Inilah Tanda-Tanda Sipilis Pada Wanita

sipilis pada wanita

Sipilis pada wanita adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Kondom tidak selalu mencegah penyakit menular seksual (PMS). Sipilis dini dapat menyebabkan mulut atau ulkus genital (chancre). Ini adalah ciri khas yang pertama. Tahap lanjut sipilis dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, sakit kepala, sakit tenggorokan dan ruam kulit. Dan menyebabkan kerusakan jantung dan otak.

Tes atau pengujian darah skrining standar untuk sipilis dapat mendeteksi respons terhadap infeksi. Setiap tes atau pengujian positif harus dikonfirmasikan dengan tes atau pengujian khusus untuk organisme penyebab sipilis. Sipilis dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Pada wanita yang terinfeksi selama kehamilan dapat menularkan infeksinya ke janin melalui plasenta.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Sipilis?

PMS adalah infeksi yang dapat ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui semua jenis kontak seksual. Infeksi menular seksual (IMS) melibatkan transmisi organisme penyebab penyakit dari 1 orang ke orang lain selama aktifitas seksual. Sangat penting untuk menyadari bahwa kontak seksual mencakup lebih dari sekedar hubungan seksual (vagina dan anal). Kontak seksual termasuk ciuman, kontak oral ke genital dan penggunaan mainan seks (seks toys) seperti vibrator

Penyebab Umum Sipilis

Sipilis pada wanita adalah PMS yang telah ada selama berabad-abad dan disebabkan oleh organisme bakteri mikroskopis yang disebut Spirochete yaitu Treponema Pallidum. Spirochete adalah organisme cacing berbentuk spiral yang menggeliat dengan kuat ketika dilihat dibawah mikroskop. Bakteri ini dapat menginfeksi seseorang dengan menggali ke dalam lapisan mulut atau alat kelamin yang lembab dan tertutup mukosa. Spirochete menghasilkan ulkus klasik tanpa rasa sakit yang dikenal dengan chancre.

Baca Juga : Obat-Obatan Sipilis Yang Ampuh

konsultasi

Ciri-Ciri Sipilis Pada Wanita

Ada beberapa tahapan sipilis pada wanita bersamaan dengan tahap tidak aktif (tahap laten). Pembentukan chancre adalah tahap pertama. Chancre berkembang setiap saat dalam 10 hari hingga 90 hari setelah infeksi dengan waktu rata-rata 21 hari setelah infeksinya hingga gejala tahap pertama muncul. Sipilis sangat menular ketika ulkus muncul.

Infeksi dapat ditularkan dari kontak dengan borok yang penuh dengan Spirochete. Jika ulkus berada di luar vagina atau skrotum pria, kondom tidak dapat mencegah penularan infeksi melalui kontak. Demikian pula jika ulkus ada di mulut hanya dengan mencium seseorang yang terinfeksi dapat menyebarkan atau menularkan infeksinya.

Ulkus dapat sembuh tanpa pengobatan setelah 4 minggu hingga 6 minggu akan tetapi penyakit ini dapat kambuh setelah berbulan-bulan kemudian sebagai tahap sekunder jika tahap primer (pertama) tidak segera diobati. Pada kebanyakan wanita dengan infeksi awal dapat sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa adanya pengobatan.

Tahap sekunder adalah tahap penyakit sistemik yang berarti dapat melibatkan berbagai sistem organ tubuh. Pada tahap ini, penderitanya pada awalnya dapat mengalami banyak gejala yang berbeda, akan tetapi paling umum mengembangkan ruam kulit biasanya muncul di telapak tangan atau bagian bawah kaki yang tidak terasa gatal.

Terkadang ruam kulit tahap sekunder sangat sulit dikenali bahkan kemungkinan tidak diperhatikan dalam semua kasus. Tahap sekunder ini juga dapat meliputi kerontokan rambut, radang tenggorokan, bercak berwarna putih di hidung, mulut dan vagina, selain itu demam dan sakit kepala. Kemungkinan adanya luka pada alat kelamin yang terlihat seperti kutil kelamin akan tetapi disebabkan oleh Spirochete dan bukan kutil yang sebenarnya.

Luka ini serta ruam kulit sangat menular. Ruam dapat terjadi pada telapak tangan akibatnya infeksi dapat ditularkan melalui kontak biasa. Setelah tahap sekunder, beberapa penderitanya akan terus membawa infeksi dalam tubuh tanpa gejala. Dan ini akan disebut tahap infeksi laten. Dan dapat berkembang pada sebagian orang yang belum melakukan pengobatan dan dapat muncul dalam 10 tahun hingga 20 tahun setelah infeksi pertama kali didapat. Biasanya sipilis pada tahap laten tidak lagi menular. Tahap tersier juga merupakan tahap penyakit sistemik dan dapat menyebabkan berbagai masalah di seluruh tubuh termasuk:

• Tonjolan yang abnormal (tidak normal) pembuluh besar yang meninggalkan jantung (aorta) mengakibatkan masalah jantung.
• Pengembangan nodul besar (gumma) di berbagai organ tubuh.
• Infeksi otak menyebabkan stroke, kebingungan mental, meningitis (jenis infeksi otak), masalah dengan sensasi atau kelemahan (neurosifilis).
• Keterlibatan mata yang dapat menyebabkan kerusakan penglihatan.
• Keterlibatan telinga yang menyebakan ketulian. Kerusakan yang diderita oleh tubuh selama tahap tersier sipilis parah dan bahkan bisa berakibat fatal.

konsultasi

Bagaimana Sipilis Dilakukan Diagnosis?

Sipilis pada wanita dapat didiagnosis dengan mengikis pangkal ulkus dan dianalisis dibawah mikroskop khusus untuk Spirochete. Namun diagnosis biasanya ditentukan berdarsarkan penampilan chancre. Diagnosis sipilis pada wanita menjadi sulit karena organisme penyebabnya tidak dapat tumbuh di laboratorium. Oelh karena itu, kultur area yang terkena tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis.

sipilis pada wanita

Cara Tepat Mengobati Sipilis Pada Wanita

Bergantung pada tahapan penyakit dan manifestasi klinis pilihan pengobatan untuk sipilis bervariasi. Pengobatan intravena jangka panjang sangat efektif dalam mengobati sipilis tahap awal dan tahap akhir. Pengobatan neurosifilis membutuhkan pengobatan secara intravena. Wanita yang terinfeksi selama kehamialn dapat menularkan infeksi ke janin melalui plasenta.

Pengobatan untuk wanita hamil dengan sipilis dapat direkomendasikan pengobatan antibiotik lain. Karena pengobatan antibiotik lain terkadang tidak efektif dalam melintasi plasenta untuk mengobati janin yang terinfeksi. Jika tidak segera diobati, sipilis dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian pada bayi.

Untuk mengobati sipilis pada wanita harus dilakukan secara hati-hati. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Sipilis pada wanita tidak bisa dianggap enteng. Pengobatan dilakukan secara rutin dan efektif. Pengobatan di Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap penderitanya. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo dengan mempermudah menghubungi dapat melalui 081233881616 atau dibawah ini.

Baca Juga : Sipilis Pada Pria Apakah Bisa Diatasi Dengan Cepat?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.