Kenali Tanda Dan Gejala Herpes Pada Kelamin

gejala herpes

Herpes adalah sekelompok virus yang menyebabkan luka yang menyakitkan. Gejala herpes umumnya yaitu virus yang terdapat pada 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2 yaitu yang menyebabkan luka atau lepuhan demam di sekitar mulut atau luka pada alat kelamin (organ seksual). Herpes adalah infeksi menular seksual (IMS), setelah terinfeksi maka virus akan tetap berada seumur hidupnya.

konsultasi

Pengertian Herpes Secara Umum

Herpes adalah infeksi virus yang biasanya mengenai mulut, alat kelamin atau area dubur. Kondisi ini menular dan dapat menyebabkan gejala luka dan gejala lainnya. Virus ini adalah infeksi yang sangat umum di dunia dengan jenis paling umum yang menyerang kebanyakan orang berusia 50 tahun. Virus ini menyebar atau menular dengan cepat melalui kontak langsung dengan orang yang membawa virus. Penularan seksual beberapa jenis virus juga bisa terjadi.

Pada kebanyakan orang dengan virus ini tidak akan menunjukkan adanya gejala herpes sama sekali, akan tetapi masih dapat menularkan virusnya ke orang lain. Gejala-gejala virus ini biasanya sangat ringan akan tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Virus ini bisa sangat berbahaya jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pada bayi.

Apa Yang Menjadi Penyabab Herpes?

Ada 2 jenis infeksi Herpes Simpleks Virus (HSV) yang dapat menyebabkan herpes kelamin diantaranya:

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1
Jenis yang biasanya menyebabkan luka atau lepuhan demam di sekitar mulut. HSV tipe 1 sering menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit meskipun dapat menyebar atau menular ke area genital selama seks oral. Kekambuhan jauh lebih jarang terjadi daripada HSV tipe 2.

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 2
Jenis yang biasanya menyebabkan herpes kelamin. Virus menyebar atau menular melalui kontak seksual dan kontak kulit ke kulit. HSV tipe 2 sangat umum dan sangat menular pada luka terbuka atua tidak. Karena virus ini mati dengan cepat di luar tubuh. Dan tidak akan menular mellaui kontak dengan toilet, handuk atau benda lain yang digunakan oleh seseorang yang terinfeksi.

konsultasi

Beberapa Gejala Herpes Yang Harus Diketahui

Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HSV tidak mengetahui saat mengalaminya karena tidak adanya tanda dan gejala herpes atau karena tanda dan gejalanya sangat ringan. Ketika adanya gejala, gejalanya dapat muncul dalam 12 hari setelah terpapar virus. Jika mengalami gejala herpes kelamin kemungkinan termasuk:

• Terasa nyeri atau terasa gatal, kemungkinan juga terasa sakit pada area genital hingga infeksinya sembuh.
• Adanya benjolan berwarna merah yang kecil atau lepuhan berwarna putih yang kecil sehingga kemungkinan muncul beberapa hari hingga beberapa minggu setelah infeksi.
• Bisul ini dapat terbentuk ketika lepuhan pecah dan mengalir atau berdarah. Bisul dapat membuat sakit saat kencing.
• Keropeng atau kulit yang mengeras dan membentuk keropeng saat boroknya sembuh.

Selama gejala herpes awal, kemungkinan memiliki tanda-tanda dan gejala seperti flu atau pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha, sakit kepala, nyeri otot dan demam.

konsultasi

Bagaimana Herpes Didiagnosis?

Biasanya dokter mendiagnosis HSV dengan melakukan pemeriksaan fisik gejala selama terpapar. Luka mudah diidentifikasi sebagai tanda infeksi HSV. Dokter juga akan menanyakan mengenai gejala. Jika mencurigai adanya HSV tipe 2, kemungkinan dokter menanyakan riwayat kesehatan seksual. Selain itu juga dengan mengambil sampel dari luka. Jika seseorang tidak memiliki gejala, dokter dapat menggunakan tes atau pengujian darah untuk mendeteksi infeksi.

gejala herpes

Cara Mengobati Herpes Dikalangan Remaja

Meskipun tidak ada pengobatan untuk ke 2 jenis HSV, gejalanya seringkali tidak ada dan pengobatannya kemungkinan tidak diperlukan. Ketika gejala herpes muncul, biasanya sembuh tanpa pengobatan setelah beberapa minggu. Namun infeksinya akan tetap berada di dalam tubuh. Pengobatan tersedia untuk membantu mengendalikan gejala dan mengurangi frekuensi gejala.

Beberapa pengobatan juga dapat mengurangi risiko penularan HSV ke orang lain. Pengobatan antivirus untuk luka dapat meringankan rasa gatal, menyengat dan ketidaknyamanan. Pengobatan ini juga bisa melalui intravena. Pengobatan ini bisa Anda lakukan hanya di Klinik Apollo. Dengan cara menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.