetahui adanya HIV, sipilis (raja singa), klamidia, dan gonore (kencing nanah). Kelompok ini harus melakukan tes atau pengujian setiap 3 bulan hingga 6 bulan jika memiliki banyak pasangan seksual. Wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian untuk sipilis (raja singa), HIV dan hepatitis B di awal kehamilan.

penyakit menular seksual

Cara Mengobati Penyakit Menular Seksual

Beberapa penyakit menular seksual dapat disembuhkan sementara yang lainnya tidak dapat disembuhkan. PMS dapat memiliki efek yang dapat bertahan lama pada tubuh. Beberapa infeksi dapat menyebabkan kerusakan pada penglihatan, pendengaran, otak dan sistem kardiovaskular. Penyakit menular seksual ini dapat membuat rentan terhadap penularan HIV.

Pada kebanyakan PMS dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Beberapa infeksi juga dapat menular ke bayi selama kehamilan ibunya dan menyebabkan cacat lahir atau lahir mati. Ada baiknya segera melakukan pengobatan untuk penyakit ini. Jika hanya dibiarkan saja hanya akan menjadi lebih parah penyakitnya. Untuk info pengobatan di Klinik Apollo bisa menghubungi nomor berikut ini 081233881616  atau bisa juga melalui layanan konsultasi medis dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.