Obat-Obatan Untuk Penyakit Sipilis Pada Wanita

penyakit sipilis pada wanita

Penyakit sipilis pada wanita adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Seperti hal nya PMS lainnya, penyakit sipilis dapat disebarkan atau ditularkan oleh semua jenis kontak seksual. Penyakit sipilis juga dapat menyebar atau menular dari ibu yang terinfeksi ke janinnya selama kehamilan atau ke bayi pada saat kelahiran. Penyakit sipilis dapat menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang pada berbagai organ jika tidak diobati dengan benar.

Apa Itu Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis pada wanita adalah infeksi menular seksual (IMS). Penyakit sipilis disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal. Wanita hamil juga bisa menularkan penyakit sipilis ke bayinya. Penyakit sipilis mudah diobati dengan pengobatan pada tahap awal. Akan tetapi tanpa adanya pengobatan, penyakit sipilis berkembang ke tahap akhir dan dapat merusak organ tubuh yang menyebabkan penyakit parah dan bahkan kematian.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis pada wanita adalah PMS yang telah ada selama berabad-abad. Penyakit sipilis disebabkan oleh organisme bakteri mikroskopis yang disebut Spirochete atau Treponema Pallidum. Spirochete adalah organisme cacing berbentuk spiral yang menggeliat dengan kuat ketika dilihat dibawah mikroskop. Spirochete dapat menginfeksi seseorang dengan menggalinya ke dalam lapisan mulut atau alat kelamin yang lembab dan tertutup mukosa. Spirochete dapat menghasilkan ulkus tanpa rasa sakit yang dikenal dengan chancre.

konsultasi

Kenali Setiap Tanda Penyakit Sipilis Pada Wanita

Gejala penyakit sipilis pada wanita pada orang dewasa sangat bervarasi menurut tahapannya, meliputi:

• Tahap Primer
Selama tahap primer penyakit sipilis kemungkinan terlihat adanya luka tunggal atau beberapa luka. Luka adalah area dimana penyakit sipilis memasuki tubuh. Luka biasanya terlihat kencang, berentuk bulat dan tidak nyeri. Karena lukanya tidak menyakitkan, maka dapat dengan mudah diketahui. Luka biasanya berlangsung dalam 3 minggu hingga 6 minggu. Bahkan setelah lukanya hilang, pengobatan masih harus tetap dilakukan. Pengobatan dapat menghentikan infeksi berpindah ke tahap sekunder.

• Tahap Sekunder
Selama tahap sekunder, kemungkinan adanya ruam kulit atau luka membran mukosa. Luka membran mukosa adalah luka di mulut, di vagina atau di anus. Pada tahap ini biasanya muncul dengan ruam pada 1 area atau lebih di tubuh. Ruam dapat muncul ketika luka tahap primer sembuh atau beberapa minggu setelah lukanya sembuh.

Ruam dapat terlihat seperti bintik-bintik yang kasar, berwarna merah atau kemerahana pada telapak tangan atau bagian bawah kaki. Ruam biasanya tidak terasa gatal dan terkadang tidak disadari. Gejala lainnya yang kemungkinan dimiliki termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan (sangat lelah).

• Tahap Laten
Tahap laten penyakit sipilis adalah periode waktu ketika tidak adanya tanda-tanda atau gejala penyakit sipilis yang terlihat. Jika tidak melakukan pengobatan, maka akan dapat terus memiliki penyakit sipilis di tubuh selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala.

• Tahap Tersier
Pada kebanyakan orang dengan penyakit sipilis yang tidak segera diobati dapat mengalami tahap tersier. Ketika terjadi, dapat mempengaruhi banyak sistem organ yang berbeda. Termasuk jantung dan pembuluh darah, otak dan sistem saraf. Tahap tersier sangat serius dan akan terjadi dalam 10 tahun hingga 30 tahun setelah infeksinya muncul. Pada tahap tersier penyakit ini dapat merusak organ dalam dan dapat menyebabkan kematian.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis pada wanita dapat didiagnosis dengan mengikis pangkal ulkus dan dianalisis dibawah mikroskop untuk Spirochete. Karena mikroskop tidak tersedia secara luas, diagnosis yang paling sering dilakukan dan pengobatan yang ditentukan berdasarkan penampilan chancre. Diagnosis menjadi lebih sulit karena organisme penyebabnya tidak dapat tumbuh di laboratorium.

Oleh karena itu, kultur area yang terkena tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis. Tes atau pengujian darah khusus juga dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit sipilis. Tes atau pengujian ini mendeteksi respons tubuh terhadap infeski, akan tetapi tidak terhadap organisme Treponema yang sebenarnya yang menyebabkan infeksi.

penyakit sipilis pada wanita

Cara Ampuh Dalam Mengobati Penyakit Sipilis

Tergantung pada tahapan penyakit dan manifestasi klinis, pemilihan pengobatan untuk penyakit sipilis sangat bervaraisi. Pengobatan intravena jangka panjang sangat efektif dalam mengobati penyakit sipilis pada wanita tahap awal dan tahap akhir. Pengobatan neurosifilis membutuhkan pengobatan secara intravena.

Wanita yang terinfeksi selama kehamilan dapat menularkan infeksinya ke janin melalui plasenta. Pengobatan lain dapat digunakan pada penderita wanita hamil dengan penyakit sipilis karena pengobatan antibiotik lain tidak efektif melintasi plasenta untuk mengobati janin yang terinfeksi. Jika tidak segera diobati, penyakit sipilis dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian pada bayi.

Pengobatan penyakit sipilis pada wanita bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami melalui nomor 081233881616
atau dengan melakukan konsultasi melalui layanan medis secara online dibawah ini. Biaya melakukan pengobatan di Klinik Apollo sangat terjangkau. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.