Pencegahan Dan Cara Mengobati Kutil Kelamin Menular

cara mengobati kutil kelamin

Kutil kelamin adalah pertumbuhan atau benjolan. Lalu bagaimana cara mengobati kutil kelamin yang tumbuh di penis, vagina, vulva (bibir vagina), serviks (leher rahim), rektum atau selangkangan. Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) dengan penularan dari melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Kutil kelamin juga disebut Condyloma. Setelah seseorang terinfeksi, kemungkinan memerlukan waktu antara 1 bulan hingga 3 bulan untuk kutilnya muncul. Beberapa orang yang telah terinfeksi tidak pernah mengetahui adanya kutil. Jika merasa telah terinfeksi, maka harus segera melakukan tes atau pengujian. Bahkan jika tidak dapat melihat adanya kutil.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kutil Kelamin?

Kutil kelamin sangat umum. Kutil disebabkan oleh virus akan tetapi tidak menyebabkan kanker. Remaja harus divaksinasi terhadap virus sebelum menjadi aktif secara seksual. Kutil kelamin adalah IMS. Kutil adalah benjolan yang kecil pada alat kelamin yang bisa dilihat atau dirasakan. Kutil biasanya tidak terasa sakit. Kutil disebabkan oleh virus. Kutil kelamin dapat muncul pada vagina, vulva, serviks (leher rahim), dubur, penis dan terkadang di mulut atau di tenggorokan. Lalu apakah ada cara mengobati kutil kelamin dengan cepat?.

konsultasi

Penyebab Dasar Kutil Kelamin

Kutil kelamin ditularkan melalui kontak kulit dengan seseorang yang menderita Human Papilloma Virus (HPV). Ini paling sering terjadi melalui kontak seksual (vagina atau anal). Namun, tidak hanya dari melakukan hubungan seksual penetrasi untuk menularkan infeksi. Namun dari penggunaan kondom lateks yang benar dapat mengurangi penularan, akan tetapi tidak sepenuhnya melindungi.

Risiko terkena atau menyebarkan dan menularkan HPV dapat terjadi, karena kontak kulit ke kulit dapat terjadi di sekitar kondom. Setelah melakukan kontak dengan HPV, kutil kelamin membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk berkembang. Namun, dapat menyebarkan atau menularkan virus ke orang lain meskipun belum mengembangkan kutil.

Pada kebanyakan orang dengan infeksi virus HPV tidak mengetahui saat mengidapnya. Inilah sebabnya mengapa wanita harus melakukan pemeriksaan serviks (leher rahim) secara teratur untuk mengambil perubahan serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh infeksi HPV yang tidak diketahui dan dapat menyebabkan kanker jika tidak segera diobati. Oleh karena itu segera mencari cara mengobati kutil kelamin yang efektif.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kondiloma Akuminata Pada Wanita

konsultasi

Tanda-Tanda Kutil Kelamin Menular

Pada kebanyakan orang yang melakukan kontak dengan HPV tidak akan mengembangkan kutil kelamin. Jika mengembangkan kutil, maka bisa terjadi dalam berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, setelah pertama kali berhubungan dengan virus. Kutil kelamin muncul sebagai benjolan yang kecil atau berdaging yang ditemukan di sekitar area genital.

Kutil bisa sangat kecil sehingga sulit dilihat. Kemungkinan memiliki kutil yang tunggal atau kutil yang dapat tumbuh dalam kelompok dengan penampilan seperti bunga kol. Kutil kelamin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun bisa menjadi gatal dan meradang. Konsultasikan dengan dokter jika merasa memiliki kutil kelamin atau jika pernah melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang menderita HPV atau kutil kelamin.

konsultasi

Cara Mendiagnosis Kutil Kelamin

Dokter dapat mengetahui adanya kutil kelamin dengan memperhatikan area genital dan area anal seseorang yang terinfeksi. Dokter biasanya menanyakan mengenai gejala dan faktor risikonya. Faktor risiko adalah hal-hal yang membuat lebih mungkin terkena infeksi. Terkadang dengan mengambil sampel jaringan dari kutil untuk dilakukan tes atau pengujian. Pada wanita, harus melakukan tes atau pengujian Pap abnormal (tidak normal), selain itu juga dengan melakukan tes atau pengujian HPV untuk mencari jenis-jenis virus berisiko tinggi.

Jika merasa memiliki kutil kelamin atau IMS apa pun, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter agar direkomendasian beberapa tes atau pengujian untuk didiagnosis dan diobati. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan melakukan tes atau pengujian, untuk melihat adanya IMS. Tes atau pengujian untuk gonore (kencing nanah), klamidia dan sipilis (raja singa) dilakukan karena IMS sering terjadi secara bersamaan dan memiliki gejala yang sama. Terkadang penderitanya harus mengkonsultasikan juga ke dokter kandungan untuk wanita, urologis atau dokter kulit untuk dilakukan tes atau pengujian dan biopsi lebih lanjut.

cara mengobati kutil kelamin

Bagaimana Cara Mengobati Kutil Kelamin?

Cara mengobati kutil kelamin tergantung pada ukuran dan jumlah kutil dan di mana kutil tersebut berada. Beberapa cara mengobati kutil kelamin dapat dilakukan di Klinik Apollo. Ada beberapa jenis cara mengobati kutil kelamin utama yaitu dengan pengobatan topikal. Pengobatan dilakukan harus sesuai dengan resep dokter.

Pembekuan kutil dan menghancurkan jaringan kutil juga dapat dilakukan hingga kutilnya menghilang. Pada kebanyakan orang, kutil membutuhkan beberapa bulan untuk menghilang, oleh karena itu sangat penting untuk tetap mengobatinya. Meskipun pengobatan dapat mengakibatkan hilangnya kutil kelamin, namun infeksi virus tidak sepenuhnya dapat dihilangkan.

Virus dapat tetap aktif (tidak aktif) di kulit setelah melakukan pengobatan. Dalam kebanyakan kasus, kutil tidak kembali setelah pengobatan akan tetapi terkadang akan kembali setelah beberapa tahun jika terinfeksi kembali. Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara mengobati kutil kelamin yang baik dan benar.

Cara mengobati kutil kelamin bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Klinik Apollo sudah banyak menangani permasalahan kutil kelamin. Hanya dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Atau dengan cara mengkonsultasikannya melalui layanan konsultasi medis kami secara online seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan kutil Anda hanya di Klinik Apollo. Anda tidak perlu khawatir, biaya pengobatannya juga sangat terjangkau.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.