Penanganan Untuk Gejala Penyakit Sipilis

gejala penyakit sipilis

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang sangat menular dan disebabkan oleh bakteri. Gejala penyakit sipilis berdasarkan tahapan infeksinya. Jika tidak seegra diobati penyakit sipilis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penyakit sipilis dapat menginfeksi pria dan wanita.

Penyakit sipilis paling sering terlihat pada pria yang berhubungan seksual dengan pria. Selama tahap primer dan tahap sekunder kemungkinan selama 2 tahun pertama tahap laten. Seseorang tidak dapat menularkannya lagi selama 24 jam hingga 48 jam setelah melakukan pengobatan antibiotik yang tepat.

Apa Pengertian Dari Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri. Jika tidak diobati oleh dokter, penyakitnya bisa memburuk seiring waktu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Infeksi dapat aktif sewaktu-waktu dan dapat tidak aktif di waktu lain. Ketika infeksinya aktif, kemungkinan memiliki gejala penyakit sipilis.

Ketika infeksinya tidak aktif, kemungkinan tidak memiliki gejala penyakit sipilis, meskipun masih memiliki penyakit sipilis. Akan tetapi ketika tidak memiliki gejala penyakit sipilis, masih dapat menularkan penyakit sipilis kepada orang lain. Tidak hanya dari melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan penyakit sipilis. Hanya dengan berhubungan dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinfeksi sudah cukup untuk membuat terpapar infeksi.

konsultasi

Penyebab Umum Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis menyebar atau menular selama hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral tanpa kondom atau melalui kontak kulit ke kulit. Penyakit sipilis sangat menular dalam 2 tahun pertama setelah infeksi, terutama selama tahap primer dan tahap sekunder akan tetapi juga pada bagian awal tahap laten.

Penyakit sipilis dapat ditularkan selama kehamilan dari ibu ke bayinya yang belum lahir. Hampir semua kasus terjadi sebagai IMS, meskipun wanita hamil yang terinfeksi dapat menginfeksi bayinya di rahim atau selama persalinan pervaginam. Beberapa bayi dengan penyakit sipilis bawaan akan lahir mati dan yang lainnya kemungkinan memiliki kelainan bentuk yang parah.

Baca Juga : Langkah Pencegahan Ciri Ciri Sipilis

konsultasi

Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis

Gejala penyakit sipilis tergantung pada tahapan infeksi, seperti:

• Tahap Primer
Tanda pertama penyakit sipilis adalah luka atau chancre yang muncul di area infeksi. Kemungkinan pada penis atau area genital lain atau di mulut, vagina, anus atau serviks (leher rahim). Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak terlihat, sehingga tidak diperhatikan. Rasanya keras dan berbentuk bulat. Chancre biasanya muncul sekitar 3 minggu setelah infeksi, akan tetapi dapat berkisar dari 10 hari hingga 3 bulan. Chancre berlangsung selama 3 minggu hingga 6 minggu dan sembuh secara spontan dengan atau tanpa pengobatan.

• Tahap Sekunder
Jika tahap primer tidak diobati, maka dapat berkembang ke tahap sekunder dengan ruam, luka kulit, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, rambut rontok, sakit otot dan persendian, sakit kepala dan kelelahan. Gejala penyakit sipilis ini muncul saat chancre sembuh atau beberapa minggu setelah sembuh. Secara khas ruam terjadi pada 1 area tubuh atau lebih.

Seperti bintik-bintik berwarna merah atau berwarna coklat kemerahan dapat muncul di telapak tangan dan di telapak kaki. Terkadang ruam ada di bagian tubuh yang lain. Benjolan berkutil besar, terangkat, berwarna abu-abu atau berwarna putih dapat berkembang di area yang hangat dan lembab seperti pangkal paha, area anus, ketiak atau sudut mulut. Gejala tahap sekunder biasanya berlangsung dari 3 minggu hingga 12 minggu. Gejala penyakit sipilis hilang dengan atau tanpa pengobatan. Namun, tanpa pengobatan seseorang tersebut tetap menular hingga 2 tahun dan infeksi dapat berlanjut ke tahap laten.

• Tahap Laten
Ketika gejala tahap sekunder hilang, penyakit memasuki tahap laten. Tidak ada gejala penyakit sipilis, akan tetapi seseorang tersebut masih terinfeksi. Jika penyakit sipilis tidak diobati pada tahap ini, maka tetap laten seumur hidup atau dapat berkembang menjadi tahap tersier.

• Tahap Tersier
Tahap tersier berkembang pada sebagian orang yang belum diobati karena penyakit sipilis dan dapat muncul hingga 30 tahun setelah infeksi pertama kali didapat. Pada tahap ini, penyakit sipilis kemungkinan melibatkan otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, sumsum tulang belakang, hati, tulang dan sendi dan bisa berakibat fatal. Gejala tahap tersier bervariasi tergantung pada sistem organ yang terkena. Seseorang biasanya tidak menular pada tahap ini.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?

Tes atau pengujian darah digunakan untuk mendiagnosis penyakit sipilis. Ada periode singkat setelah seseorang terinfeksi penyakit sipilis ketika tes atau pengujian darah kemungkinan tidak diambil dari infeksi dan tes atau pengujian ulang kemungkinan diperlukan. Pada tahap ini, jika adanya ulkus atau luka, menggunakan cotton bud steril dari ulkus, luka dan chancre dapat diuji atau dites dan dapat mendeteksi penyakit sipilis. Seseorang dengan penyakit harus melakukan tes atau pengujian darah positif selama 3 bulan setelah infeksi dan biasanya lebih cepat. Pemeriksaan fisik dapat meliputi:

• Pemeriksaan kulit dan mulut yang cermat untuk mencari ruam atau kelainan lainnya.
• Pada wanita, pemeriksaan panggul (pelvic) untuk mencari gejala penyakit sipilis. Selama pemeriksaan panggul (pelvic), dokter akan mencari luka yang tidak normal (abnormal) di vagina atau pada vulva, labia, area dubur dan paha bagian dalam. Luka ini terjadi selama tahap primer.
• Pada pria, pemeriksaan genital untuk mencari gejala penyakit sipilis.
• Pada bayi yang baru lahir, pemeriksaan dilakukan pada bayi yang baru lahir dan ibunya untuk mengetahui gejala penyakit sipilis. Evaluasi untuk penyakit sipilis bawaan dimulai dengan ulasan kesehatan ibu dan mengujinya.

Diagnosis penyakit sipilis biasanya dikonfirmasi dengan beberapa tes atau pengujian darah. Terutama jika tidak memiliki luka. Jika memiliki luka, dokter dapat melihat cairan dari salah 1 luka dengan mikroskop untuk mencari bakteri penyakit sipilis. Untuk mendiagnosis tahap primer dan tahap sekunder, dokter dapat melakukan pungsi lumbal (keran tulang belakang) dalam beberapa kasus.

gejala penyakit sipilis

Cara Tepat Mengobati Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis biasanya diobati dengan pengobatan intravena. Jumlah pengobatan intravena akan bervariasi tergantung pada tahapan infeksi. Tes atau pengujian darah lanjutan diperlukan untuk memeriksa pengobatannya berhasil. Seseorang dengan penyakit sipilis tidak boleh berhubungan seksual selama 5 hari setelah menyelesaikan pengobatan atau hingga gejalanya benar-benar hilang. Dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

Seseorang yang menderita penyakit sipilis akan selalu dinyatakan positif pada beberapa tes atau pengujian darah yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit. Seseorang dapat terinfeksi kembali dengan penyakit sipilis setelah pengobatannya berhasil. Tes atau pengujian darah dapat mengetahui perbedaan antara infeksi baru dan infeksi yang sebelumnya telah diobati.

Pengobatan pada pasangan seksual sangat penting untuk mencegah infeksi ulang (kekambuhan) dan untuk mencegah infeksi menyebar atau menular ke orang lain. Dokter membantu seseorang yang baru didiagnosis untuk mengidentifikasi dan menginformasikan semua pasangan seksual nya sejak masa infeksi.

Penyakit sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Pasangan seksual apa pun yang kemungkinan pernah terpapar infeksi perlu diobati. Sangat penting untuk mengetahui bahwa penyakit sipilis bukan infeksi yang bisa ditangani sendiri. Maka harus diobati dengan pengobatan dengan resep dokter.

Dengan pengobatan, dapat menghindari masalah kesehatan serius lainnya. Dan pengobatan membuat tidak menyebarkan atau tidak menularkan penyakit sipilis kepada orang lain. Jika seorang wanita hamil dan memiliki penyakit sipilis yang tidak diobati, maka dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran mati.

Ini juga dapat menyebabkan bayi terlahir dengan infeksi. Ini disebut penyakit sipilis bawaan. Pada setiap tahap infeksi, pengobatan antibiotik bekerja dengan baik untuk menyembuhkan penyakit sipilis. Pengobatan tidak dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh penyakit sipilis tahap akhir. Akan tetapi pengobatan dapat membantu menghindari masalah lebih lanjut dari infeksi.

Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo dengan menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir, karena pengobatannya sangat terjangkau. Selalu percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo. Klinik yang sangat berperan dalam pengobatan penyakit sipilis.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.