Ketahui Tanda Dan Ciri Herpes Menular

ciri herpes

Herpes adalah salah 1 penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Ada baiknya mengenali setiap tanda dan ciri herpes itu sendiri dengan seksama. Karena sebagian kasus herpes disebabkan oleh infeksi atau virus. Virus herpes lebih sering menyebabkan luka atau lepuhan dan demam. Pada kebanyakan orang dengan herpes tidak mengetahuinya saat memilikinya. Karena pada kebanyakan orang tidak mengalami adanya tanda dan ciri herpes karena setiap tanda dan ciri herpes sangat ringan.

konsultasi

Apa Itu Herpes?

Herpes adalah virus menular seksual paling umum. Virus ini menyerang remaja dan dewasa. Virus ini sangat menular dan tidak dapat disembuhkan, akan tetapi dengan pengobatan medis, maka dapat mengurangi atau mencegah tanda dan ciri herpes serta mencegah penularan ke pasangan seksualnya. Herpes dapat menyebabkan infeksi yang serius atau infeksi yang fatal pada bayi yang baru lahir jika ibunya memiliki virus pada saat persalinan pervaginam . Virus ini juga memudahkan seseorang untuk menularkan dan mendapatkan HIV serta penyakit menular seksual (PMS) lainnya .

Penyebab Utama Herpes Menular

Herpes Simpleks Virus (HSV) menyebabkan herpes. Ada dua jenis virus. HSV tipe 2 adalah penyebab paling umum dari herpes genital. HSV tipe 1 adalah yang menyebabkan atau demam yang diderita pada kebanyakan orang, juga dapat menyebabkan herpes genital. Virus ini dapat menyebar atau menular melalui hubungan seks vaginal dan seks anal serta melalui seks oral. Virus ini menyebar atau menular paling mudah dengan bersentuhan dengan tukak herpes. Namun, virus juga dapat menyebar atau menular dari seseorang yang terinfeksi yang tidak memiliki tanda atau ciri herpes infeksi yang disebut peluruhan asimptomatik.

Baca Juga : Simak Ciri Ciri Herpes Secara Umum

konsultasi

Beberapa Tanda Dan Ciri Herpes Pada Umumnya

Meskipun masih dapat menularkan infeksi, kemungkinan tidak adanya tanda atau ciri herpes infeksi. Di sisi lain, kemungkinan adanya tanda dan ciri herpes dalam beberapa hari hingga beberapa minggu setelah kontak awal. Kemungkinan tidak memiliki gejala awal hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi.

Ketika gejalanya muncul setelah seseorang terinfeksi, maka cenderung akan parah. Kemungkinan muncul sebagai lepuhan yang kecil yang pada akhirnya pecah dan menghasilkan luka mentah yang menyakitkan dan dapat sembuh dalam beberapa minggu. Luka bisa disertai dengan flu seperti gejala demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Herpes genital paling sering muncul sebagai 1 lepuhan atau lebih di sekitar alat kelamin atau dubur. Ketika luka-luka ini pecah, maka dapat meninggalkan luka lembut yang dikenal sebagai bisul. Saat pertama kali seseorang mengalami tanda dan ciri herpes seperti borok maka bisa memakan waktu 2 minggu hingga 4 minggu untuk sembuh. Gejala berikutnya kemungkinan tidak terjadi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Ketika gejalanya muncul, biasanya tidak terlalu parah daripada gejala pertama. Infeksi herpes tidak hilang, akan tetapi gejalanya cenderung menjadi berkurang dari waktu ke waktu. Gejala herpes genital juga meliputi:

• Mati rasa, kesemutan atau terasa seperti terbakar di area genital.
• Sensasi terbakar saat kencing atau saat melakukan hubungan intim.
• Kencing yang menyakitkan, kesulitan kencing atau sering kencing.
• Lepuhan berair di area genital.

Pada kebanyakan orang dengan herpes rekuren mengalami tanda-tanda dalam 48 jam sebelum gejalanya muncul. Ini kemungkinan terdiri dari kesemutan, terasa gatal atau terasa nyeri di area erupsi atau rasa sakit yang mengalir ke pantat atau ke lutut. Dokter dapat mendiagnosis herpes genital dengan melihat gejalanya dan mengambil sampel jaringan atau sampel cairan dari luka.

Ada juga tes atau pengujian darah untuk HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Meskipun tidak dapat menentukan infeksinya didapat atau memprediksi gejalanya kemungkinan terjadi lagi, sampel berguna untuk mendiagnosis kondisi tersebut jika gejala tersebut sedang disembuhkan atau sudah sembuh. Pengobatan untuk mengobati dan mengurangi atau mencegah berjangkitnya herpes berulang (kekambuhan).

konsultasi

Cara Tepat Mendiagnosis Herpes

Beberapa tes atau pengujian untuk herpes seperti:

• Tes Atau Pengujian PCR
Tes atau pengujian PCR dapat mengetahui adanya herpes genital meskipun tidak adanya gejala. Tes atau pengujian PCR untuk mencari potongan-potongan DNA virus dalam sampel yang diambil dari sel atau cairan dari luka genital atau saluran kemih. Ini adalah tes atau pengujian yang biasa digunakan untuk mendiagnosis herpes genital dan sangat akurat.

• Kultur Sel
Selama pemeriksaan, dokter dapat mengambil sampel sel dari luka dan mencari HSV di bawah mikroskop. Kultur sel atau tes dan pengujian PCR dapat memberikan hasil negatif jika luka sudah mulai sembuh atau jika baru saja terinfeksi. Tes atau pengujian negatif menunjukkan tidak adanya kondisi padahal sebenarnya memiliki kondisi tersebut. Hasil tes atau pengujian positif juga memungkinkan. Jika hasil tes atau pengujiannya positif, akan tetapi risiko terkena virus rendah, kemungkinan memerlukan pengujian lebih lanjut.

ciri herpes

Pengobatan Herpes Secara Efektif

Tidak ada pengobatan untuk herpes genital, infeksi tetap ada dengan potensi gejala berulang (kekambuhan). Namun, ada pengobatan yang dapat mengurangi keparahan dan frekuensi gejala dan pengobatan untuk mengelola gejalanya. Tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan tubuh dari virus herpes. Pengobatan ditujukan untuk meredakan gejala, mengurangi frekuensi kekambuhan dan mengurangi penularan.

Pengobatan herpes untuk meredakan gejalanya dapat dilakukan dengan mengompres area yang terkena dengan air dingin (es), pengobatan pereda nyeri dan pengobatan antivirus yang dapat mengurangi keparahan dari suatu gejala. Pengobatan antivirus topikal baisanya digunakan untuk luka. Untuk melakukan pengobatan yang lebih baik, konsultasikan secara langsung di Klinik Apollo.

Pengobatan dilakukan secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Klinik Apollo adalah salah 1 klinik yang mengobati penyakit kelamin yang ada di Jakarta Indonesia. Pengobatannya berstandar nasional dengan biaya pengobatan yang sangat terjangkau. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dibawah ini.

Baca Juga : Herpes Genitalis Bisa Kambuh Lagi?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.