Ketahui Pengertian Penyakit Menular Seksual Secara Umum

pengertian penyakit menular seksual

Pengertian penyakit menular seksual atau PMS adalah penyakit yang menyebar atau menular melalui kontak seksual. Penyakit atau infeksi ini sangat umum terutama di kalangan remaja yang memiliki tingkat PMS tertinggi di dunia. Seseorang yang berhubungan seksual bisa terkena PMS, akan tetapi remaja sangat mudah terpengaruh.

Sebagian orang yang berhubungan seksual bisa terkena PMS, akan tetapi remaja sangat terpengaruh. Sebagian orang dengan PMS dengan usia dibawah 25 tahun, sebagian besar lebih cenderung aktif secara seksual. Sebagian wanita yang berusia antara 14 tahun hingga 19 tahun terkena penyakit menular seksual (PMS), Human Papilloma Virus (HPV), klamidia, Herpes Simpleks Virus (HSV) dan trikomoniasis.

konsultasi

Apa Pengertian Penyakit Menular Seksual?

Pengertian penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS) dapat menyerang atau menular pada siapa saja, akan tetapi tanda dan gejalanya bisa berbeda pada pria dan wanita. Sangat penting pada pria untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala-gejala PMS secara umum karena lebih kecil kemungkinannya daripada wanita untuk mendapatkan tes atau pengujian infeksi ini. Dengan pengobatan sejak dini, dapat mengatasi penyakitnya dengan lebih mudah.

PMS sangat meningkat, kemungkinan karena tingkat aktifitas seksual yang lebih tinggi dengan banyak pasangan seksual. Pada kebanyakan PMS seperti AIDS, herpes dan sipilis (raja singa) dapat ditularkan dari ibu ke bayi saat lahir. PMS juga dapat menyebabkan berat badan lahir rendah dan bayi prematur. Bayi dengan ibu yang terinfeksi dapat mengalami masalah seperti Pneumonia , infeksi mata, dan kerusakan otak.

Karena area genital menyediakan lingkungan yang lembab dan hangat yang sangat kondusif untuk perkembangbiakan bakteri, virus dan ragi, banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan dengan cara ini. Kemungkinan termasuk AIDS, Chlamydia, herpes genital, kutil kelamin, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan beberapa bentuk hepatitis. Juga dikenal sebagai Morbus Venereus atau penyakit kelamin. Penyakit kelamin atau PMS juga disebut sebagai infeksi menular seksual (IMS)

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Menular Seksual?

Pengertian penyakit menular seksual itu sendiri sangat umum dan ditularkan melalui kontak seksual, ditularkan dari orang ke orang dalam darah, air mani atau cairan vagina dan cairan tubuh lainnya. Namun, terkadang infeksi ini dapat ditularkan secara non seksual baik melalui transfusi darah atau berbagi jarum atau selama kehamilan dari ibu ke anak. PMS tidak selalu menyebabkan gejala dan sering tertular dari orang yang tampak sehat dan yang bahkan kemungkinan tidak menyadari saat terinfeksi.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Penyakit Menular Seksual

Dalam beberapa kasus, pengertian penyakit menular seksual atau PMS sangat umum. PMS tidak menyebabkan gejala yang terlihat, sehingga kemungkinan saat terinfeksi tidak menyadarinya. Seseorang juga kemungkinan dapat keliru mengenai gejala apa pun yang berkembang untuk seseorang dengan kondisi lain.

Berikut ini pengertian penyakit menular seksual yang paling umum dan tanda dan gejalanya yang kemungkinan terjadi seperti Chlamydia, herpes, gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa), Human Papilloma Virus (HPV), HIV dan hepatitis B. Pengertian penyakit menular seksual dapat mencakup berbagai gejala atau tidak ada gejala sama sekali, itulah sebabnya sering tidak diperhatikan. Tanda dan gejala yang kemungkinan diderita dapat meliputi:

• Debit genital abnormal (tidak normal) atau berbau.
• Sensasi terbakar saat kencing.
• Luka terbuka atau benjolan pada alat kelamin atau di area mulut atau dubur.
• Perdarahan pada vagina yang tidak biasa.
• Rasa sakit saat berhubungan seksual.
• Pangkal paha yang bengkak.
• Demam.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Menular Seksual?

Seseorang yang melakukan perilaku seksual akan berisiko tinggi serta seseorang yang memiliki gejala PMS harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui adanya PMS. Jika tidak segera diobati, infeksi ini kemungkinan memiliki konsekuensi parah dalam jangka panjang dan juga dapat ditularkan ke pasangan seseorang yang terinfeksi. Pendekatan utama terhadap pengobatan yang bervariasi sesuai dengan jenis infeksi adalah mencegah penularan infeksi lebih lanjut dan mengobati semua pasangan seksual yang terlibat.

pengertian penyakit menular seksual

Cara Mengobati Penyakit Menular Seksual

Pencegahan dan pengobatan penyakit menular seksual adalah prioritas utama. Ada banyak jenis PMS dengan gejala dan tingkat keparahan yang berbeda-beda, dan pengobatan yang diberikan berbeda-beda dengan memberikan beberapa tes atau pengujian, pengobatan dan konseling yang dibutuhkan.

Selalu mendapat konsuling mengenai seksual. Pengobatan penyakit menular seksual (PMS) tergantung pada PMS tertentu yang dimiliki. Misalnya, gonore (kencing nanah) diobati dengan pengobatan antibiotik, sementara herpes kemungkinan perlu diobati dengan pengobatan anti virus, obat-obatan atau terapi laser.

Pentingnya melakukan tes atau pengujian untuk penyakit kelamin. Karena untuk segera melakukan pengobatan untuk menghindari masalah yang lebih serius lainnya. Berbagai pengertian penyakit menular seksual yang ada, sebaiknya jangan pernah menunggu terlalu lama untuk mengobatinya. Anda bisa mengobati penyakit ini di Klinik Apollo. Hubungi kami di kontak 081233881616 atau melalui layanan hotline dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.