Kenali Tanda-Tanda Penularan Kutil Kemaluan Wanita

kutil kemaluan wanita

Kutil kemaluan wanita disebabkan oleh virus. Kutil kemaluan dapat mempengaruhi wanita dan pria serta lebih rentan terhadap komplikasi. Kutil kemaluan dapat diobati, akan tetapi dapat kambuh kembali kecuali infeksi yang mendasarinya juga diobati. Penularan kutil kemaluan bisa dari hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Apa Itu Kutil Kemaluan?

Kutil kemaluan wanita adalah pertumbuhan yang lunak dan muncul pada alat kelamin. Kutil adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh strain virus tertentu. Kutil kemaluan dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan rasa gatal. Virus adalah penyebab paling umum dari semua IMS. Pria dan wanita yang aktif secara seksual akan rentan terhadap komplikasi virus, termasuk kutil kemaluan. Infeksi virus sangat berbahaya bagi wanita karena beberapa jenis virus juga dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) dan vulva. Pengobatan adalah cara untuk mengelola infeksi ini.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kemaluan?

Sebagian besar kasus kutil kemaluan wanita disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada 30 jenis hingga 40 jenis HPV yang secara spesifik mempengaruhi alat kelamin akan tetapi hanya beberapa diantaranya yang menyebabkan kutil kemaluan. HPV sangat mudah ditularkan melalui kontak kulit yang karenanya dianggap sebagai IMS.

HPV sangat umum sehingga sebagian besar orang yang aktif secara seksual terinfeksi pada titik tertentu. Namun, virus ini tidak selalu menyebabkan komplikasi seperti kutil kmaluan. Bahkan dalam kebanyakan kasus, virusnya akan hilang dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah kesehatan. Kutil kemaluan biasanya disebabkan oleh strain HPV yang berbeda dari strain yang menyebabkan kutil di tangan atau di bagian tubuh yang lainnya. Kutil tidak dapat menyebar atau menular dari tangan seseorang ke alat kelamin begitupun sebaliknya.

Baca Juga : Kalangan Yang Berisiko Terserang Bakteri Kondiloma

konsultasi

Apa Saja Gejala Kutil Kemaluan Wanita?

Kutil kemaluan wanita ditularkan melalui aktifitas seksual termasuk seks oral, seks vaginal dan seks anal. Kutil tidak berkembang selama beberapa minggu atau beberapa bulan setelah infeksi. Kutil kemaluan tidak selalu terlihat oleh pandangan. Kutil kemungkinan sangat kecil dan warnanya seperti kulit atau sedikit lebih gelap. Bagian atas pertumbuhannya kemungkinan dapat menyerupai bunga kol dan kemungkinan terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh Kutil kemungkinan muncul sebagai kelompok kutil atau hanya kutil tunggal. Kutil kemaluan wanita dapat muncul pada:

• Di dalam vagina atau anus.
• Di luar vagina atau anus.
• Di serviks (leher rahim).

Kutil kemaluan wanita juga dapat muncul di bibir, di mulut, di lidah atau di tenggorokan seseorang yang telah melakukan kontak seks oral dengan seseorang yang menderita HPV. Bahkan jika kutil tidak dapat trelihat namun masih dapat menyebabkan gejala seperti:

• Keputihan.
• Rasa gatal.
• Perdarahan.
• Terasa terbakar.

Jika kutilnya menyebar atau menular dan membesar, kondisinya bisa membuat tidak nyaman atau bahkan dapat sangat menyakitkan.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kutil Kemaluan?

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter biasanya akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan dan riwayat seksual. Termasuk gejala yang pernah dialami setiap kali melakukan hubungan seksual termasuk seks ora tanpa kondom atau bendungan oral. Selain itu juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada area manapun yang dicurigai adanya kutil.

Karena kutil dapat muncul jauh di dalam tubuh wanita, maka dilakukan pemeriksaan panggul (pelvic). Selain itu biasanya dilakukan tes pap smear yang melibatkan pengambilan swab dari area tersebut untuk mendapatkan sel-sel dari serviks (leher rahim). Sel-sel ini kemudian dapat diuji dan dites untuk keberadaan HPV.

Jenis HPV tertentu dapat menyebabkan hasil abnormal (tidak normal) pada tes pap smear yang dapat mengindikasikan perubahan prekanker. Jika saat dideteksi ada kelainan ini kemungkinan harus melakukan skrining lebih sering untuk memantai setiap perubahan atau prosedur khusus yang disebut kolposkopi. Jika mengkhawatirkan adanya HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim), biasanya disarankan untuk melakukan tes atau pengujian DNA. Untuk menentikan jenis HPV yang dimiliki di sistem kekebalan tubuh.

kutil kemaluan wanita

Cara Mengatasi Kutil Kemaluan Wanita Dengan Cepat

Sementara kutil kemaluan yang trelihat sering hilang seiring waktu. HPV dapat bertahan di sel-sel kulit. Kemungkinan memiliki beberapa gejala selama hidupnya. Sangat penting untuk mengelola gejalanya karena untuk menghindari penularan virus pada orang lain. Kutil kemaluan dapat ditularkan pada orang lain bahkan ketika tidak adanya kutil yang terlihat atau gejala lainnya. Pengobatan kutil kemaluan untuk menghilangkan gejala yang menyakitkan atau untuk meminimalkan penampilan kutil. Jika kutil yang trelihat tidak hilang seiring waktu, kemungkinan memerlukan operasi kecil untuk menghilangkannya. Untuk menghilangkan kutil bisa melalui:

• Electrocautery atau membakar kutil.
• Laser.
• Eksisi atau pemotongan kutil.
• Obat-obatan lainnya.

Jika memiliki kutil kemaluan wanita kemungkinan harus melaukan tes pap smear setiap 3 bulan hingga 6 bulan setelah pengobatan awal. Agar dokter bisa memantai setiap perubahan pada serviks (leher rahim). Pemantauan sangat penting karena kemungkinan berisiko lebih tinggi terkena kanker serviks (leher rahim). Strain HPV yang menyebabkan kutil kemaluan dianggap berisiko rendah untuk berkembang menjadi kanker.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengobatan kutil kemaluan. Hubungi kami di Klinik Apollo di nomor 081233881616 atau dengan melalui layanan hotline kami di bawah ini. Ditangani secara langsung oleh dokter yang berpengalaman didalam bidangnya dan dibantu dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.