Jika Dibiarkan, Apakah Penyakit Jengger Ayam Berbahaya?

apakah penyakit jengger ayam berbahaya

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya? Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah pertumbuhan lembut pada kulit dan selaput lendir alat kelamin. Penyakit jengger ayam ini dapat ditemukan pada penis, vulva, uretra, vagina, serviks (leher rahim) dan sekitar anus. Penyakit jengger ayam tersebar atau menular melalui kontak seksual.

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya pada kulit? Kutil biasanya hilang dengan sendirinya, akan tetapi jika tidak hilang, dokter dapat mengangkat kutil 1 per 1. Mengangkat kutil bukan berarti sembuh dari virusnya. Kutil dapat muncul (kambuh) kapan saja. Karena kutil menyebar atau menular melalui kontak kulit. Kondom tidak selalu dapat melindungi terhadap kutil. Meskipun kondom adalah cara terbaik yang digunakan untuk mencegah banyak penyakit menular sekual (PMS) lainnya.

Pengertian Penyakit Jengger Ayam Adalah

Jika tidak diobati, apakah penyakit jengger ayam berbahaya? Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah pertumbuhan berdaging yang kecil atau benjolan dan perubahan kulit yang muncul disekitar area genital atau anal. Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin sangat umum. Kutil kelamin adalah hasil dari infeksi kulit akibat virus yang disebabkan oleh virus. Virus ini biasanya tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Namun dapat terlihat tidak enak dipandang dan dapat menyebabkan tekanan psikologis.

konsultasi

Apa Penyebab Utama Penyakit Jengger Ayam?

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya jika diabaikan? Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV adalah jenis jaringan yang dikenal sebagai jaringan epitel yang ditemukan pada kulit dan pada lapisan banyak di rongga tubuh seperti alat kelamin wanita termasuk vagina, vulva atau serviks (leher rahim), anus dan mulut.

HPV bukan virus tunggal, akan tetapi ada lebih dari 100 jenis virus. Sebagian besar kasus infeksi HPV tidak memiliki gejala yang terlihat, sehingga pada kebanyakan orang dapat terinfeksi HPV tanpa menyadarinya. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan kutil kelamin. Pada kebanyakan kasus kutil kelamin disebabkan oleh 2 jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11.

Cara paling umum HPV dapat menular yaitu dari orang ke orang selama hubungan seksual. Bentuk lain dari aktifitas seksual dimana HPV dapat ditularkan dari orang ke orang termasuk seks oral, seks anal dan alat kelamin non penetrasi ke kontak genital. Seorang ibu dapat menularkan HPV ke bayinya yang baru lahir selama kelahiran.

konsultasi

Apa Saja Gejala Pada Penyakit Jengger Ayam?

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya terutama adanya gejala? Penyakit jengger ayam biasanya muncul dalam 2 bulan hingga 3 bulan setelah mengembangkan infeksi HPV. Pada wanita, kutil kelamin biasanya muncul dari benjolan yang kecil yang terasa lebih besar. Pada pria kutil terlihat mirip dengan kutil yang terkadang berkembang di tangan seseorang (keras dan terangkat dengan permukaan yang kasar).

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya jika tidak diobati? Seseorang dapat memiliki kutil tunggal atau kumpulan beberapa kutil yang tumbuh bersama untuk membentuk semacam penampilan bunga kol. Kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun beberapa orang kemungkinan mengalami gejala gatal dan iritasi terutama jika kutil berkembang di sekitar anus.

Beberapa orang mengalami perdarahan dari kutil saat berhubungan seksual. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual hingga kutil kelaminnya sembuh sepenuhnya. Kutil yang berkembang di dekat atau di dalam uretra dapat mengganggu aliran urine yang normal. Urtera adalah tabung yang terhubung ke kandung kemih atau tempat urine mengalir.

1. Penyakit Jengger Ayam Pada Wanita
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada wanita adalah:

• Di sekitar vulva (lubang vagina).
• Di dalam vagina.
• Diantara vagina dan anus.
• Di sekitar anus.
• Pada serviks (leher rahim).
• Pada pembukaan uretra.

2. Penyakit Jengger Ayam Pada Pria
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada pria adalah:

• Pada batang penis, tepatnya dibawah kulup.
• Di sekitar anus.
• Pada kelenjar (kepala penis),
• Di dalam uretra.
• Dibawah kulup.
• Diantara anus dan skrotum (kantung yang berisi testis).
• Pada skrotum.

Bagaimana Penyakit Jengger Ayam Didiagnosis?

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya tanpa obat-obatan? Jika merasa memiliki penyakit jengger ayam maka segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter dapat mendiagnosis kutil kelamin. Kutil kelamin biasanya dapat dnegan mudah didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter untuk memeriksa kutil. Dengan mikroskop untuk melakukan prosedur ini. Pada wanita juga harus melakukan pemeriksaan bagian dalam vagina dengan menggunakan spekulum. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Untuk info lebih lanjut bisa langsung hubungi kemi di Klinik Apollo.

apakah penyakit jengger ayam berbahaya

Inilah Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam Secara Umum

Jika tidak diobati, apakah penyakit jengger ayam berbahaya? Ada 2 jenis pengobatan utama untuk penyakit jengger ayam. Pengobatan topikal yang diterapkan langsung ke kutil. Ablasi fisik dimana jaringan kutil dihancurkan dengan menggunakan laser atau listrik. Setiap orang berbeda dalam merespon pengobatan untuk kutil kelamin.

Karena setiap orang akan berbeda-beda juga tingkat keparahannya. Pengobatan topikal cenderung bekerja lebih baik pada kutil yang lebih lunak dan ablasi fisik cenderung bekerja lebih baik pada kutil yang lebih keras dan lebih kasar. Terkadang kombinasi pengobatan topikal dan ablasi fisik dapat digunakan.

Apakah penyakit jengger ayam berbahaya jika dibiarkan? Melakukan pengobatan penyakit jengger ayam bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo dengan menghubungi kontak kami di 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya dengan menggunakan layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Karena melakukan pengobatan di klinik ini biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

× Apa yang dapat kami bantu?