Inilah Salah Satu Ciri Ciri Penyakit Herpes Secara Umum

ciri ciri penyakit herpes

Penyakit herpes adalah infeksi umum yang disebabkan oleh virus. Ciri ciri penyakit herpes menyebabkan lepuhan yang menyakitkan pada alat kelamin dan area sekitarnya. Karena penyakit herpes dapat ditularkan pada orang lain melalui kontak seksual intim dan sering disebut dengan infeksi menular seksual (IMS).

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Herpes?

Penyakit herpes dapat mempengaruhi selaput lendir (lapisan lembab) seperti yang ditemukan di mulut (luka). Penyakit herpes adalah kondisi yang kronis (jangka panjang). Virus tetap ada di tubuh dan bisa menjadi aktif kembali. Tingkat kekambuhan rata-rata adalah 4 kali hingga 5 kali dalam 2 tahun pertama setelah terinfeksi. Namun dari waktu ke waktu cenderung menjadi lebih jarang aktif dan setiap gejala menjadi kurang parah.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Herpes?

Penyakit herpes disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Virus ini sangat menular dan menyebar atau menular dari 1 orang ke orang lain melalui kontak kulit ke kulit seperti selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Ada 2 jenis HSV yaitu tipe 1 dan tipe 2. Penyakit herpes disebabkan oleh HSV tipe 1 dan tipe 2.

Setiap kali HSV dipermukaan kulit, maka dapat diteruskan atau ditularkan ke pasangan. Virus ini mudah melewati kulit lembab yang melapisi alat kelamin, mulut dan anus (celah area kotoran meninggalkan tubuh). Dalam beberapa kasus, infeksi juga dapat terjadi pada saat melakukan kontak dengan bagian tubuh lain yang dapat terkena HSV seperti mata dan kulit.

Misalnya dapat tertular penyakit herpes jika melakukan hubungan seks oral dengan seseorang yang menderita sakit flu. Sakit dengan luka yang mirip dengan lepuhan di sekitar mulut yang juga disebabkan oleh HSV. Penyakit herpes biasanya tidak dapat ditularkan melalui benda-benda seperti handuk, peralatan makan karena virus mati sangat cepat ketika jauh dari kulit.

Namun dapat terinfeksi dengan berbagi mainan seks (seks toys) dengan seseorang yang memiliki virus. Penyakit herpes sangat mudah ditularkan ketika seseorang terinfeksi memiliki lepuhan atau luka. Namun dapat ditularkan kapan saja, bahkan ketika seseorang tidak memiliki gejala sama sekali. Setelah terinfeksi HSV, infeksi ini dapat diaktifkan kembali sesering mungkin untuk menyebabkan episode baru penyakit herpes dan dikenal dengan kekambuhan.

Baca Juga : Cara Tepat Pengobatan Herpes Di Kalangan Remaja

konsultasi

Tanda Atau Ciri Ciri Penyakit Herpes Secara Umum

Pada kebanyakan orang dengan HSV tidak mengalami gejala penyakit herpes saat terinfeksi pertama kali. Akibatnya pada kebanyakan orang tidak mengetahui saat memiliki kondisi tersebut. Ciri ciri penyakit herpes kemungkinan tidak muncul hingga berbulan-bulan atau terkadang bertahun-tahun setelah terkena virus. Jika mengalami ciri ciri penyakit herpes saat pertama kali terinfeksi, biasanya muncul dalam 4 hari hingga 7 hari setelah terpapar virus. Ciri ciri penyakit herpes biasanya lebih parah pada pertama kali daripada kasus infeksi berulang (kekambuhan).

1. Infeksi Primer
Ciri ciri penyakit herpes untuk pertama kalinya dapat meliputi:

• Lepuhan yang kecil yang pecah meninggalkan luka berwarna merah, terbuka di sekitar alat kelamin, dubur, paha dan bokong.
• Lepuhan dan bisul pada serviks (leher rahim) pada wanita.
• Keputihan pada wanita.
• Rasa sakit saat kencing.
• Perasaan tidak sehat secara umum dengan nyeri atau gejala seperti flu.

Ciri ciri penyakit herpes ini dapat berlangsung hingga 20 hari. Namun luka pada akhirnya akan berkeropeng dan sembuh tanpa jaringan parut.

2. Infeksi Berulang (Kekambuhan)
Meskipun ciri ciri penyakit herpes awal sembuh, virus tetap tidak aktif di saraf terdekat. Virus dapat diaktifkan kembali dari waktu ke waktu, melakukan perjalanan kembali ke saraf ke kulit dan menyebabkan gejala berulang (kekambuhan). Ciri ciri penyakit herpes berulang (kekambuhan) dapat meliputi:

• Sensasi kesemutan, terbakar atau terasa gatal di sekitar alat kelamin terkadang di kaki sebelum lepuhan muncul.
• Lepuhan berwarna merah yang menyakitkan yang pecah untuk meninggalkan luka di sekitar alat kelamin, dubur, paha dan bokong.
• Lepuhan dan bisul pada serviks (leher rahim) pada wanita.

Gejala penyakit herpes berulang biasanya lebih pendek dan tidak terlalu parah. Karena tubuh telah menghasilkan antibodi pelindung (protein yang melawan infeksi) sebagai reaksi terhadap infeksi sebelumnya. Tubuh mengenai virus dan memasang respons yang mampu melawan HSV dengan lebih efektif.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Herpes Didiagnosis?

Penyakit herpes dapat didiagnosis dengan lebih mudah dan lebih akurat ketika infeksinya masih aktif, oleh karena itu harus melakukan pengobatan sesegera mungkin setelah mengembangkan gejalanya. Biasanya dokter menyarankan beberapa tes atau pengujian setelah melakukan konsultasi dan pemeriksaan secara keseluruhan.

ciri ciri penyakit herpes

Cara Tepat Obati Penyakit Herpes

Meskipun tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes, namun gejalanya biasanya dapat dikontrol menggunakan pengobatan antivirus. Untuk mencegah penyebaran atau penularan penyakit herpes dengan menghindari hubungan seksual hingga gejalanya hilang dan terus menggunakan kondom. Pengobatan untuk penyakit herpes tergantung pada infeksi yang dimiliki.

Jika menderita penyakit herpes untuk pertama kalinya, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter biasanya meresepkan pengobatan antivirus untuk jangka waktu 5 hari. Pengobatan bekerja dengan mencegah penggandaan HSV. Namun tidak sepenuhnya menghilangkan virus dari tubuh dan tidak memiliki efek apapun setelah berhenti mengobatinya.

Pengobatan antivirus lain dapat digunakan untuk mengobati penyakit herpes. Lebih jelasnya lakukan pengobatan di Klinik Apollo. Hubungi kami segera di nomor 081233881616 atau bisa juga dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini. Selalu percayakan pengobatan Anda di Klinik Apollo. Sudah banyak penderitanya yang melakukan pengobatan dan hasilnya sembuh.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.