Jenis Penyakit Kelamin Yang Ditandai Benjolan

jenis penyakit kelamin

Munculnya benjolan kemerahan pada area permukaan kulit bisa sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan banyak kekhawatiran, lalu apa saja jenis penyakit kelamin?. Entah berupa jerawat, bisul atau gejala penyakit serius lainnya. Ketika ada benjolan yang terasa di area penting seperti daerah intim, lalu kira-kira berbahaya tidak? Cari tahu informasi tersebut bersama kami di ulasan kali ini.

Baca juga: Ini Dia Macam-Macam Penyakit Menular Seksual

konsultasi

Apa Saja Jenis Penyakit Kelamin Yang Ditandai Benjolan?

Munculnya benjolan kemerahan di permukaan kulit menjadi sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan banyak kekhawatiran. Kemunculan benjolan pada area vagina dan sekitarnya bisa jadi karena jerawat. Ini bisa terjadi sebab beberapa hal, seperti rambut yang tidak tumbuh, adanya penumpukan bakteri, dan terserang inflamasi. Pada umumnya jerawat pada area intim ini muncul di bagian yang memang tempat tumbuhnya rambut atau pada garis bikini.

Selain karena bakteri, benjolan di area intim bisa muncul karena kesalahan mencukur atau wax rambut vagina yang biasa disebut dengan folikulitis. Ketika Anda mencoba mencukur rambut dengan menarik ke arah berlawanan tumbuhnya rambut. Hal tersebut membuat folikel terluka, terserang bakteri, sehingga sebabkan benjolan. Dari beberapa sumber mengatakan, Anda memerlukan krim atau obat antibiotic untuk menyembuhkan luka tersebut.

Salah satu benjolan yang umumnya dialami wanita pada bagian vagina adalah bartholin cyst atau kista. Letaknya pada luar vagina, tepat di kelenjar bartholin yang akan mengeluarkan lendir. Dari sebuah sumber mengatakan bahwa benjolan ini timbul karena kelenjar terkena infeksi atau terhadang dan menjadi semakin besar, kadang mempunyai isi berupa cairan bening. Kista akan menimbulkan rasa sakit, namun bisa disembuhkan dengan resep dokter.

konsultasi

jenis penyakit kelamin

Benjolan lain yang tidak berbahaya yakni sebaceous cyst atau kista sebaceous. Pada umumnya infeksi ini mempunyai warna putih, kadang muncul sendiri dan dalam jumlah yang banyak. Namun kista ini tidak akan menimbulkan rasa nyeri dan bisa menghilang dengan sendirinya. Apabila tidak kunjung menghilang dalam beberapa minggu, Anda bisa menemui dokter untuk konsultasikan masalah ini.

Benjolan pada area vagina ini bisa berupa kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV, salah satu infeksi menular seksual. Kutil kelamin akan terlihat dalam jumlah besar dan lebih dari satu. Namun pada umumnya, gangguan tersebut tidak akan membentuk benjolan ke permukaan kulit. Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, pergi ke dokter sesegera mungkin jauh lebih baik untuk menangani kondisi tersebut.

Jadi pada dasarnya, herpes genital memang jarang menimbulkan tanda dan gejala. Namun ketika terlihat, jenis penyakit kelamin tampak seperti benjolan yang cukup perih, menimbulkan lepuhan. Benjolan merupakan gejala dari herpes yang akan menimbulkan rasa nyeri tidak nyaman. Jika sudah seperti ini, segera temui dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Munculnya sebuah benjolan kecil di area intim bisa menjadi bentuk dari jenis penyakit kelamin, salah satunya yakni sipilis. Walau kadang tidak memunculkan tanda dan gejala, namun penyakit ini bisa menampakan diri seperti benjolan kecil atau luka terbuka tanpa rasa nyeri.

Benjolan kecil dan banyak berwarna putih atau pink seperti mutiara dengan lekukan di bagian tengan, boleh jadi ini yang dinamakan molluscum contagiosum. Benjolan yang muncul di area vulva ini disebabkan infeksi virus menular melalui pakaian, handuk atau kontak kulit secara langsung. Jadi pada umumnya akan segera sembuh dengan sendirinya dalam kurung waktu 18 bulan. Namun tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter dan meminta penanganan yang tepat.

Bagaimana Cara Atasi Infeksi Kelamin Wanita Dengan Aman

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua mengenai jenis penyakit kelamin, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo untuk mendapatkan penanganan yang tepat di 081233881616. Sekian mengenai jenis penyakit kelamin, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.