Mengenal Penyakit Gonorrhea Lebih Jauh

gonorhea

Ketika buang air kecil, Anda mendapati keluarnya nanah dari kelamin? Jangan panik, hal tersebut merupakan gejala dari gonorrhea atau dikenal dengan kencing nanah. Jadi gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae. Kondisi bisa terjadi kepada siapapun, baik kalangan wanita atau pria. Lalu bagaimana jika Anda terserang gonore? Apakah pengidap bisa sembuh secara total? Mari simak ulasan selengkapnya bersama kami dibawah ini.

Baca juga: Gonore Adalah Kencing Nanah Yang Paling Umum

konsultasi

Mari Mengenal Penyakit Gonorrhea Lebih Jauh

Salah satu jenis bakteri penyebab gonorrhea yakni gonococcus yang disering ditemukan pada cairan vagina atau penis dari orang yang terserang infeksi. Ini disebabkan karena berhubungan intim dengan penderita, baik secara anal atau oral, menggunakan mainan yang seks yang sama dengan penderita, serta melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, hal ini bisa menyebabkan Anda terserang penyakit gonore.

Seorang wanita hamil yang mengidap gonorrhea pun berpotensi menularkan penyakit tersebut pada bayi ketika proses melahirkan. Bakteri gonore bisa menjakit mata, sehingga bayi berisiko mengalami kebutaan secara permanen. Sedangkan pada wanita dewasa, bakteri gonore bisa menyerang dubur, leher rahim, saluran kencing, tenggorokan, dan mata.

Namun bakteri gonore tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia, sehingga penyakit ini tidak akan menular hanya melalui toilet, berbagi peralatan makan atau handuk, kolam renang atau berciuman.

Gejala Pada Penyakit Gonore

Gonore terkadang tidak akan menimbulkan gejala yang serius, sehingga banyak kalangan pengidap yang tanpa sadar menularkan penyakit kepada pasangan. Namun, gejala dari gonore pada pria lebih mudah dikenali dibandingkan wanita. Hal tersebut karena pada tahap awal, gonorrhea umumnya menimbulkan gejala yang cukup ringan, sehingga sering dianggap hanya infeksi saluran kemih atau infeksi vagina biasa.

Namun jika tidak segera ditangani, infeksi dari bakteri ini akan menjalar ke organ panggul wanita dan menyebabkan pendarahan pada vagina, sakit dibagian perut bawah, nyeri ketika berhubungan seksual, dan demam.

Gejala gonore pada kalangan pria dan wanita hampir sama yakni merasakan nyeri atau perih ketika buang air kecil dan keluarnya cairan kental, seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari genital. Itulah sebabnya mengapa penyakit ini dikenal dengan sebutan kencing nanah.

konsultasi

gonorhea

Apakah Gonore Bisa Sembuh Secara Total?

Anda tidak perlu khawatir, gonore bisa sembuh secara total. Asalkan Anda rajin melakukan perawatan dan konsumsi obat sesuai resep dokter. Untuk mengatasi penyakit ini, dokter biasanya akan memberi suntikan antibiotik 1 kali dan satu tablet antibiotic kepada penderita.

Kira satu atau dua minggu setelah menjalankan pengobatan awal, penderita perlu kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan ulang dan memastikan bahwa bakteri gonore sudah benar-benar hilang.

Tanda yang ditimbulkan dari penyakit ini pada umumnya segera membaik dalam waktu beberapa hari setelah penanganan yang efektif. Namun, untuk mencegah penularan gonore pada kalangan lain, pengidap dianjurkan untuk tidak berhubungan seksual dulu sementara waktu sampai perawatan selesai dan pemeriksaan ulang terbukti hasilnya negatif.

Anda berisiko terserang penyakit gonore kembali jika tidak berhubungan sehat dan aman di kemudian hari. Cara cegah penyakit gonore yang paling ampun yakni tidak berganti-ganti pasangan dan selalu menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual.

Jadi jika Anda mengalami tanda dan gejala gonore, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk memperoleh penanganan sedini mungkin. Semakin cepat penyakit Anda diatasi, semakin besar potensi gonore untuk segera sembuh. Lakukan konsultasi bersama kami dahulu di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan terbaik. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai gonorrhea, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.