Penanganan Dan Pencegahan Penyakit Raja Singa

raja singa

Raja singa atau sipilis disebabkan oleh bakteri. Sipilis dapat ditularkan pada pasangan selama hubungan seksual dan pada wanita hamil yang terinfeksi melalui plasenta ke bayi yang sedang berkembang. Sipilis menular adalah tahap infeksi terpenting di mana penularannya paling mungkin terjadi. Sipilis ditemukan paling sering pada pria yang berhubungan seksual dengan pria dan pada seseorang dengan HIV positif.

Apa Pengertian Raja Singa?

Raja singa atau sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat disembuhkan yang disebabkan oleh bakteri. Sipilis dengan durasi kurang dari 2 tahun dapat muncul dengan tanda dan gejal atau tanpa tanda dan gejala. Sipilis dengan durasi lebih dari 2 tahun biasanya tanpa gejala. Semua tahap ini menular dan dapat ditularkan ke pasangan seksual hingga 2 tahun jika seseorang tersebut tidak diobati. Tidak semua orang yang menderita sipilis memiliki tanda-tanda infeksi, sehingga seseorang dapat memilikinya dan menularkannya tanpa diketahui.

konsultasi

Apakah Ada Yang Menyebabkan Penyakit Ini?

Raja singa atau sipilis disebabkan oleh jenis bakteri Treponema Pallidum atau Spirochete yang biasanya masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir. Seseorang yang terinfeksi dapat menularkan penyakitnya kepada orang lain menular setiap kali ada luka atau ruam. Siapa pun yang melakukan kontak kulit dengan kulit dengan sipilis dapat mengembangkan infeksinya. Tidak harus melakukan hubungan seksual untuk tertular sipilis. Paparan dapat terjadi karena kontak dekat dengan alat kelamin, mulut atau dubur seseorang yang terinfeksi jika adanya luka.

konsultasi

Kenali Setiap Tanda Dan Gejala Raja Singa

Raja singa menular didiagnosis berdasarkan tahapan infeksi yang berbeda. Awalnya infeksi dapat muncul sebagai luka genital atau mulut yang dapat diikuti oleh berbagai gejala termasuk sakit tenggorokan, ruam kulit yang tidak gatal, atau pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala-gejala ini dapat terjadi kapan saja dalam tiga bulan pertama setelah Anda terinfeksi.

Kemungkinan tidak melihat gejala sipilis. Terkadang sama dengan gejala infeksi lainnya. Ini dapat menyebabkan seseorang dengan infeksi menunda pemeriksaannya dengan dokter. Dan bisa mempersulit dokter untuk mengetahui adanya sipilis. Beberapa tahap sipilis memiliki gejala yang berbeda.

• Tahap Primer
Salah 1 tanda pertama adalah luka terbuka tanpa rasa sakit yang disebut chancre. Karena sipilis biasanya menyebar atau menular ketika seseorang melakukan kontak seksual, chancres sering ditemukan di mulut, anus atau area genital. Selain itu juga dapat ditemukan di mana pun bakteri memasuki tubuh.

• Tahap Sekunder
Ruam kulit dan gejala lainnya dapat muncul dalam 2 minggu hingga 12 minggu setelah seseorang terinfeksi. Pada tahap ini, sangat mudah untuk menyebarkan atau menularkan infeksi melalui kontak dengan mulut, anus, alat kelamin atau area di mana adanya ruam kulit.

• Tahap Laten
Setelah ruam sembuh, seseorang kemungkinan mengalami menstruasi tanpa gejala. Meskipun gejalanya hilang, bakteri yang menyebabkan sipilis masih ada di dalam tubuh dan mulai merusak organ dalam. Tahap ini kemungkinan sesingkat dalam 1 tahun atau dari 5 tahun hingga 20 tahun. Seringkali, seorang wanita dengan tahap laten tidak mengetahui saat memiliki infeksi hingga melahirkan anak dengan sipilis.

• Tahap Tersier
Jika sipilis tidak diketahui dan tidak diobati pada tahap awal, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya. Dan dapat termasuk kebutaan, masalah dengan sistem saraf dan jantung serta gangguan mental. Itu juga bisa menyebabkan kematian.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Ini Didiagnosis?

Sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian pada waktu yang tepat untuk memastikan hasilnya akurat. Jika melakukan tes atau pengujian terlalu dini, sipilis kemungkinan tidak dapat terdeteksi karena selama 1 bulan infeksinya berkembang cukup untuk muncul. Langkah pertama dalam mendiagnosis sipilis adalah dengan mengkonsultasikan dan melakukan pemeriksaan mengenai riwayat gejala dan aktifitas seksual dengan dokter dan menjalani pemeriksaan fisik. Diagnosis sipilis biasanya dapat mengkonfirmasi dari beberapa tes atau pengujian darah. Jika adanya luka, maka dapat memeriksa cairan dari salah 1 luka dengan mikroskop untuk melihat adanya bakteri sipilis.

raja singa

Cara Tepat Menangani Raja Singa

Tahap awal infeksi dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Sangat penting jika melakukan pengobatan karena sipilis dapat diketahui dengan melakukan tes atau pengujian darah untuk menindaklanjuti secara rutin untuk memastikan pengobatan telah bekerja dengan baik. Kemungkinan untuk terinfeksi kembali, setiap tes atau pengujian lebih lanjut akan selalu menunjukkan adanya infeksi bahkan jika sudah sepenuhnya diobati.

Namun untuk menghindari penularan kembali atau kekambuhan. Segera lakukan pengobatan secara langsung di Klinik Apollo. Klinik Apollo sudah sangat terpercaya dalam menangani permasalahan penyakit raja singa. Sudah banyak penderita sipilis ini melakukan pengobatannya di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh dan memuaskan.

Karena dari awal, Klinik Apollo sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan setiap pasiennya. Anda bisa menghubungi kami di Klinik Apollo melalui kontak nomor seperti 081233881616 atau bisa juga dengan mengkonsultasikannya dibawah ini. Pengobatan dilakukan secara aman dan terpercaya. Ditangani secara langsung oleh dokter yang berpengalaman didalam bidangnya.

Peralatan medis yang digunakan sudah sangat canggih dan modern. Tidak hanya itu, biaya pengobatan juga sangat terjangkau jadi Anda tidak perlu khawatir saat melakukan pengobatan nanti. Semakin cepat melakukan pengobatan maka penyakitnya bisa segera disembuhkan. Namun jika hanya menunda-nunda pengobatan, penyakitnya hanya akan bertambah semakin parah dan pengobatan akan semakin lama penyembuhannya.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.