Inilah Tanda Atau Ciri-Ciri Herpes Secara Umum

ciri-ciri herpes

Herpes adalah infeksi oleh virus. Ada banyak ciri-ciri herpes secara umum. Virus herpes mengarah pada pembentukan luka yang menyakitkan di area genital. Sebagian besar kasus herpes genital diseabkan oleh virus tipe 2, akan tetapi virus tipe 1 juga berkaitan erat yang biasanya menyebabkan luka dan terkadang juga terlibat.

Ke 2 virus adalah partikel yang berdiameter nanometer. Virus herpes menyerang sel-sel dan kemungkinan dapat tidak aktif selama bertahun-tahun dan tidak menyebabkan ciri-ciri herpes yang jelas. Namun infeksi herpes dapat diaktifkan kapan saja dan sering berulang (kambuh) selama hidupnya. Ciri-ciri herpes biasanya muncul hanya seketika virus herpes aktif. Meskipun virus itu sendiri tidak dapat dihilangkan, namun gejala infeksinya aktif seperti luka genital yang dapat diobati dengan pengobatan antivirus.

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes?

Herpes genital adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum dan disebabkan oleh virus yang dapat menginfeksi area genital. Virus herpes adalah penyebab herpes genital. Herpes genital menyebabkan luka dalam bentuk lepuhan atau sekelompok bisul yang kecil (luka yang terbuka) disekitar alat kelamin pada pria dan wanita.

Tidak ada pengobatan untuk herpes genital, akan tetapi pengobatan dapat digunakan untuk setiap kali meminimalkan gejalanya dan untuk mengurangi kekambuhan. Herpes genital sangat menular. Penularan dapat terjadi tanpa memiliki gejala infeksi yang aktif. Tanda-tanda herpes genital berkembang dalam 3 hari hingga 7 hari setelah kontak dengan orang yang terinfeksi. Pada kebanyakan orang dengan herpes genital mengalami gejala berulang (kekambuhan).

konsultasi

Penyebab Utama Herpes Adalah

Herpes genital disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Ada 2 jenis yaitu HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Sebagian besar infeksi herpes genital disebabkan oleh HSV tipe 2. HSV tipe 1 adalah penyebab biasa dari apa yang diperoleh oleh kebanyakan orang seperti lepuhan dan demam didalam dan disekitar mulut dan dapat ditularkan dari orang ke orang melalui ciuman.

HSV tipe 1 dapat menyebabkan infeksi herpes genital melalui kontak seksual seperti oral. Luka genital yang disebabkan oleh ke 2 virus terlihat sama. Herpes genital menyebar atau menular melalui kontak secara langsung dengan seseorang yang terinfeksi. Hubungan seksual dan seks oral adalah metode paling umum untuk menyebarkan atau menularkan herpes genital.

Namun segala jenis kontak kulit ke kulit mampu menyebarkan atau menularkan herpes. Meskipun dapat menyebarkan atau menularkan penyakit ini, penularan dari pria yang terinfeksi ke pasangan wanita lebih umum daripada penyebaran atau penularan dari wanita yang terinfeksi ke pasangan pria nya.

konsultasi

Kenali Setiap Ciri-Ciri Herpes

Ciri-ciri herpes dan tanda awal herpes genital cenderung berkembang dalam 3 hari hingga 7 hari setelah kontak kulit dengan seseorang yang terinfeksi. Periode ini dikenal dengan periode inkubasi. Infeksi herpes genital terlihat seperti ruam yang terdiri dari lepuhan yang kecil atau bisul (area kulit yang rusak) pada alat kelamin.

Setiap luka atau borok biasanya kecil dan lepuhan atau borok menjadi kecenderungan. Biasanya lepuhan terbentuk saat pertama kali mengalami infeksi ini. Setelah itu terbuka dan membentuk bisul. Infeksi herpes kemungkinan tidak terasa nyeri atau bisa juga sedikit nyeri. Namun pada beberapa orang, lepuhan atau bisul bisa sangat lunak dan sangat menyakitkan. Seseorang yang menderita herpes biasanya hanya memiliki ciri-ciri herpes yang ringan atau tanpa adanya ciri-ciri herpes sama sekali. Paparan herpes yang pertama biasanya seperti:

• Kulit didekat organ seks menjadi meradang. Kulit kemungkinan seperti terbakar, terasa gatal atau terasa sakit.
• Lukanya muncil didekat organ seks.
• Lukanya terbuka, keropeng dan bisa sembuh.

Ciri-ciri herpes yang kemungkinan muncul saat virus pertama kali muncul dapat meliuputi:

• Kelenjar membengkak.
• Demam.
• Sakit kepala.
• Terbakar saat kencing.
• Nyeri otot.

Ciri-ciri herpes yang pertama dapat berlangsung selama beberapa minggu. Setelah gejalanya muncul, virusnya akan mundur ke sistem saraf dimana tidak akan aktif (laten) hingga sesuatu dapat memicunya untuk menjadi virus yang aktif kembali (kekambuhan).

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Herpes?

Dokter merekomendasikan pengobatan berdasarkan penampilan luka jika lukanya terbuka secara khas. Dokter juga dapat mengambil swab dari luka dan menganalisnya di laboratorium untuk melihat adanya virus. Sejumlah jenis tes atau pengujian dapat dilakukan untuk mengetahui diagnosisnya untuk mengetahui virusnya.

Tes atau pengujian untuk menunjukkan materi genetik virus dan tes atau pengujian dengan menggunakan antibodi terhadap HSV genital untuk menunjukkan keberadaan virus dalam spesimen klinis. Jenis-jenis tes atau pengujian ini umumnya memerlukan beberapa hari agar hasilnya dapat diperoleh. Dalam beberapa kasus, tes atau pengujian darah untuk mengkonfirmasi keberadaan respon imun terhadap virus herpes dapat dilakukan.

ciri-ciri herpes

Cara Umum Mengobati Herpes

Pengobatan dengan obat-obatan efektif dalam memperpendek gejala awal infeksi, untuk menurunkan kemungkinan infeksi yang akan kambuh kembali dan untuk membuat gejalanya tidak semakin parah. Pengobatan antivirus untuk pengobatan infeksi herpes genital, pengobatan antiviru ini bervariasi dan harus efektif.

Semua pengobatan harus diselesaikan. Terapi dapat dilakukan jika lukanya belum sembuh dalam waktu 10 hari. Pengobatan untuk mencegah gejala herpes genital di kemudian hari, seseorang dengan infeksi berulang (kekambuhan) juga dapat menggunakan pengobatan antivirus.

Untuk pencegahan berkelanjutan, seseorang yang sering mengalami gejala (umumnya lebih dari banyak kekambuhan setiap tahunnya) dapat mengendalikan gejala dengan melakukan pengobatan setiap harinya. Terapi supresif juga dapat disarankan. Akan tetapi terapi supresif telah terbukti dapat mengurangi frekuensi kekambuhan herpes genital pada seseorang yang sering mengalami kekambuhan dan pada kebanyakan orang yang menggunakan terapi ini tidak adanya gejala asimtomatik.

Untuk lebih jelas mengenai pengobatan herpes ini lakukan secara langsung di Klinik Apollo. Dengan cara menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan melakukan konsultasi secara online seperti dibawah ini. Dokter akan menyarankan pengobatan terbaik dengan bantuan peralatan medis yang canggih dan modern.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.