Kenali Beberapa Ciri-Ciri Penyakit Raja Singa

raja singa

Raja singa atau sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) serius yang cukup umum di kalangan pria gay dan biseksual. Infeksi sipilis terdiri dari sejumlah tahapan. Jika tidak segera diobati dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat memiliki konsekuensi yang sangat serius. Oleh karena itu kenali tahapan-tahapan gejalanya sejak awal.

Apa Itu Raja Singa?

Raja singa atau sipilis adalah infeksi bakteri umum yang menyebar atau menular melalui hubungan seksual. Sipilis mudah disembuhkan dengan pengobatan antibiotik akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan secara permanen jika tidak segera diobati. Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS). Pengobatan yang dilakukan sejak dini dapat menyembuhkan sipilis dan dapat mencegah masalah dalam jangka panjang.

konsultasi

Disebabkan Oleh Apa Penyakit Ini?

Raja singa biasanya menyebar atau menular dengan menyentuh luka (chancre) atau luka yang mirip dengan kutil (kondiloma lata) yang disebabkan oleh sipilis. Kondisi ini dapat terjadi melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral atau hubungan seksual yang dekat. Chancre atau kondiloma lata kemungkinan sulit untuk dilihat, oleh karena itu pada kebanyakan orang tidak mengetahui saat terinfeksi. Pada wanita hamil yang terinfeksi dapat menyebarkan atau menularkan infeksinya ke bayinya yang belum lahir selama kehamilan atau selama persalinan.

konsultasi

Apa Saja Tanda Dan Gejala Pada Raja Singa?

Tergantung pada tahapan infeksi, sipilis dapat menyebabkan gejala yang berbeda. Ada beberapa tahapan yang berbeda diantaranya:

• Tahap Primer
Tahap primer muncul dengan adanya lepuhan yang kecil pada area infeksi. Bisa terjadi pada penis, dubur atau mulut. Lepuhan biasanya muncul dalam beberapa minggu hingga 1 bulan, akan tetapi terkadang hingga 3 bulan. Lepuhan tidak menimbulkan rasa sakit dan terasa sulit saat disentuh. Jika munculnya di anus atau di mulut, maka sulit untuk dilihat sehingga tidak mengetahui adanya infeksi. Lepuhan akan hilang dengan sendirinya, akan tetapi infeksi akan terus berkembang di tubuh.

• Tahap Sekunder Dan Tahap Tersier
Setelah 2 bulan hingga 6 bulan, tahap sekunder muncul. Biasanya akan mengalami demam, sakit tenggorokan, sakit kepala dan sakit pada otot. Selain itu juga bisa mengalami ruam di seluruh tubuh dengan bintik-bintik berwarna merah yang kecil atau benjolan. Gejala-gejala ini akan hilang akan tetapi dalam kasus yang lain penyakitnya tidak akan hilang. Setelah bertahun-tahun sipilis dapat menyebabkan kerusakan serius pada otak, sumsum tulang belakang dan jantung lalu ke sistem saraf pusat atau disebut tahap neurosifilis.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Tes atau pengujian darah biasanya digunakan untuk mendiagnosis sipilis. Sipilis memiliki konsekuensi yang sangat serius dan disarankan untuk melakukan tes atau pengujian mengenai IMS sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, terutama jika memiliki banyak pasangan seksual. Jika diobati tepat waktu, sipilis mudah disembuhkan. Jika sudah memiliki gejala yang bisa mengarah ke sipilis, segera lakukan tes atau pengujian sesegera mungkin. Jika menderita sipilis, konsultasi bersama pasangan seksual Anda sehingga bisa melakukan tes dan pengujian juga untuk menerima pengobatan lebih lanjut.

raja singa

Cara Tepat Dalam Mengobatai Raja Singa

Pengobatan tidak boleh ditunda-tunda dan tidak boleh menunggu hingga penyakitnya bertambah parah. Pengobatan sipilis terdiri dari pengobatan intravena secara tunggal. Pengobatan akan berlangsung berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Setelah menyelesaikan pengobatan, biasanya disarankan untuk melakukan tes atau pengujian darah lagi untuk memastikan pengobatannya bekerja dengan baik dan berhasil.

Pengobatan ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Klinik Apollo menangani penyakit kelamin dan penyakit lainnya seperti andrologi dan ginekologi. Ditangani secara lansung oleh dokter yang bersangkutan. Biayanya juga sangat terjangkau. Hubungi kami segera di nomor 081233881616
atau dengan layanan medis kami dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.