Penularan Infeksi Penyakit Gonorrhea Sangat Cepat

penyakit gonorrhea

Penyakit gonorrhea adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang biak di area saluran reproduksi yang lembab dan hangat. Termasuk serviks (leher rahim), uterus (rahim) dan saluran tuba (saluran telur) pada wanita dan di uretra (saluran kemih) pada wanita dan pria.

Bakteri dapat tumbuh di mulut, tenggorokan, mata dan anus. Pada wanita, serviks (leher rahim) adalah area infeksi yang paling umum. Namun penyakit ini dapat menyebar atau menular ke rahim dan saluran tuba yang mengakibatkan penyakit radang panggul (PID). Hal ini dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan dan kehamilan ektopik.

konsultasi

Apa Itu Penyakit Gonorrhea?

Penyakit gonorrhea adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini dapat menular dari orang ke orang selama aktifitas seksual (hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral) yang mengarah ke infeksi uretra (saluran kemih), serviks (leher rahim), vagina dan anus. Jika tidak segera diobati, infeksi penyakit ini dapat menyebar atau menular ke bagian yang lebih tinggi dari saluran reproduksi serta menyebabkan prostatitis (radang prostat) dan epididimitis (radang epididimis) pada pria dan penyakit radang panggul (PID) pada wanita.

Penyebab Umum Penyakit Ini

Penyakit gonorrhea juga dapat menyebabkan proktitis gonokokal (radang anus dan rektum). Pada seseorang yang melakukan seks oral serta dapat menginfeksi tenggorokan dan menyebabkan faringitis gonokokal. Penyakit ini dapat menyebar atau menular ke bagian lain pada tubuh melalui darah dan menyebabkan demam, ruam yang khas dan artritis. Pada wanita hamil dengan penyakit ini yang tidak segera diobati, maka bakterinya dapat meneybar atau menular ke mata bayi selama persalinan serta menyebabkan ophtalmia gonokokal, infeksi mata yang parah pada bayi yang baru lahir.

Baca Juga : Gonore Sangat Berbahaya Jika Tidak Segera Diobati

konsultasi

Kenali Gejala-Gejala Penyakit Gonorrhea

Beberapa pria dengan penyakit gonorrea kemungkinan tidak memiliki gejala sama sekali. Namun gejala umum pada pria termasuk sensasi terbakar saat kencing atau keluarnya cairan yang berwarna putih, kuning atau hijau dari penis yang biasanya muncul dalam 1 hari hingga 14 hari setelah infeski. Terkadang pria dengan penyakit ini mengalami testis yang menyakitkan atau bengkak.

Pada kebanyakan wanita dengan penyakit ini tidak memiliki gejala apapun. Bahkan ketika seorang wanita memiliki gejala, biasanya ringan dan dapat disalah artikan sebagai infeksi kandung kemih atau infeksi vagina. Gejala awal pada wanita dapat mencakup sensasi nyeri atau terbakar saat kencing, peningkatan keputihan atau perdarahan vagina diantara periode. Gejala yang lebih lanjut yang menunjukkan perkembangan menjadi penyakit radang panggul (PID), termasuk sakit perut, muntah atau demam.

Wanita dengan penyakit ini berisiko mengalami komplikasi serius dari infeksinya bahkan jika gejalanya tidak ada atau gejalanya ringan. Gejala infeksi dubur pada pria dan pada wanita kemungkinan termasuk keputihan, gatal pada anal, nyeri, perdarahan atau buang air besar (BAB) yang menyakitkan. Infeksi dubur tidak menimbulkan gejala. Infeksi di tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan akan tetapi baisanya tidak menimbulkan gejala.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?

Sebagian besar, tes atau pengujian urine dapat digunakan untuk menguji penyakit ini. Namun jika telah melakukan hubungan seks otal atau seks anal, penyeka dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tenggorokan dan dubur. Dalam beberapa kasus,m swab dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari uretra pria (saluran kemih) atau serviks (leher rahim) wanita.

Diagnosis berdasarkan gejala, riwayat seksual dan hasil pemerikisaan fisik dan ginekologis. Diagnosis dapat dikonfirmasi dengan metode usap area yang terkena (uretra, serviks atau leher rahim, rektum dan tenggorokan) dan sampel dianalisis di laboratorium untuk kultur. Sampel juga dapat diuji untuk mendeteksi bahan genetik pada bakteri penyakit ini.

penyakit gonorrhea

Atasi Dengan Cepat Jika Mengalami Penyakit Gonorrhea

Penyakit gonorrhea dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Biasanya direkomendasikan terapi ganda untuk pengobatan penyakit ini. Pengobatan dapat menghentikan infeksi, namun tidak dapat memperbaiki kerusakan secara permanen yang telah terjadi. Resistensi antimikroba pada penyakit ini semakin meningkat dan pengobatannya bisa semakin sulit.

Jika gejalanya berlanjut selama lebih dari beberapa hari setelah pengobatan, maka lakukan pemeriksaan ulang dengan dokter agar dievaluasi kembali. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini telah menjadi kebal terhadap banyaknya pengobatan antibiotik yang sangat efektif. Semua pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan.

Pengobatan ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Klinik Apollo adalah salah 1 klinik yang menangani penyakit kelamin di Jakarta Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Gonorrhea Lebih Jauh

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.