Kalangan yang Berisiko Terserang Bakteri Kondiloma

kondiloma

Sesuai dengan namanya, kondiloma akuminata atau kutil kelamin merupakan sebuah benjolan yang ada di area kalamin. Kutil ini berjumlah satu atau bergerombol, ditularkan dari kalangan yang sudah terserang virus human papillomavirus atau HPV.

Wanita memang lebih beresiko terserang kondiloma akuminata dibandingkan kaum pria, terutama di usia 20-24 tahun. Rasa gatal di area kelamin dan pendarahan ketika berhubungan seksual merupakan tanda yang mungkin akan dirasakan penderita kutil kelamin.

Jadi kutil pada umumnya akan menyerang vagina, leher rahim, penis, vulva, testis, dan kulit disekitar anus. Kutil juga bisa muncul di mulut atau tenggorokan. Kondisi ini terjadi karena penularan melalui oral seks. Bentuk kutil kelamin yakni berupa benjolan daging yang menyerupai bunga kol, namun pada umumnya berukuran kecil, sehingga tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Baca juga: Kutil Kelamin Adalah Tumbuhnya Benjolan Di Area Kelamin

konsultasi

Siapa Yang Berisiko Terserang Bakteri Kondiloma

Sebagian besar kalangan yang aktif berhubungan seksual memang mempunyai resiko tinggi terserang setidaknya satu jenis HPV, namun tidak semuanya dapat berkembang menjadi kutil. Penularan kondiloma akuminata terjadi karena kontak fisik yang berlangsung. Terdapat beberapa jenis kondisi yang bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi, diantaranya:

1.Aktif secara seksual sejak muda

Sering berganti-ganti pasangan seksual, terutama berhubungan dengan seseorang yang mempunyai riwayat seksual yang tidak diketahui.

konsultasi

kondiloma

2.Pernah menderita infeksi menular seksual

Sebagain kalangan pengidap kondiloma akuminata bisa sembuh dengan sendirinya. Namun kutil kelamin yang segera ditangani secara tepat bisa mendatangkan efek yang lebih positif karena beberapa alasan, seperti:

•Menurunkan resiko berkembangnya virus HPV

•Meredakan rasa sakit atau gatal

Maka dari itu, dari pada menangani bakteri kondiloma akuminata menggunakan obat-obatan bebas yang tidak tepat, lebih baik segera konsultasikan lebih dahulu ke dokter kelamin untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Kutil kelamin berbeda dengan kutil biasa, maka kondisi ini memerlukan obat yang berbeda. Agar bisa ditangani dengan tepat, Anda perlu memeriksakan kondisi dan jumlah kutil yang menjangkit, serta kondisi kesehatan penderita secara umum.

Dibawah ini merupakan beberapa penanganan yang akan diberikan dokter untuk meredakan gejala kondiloma akuminata:

•Beberapa jenis obat krim yang bisa Anda oleskan di bagian luar kelamin untuk hentikan perkembangan sel kutil

•Imiquimod merupakan jenis obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi

•Terdapat salep dari ekstrak teh hijau yang dioleskan pada kondiloma akuminata dan area kelamin serta anus.

•Proses tindakan pembedahan untuk membuang kutil

•Membekukan kondiloma akuminata dengan sebuah cairan. Cara ini termasuk teknik bedah baku.

•Melakukan terapi laser untuk hancurkan bakteri kondiloma akuminata

•Menggunakan teknik untuk menghancurkan kutil dengan arus listrik

Ada kalanya obat-obatan perlu disuntikan pada kutil, namun ini merupakan sebuah penanganan tambahan dan perlu di evaluasi lebih lanjut kedepannya.

Untuk mencegah kondiloma akuminata, penting untuk hindari perilaku seks yang berisiko, misalnya menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual. Namun metode ini tidak memberi perlindungan secara penuh. Pencegahan lainnya yakni dengan melakukan vaksin. Vaksin kanker serviks selain bisa mencegah kanker serviks juga bisa mencegah berkembangnya kondiloma akuminata.

Walaupun pada umumnya tidak menimbulkan bahaya, namun beberapa jenis HPV bisa menyebabkan kanker penis, serviks, anus, atau kanker tenggorokan. Maka dari itu penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika mencurigai adanya virus kondiloma akuminata, untuk memperoleh penanganan dan diagnosa yang tepat segera hubungi kami Klinik Apollo. Lakukan reservasi dengan mudah di 081233881616. Sekian kami sampaikan mengenai kondiloma akuminata, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.