Kebiasaan Yang Sebabkan Kehadiran Kutil Kemaluan

kutil kemaluan

Kutil kemaluan merupakan penyakit yang ditandai dengan timbulnya benjolan kecil di area vital kelamin atau anus. Jadi secara umum, penyakit ini bisa terjadi kepada siapapun yang aktif berhubungan seksual. Infeksi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele, karena memberi dampak buruk pada tubuh penderitanya.

Baca juga: Kutil Kelamin Adalah Tumbuhnya Benjolan Di Area Kelamin

konsultasi

Apa Saja Kebiasaan Yang Sebabkan Kehadiran Kutil Kemaluan?

Jadi pada dasarnya, kutil kemaluan berbeda dengan benjolan yang tumbuh di area lain selain kelamin. Jadi kutil kemaluan merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual. Nah perlu Anda pahami ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi kutil, diantaranya:

1.Menjalankan hubungan seksual tidak sehat dan aman

Kutil kemaluan merupakan infeksi yang rentan terjadi pada kalangan yang aktif secara seksual. Penyebaran virus penyebab penyakit ini bisa terjadi melalui hubungan seksual, baik secara oral atau anal. Resiko penyebaran virus menjadi kian besar pada kalangan yang sering melakukan hubungan tidak aman, seperti berganti-ganti pasangan tidak mengenakan pengaman dan lain sebagainya.

2.Menyentuh organ intim

Penularan virus juga bisa terjadi melalui sebuah sentuhan atau kontak kulit secara langsung. Perkembangan virus penyebab kutil kelamin terjadi ketika pengidapnya memegang atau menyentuh area intim sendiri menggunakan tangan, kemudian sentuh area seksual pasangan dengan tangan yang sama.

3.Menggunakan alat bantu seks

Terkadang sebagian kalangan memilih gunakan alat bantu seksual untuk memperoleh sensasi menyenangkan. Ini bukan masalahnya, namun pastikan Anda tidak sembarangan menggunakan alat tersebut. Pasalnya kebiasaan berbagi atau menggunakan alat bantu ini dapat meningkatkan resiko penularan kutil kelamin dan berbagai infeksi seksual jenis lainnya.

4.Dari ibu ke bayi

Walaupun jarang terjadi, namun kutil kelamin bisa menular dari seorang ibu pada bayi yang baru dilahirkannya. Biasanya penularan tersebut terjadi ketika persalinan dari ibu yang sudah terjangkit virus kutil kelamin sebelumnya.

konsultasi

kutil kemaluan

5.Gejala dan cara mengatasi kutil kelamin

Keberadaan kutil kelamin memang tidak sering disadari penderitanya, karena mempunyai ukuran kecil dan warnanya menyerupai kulit atau sedikit lebih gelap. Hal ini membuat kutil kelamin terkadang sulit dilihat oleh kasat mata. Benjolan kutil kelamin bisa timbul satu persatu dan berkelompok serta mempunyai bentuk seperti kembang kol.

Walaupun beberapa kalangan tidak menyadari dan sulit melihat gejala yang ada. Namun kutil kemaluan bisa menimbumbulkan berbagai tanda umum seperti rasa nyeri, gatal, adanya sensasi terbakar, dan rasa tak nyaman di bagian vital. Tidak hanya itu, masalah ini dapat membuat penderita mengalami pendarahan ketika berhubungan seksual.

Tanda dan gejala tersebut tentunya berbeda antara kalangan pria dan wanita. Seorang pria yang menderita kutil kelamin bisa muncul di beberapa daerah seperti ujung penis, kantung testis, paha bagian atas atau di dalam anus. Sedangkan pada kalangan wanita, benjolan tersebut biasanya ditemukan pada dinding vagina, leher rahim, vagina, dan anus.

Selain pada alat kelamin dan daerah sekitarnya, beberapa kalangan mengalami tumbuhnya kutil kelamin di tenggorokan, bibir, mulut atau lidah. Kutil yang tumbuh di area tersebut pada umumnya karena menjalankan seks oral dengan kalangan yang sudah terinfeksi kutil kelamin lebih dulu.

Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala timbulnya kutil kelamin bisa segera melakukan konsultasi bersama dokter kami di Klinik Apollo untuk memperoleh penanganan terjamin. Lakukan reservasi sekarang di nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai kutil kemaluan, semoga memberi banyak manfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.