Inilah Ciri Ciri Penyakit Jengger Ayam Yang Umum

ciri penyakit jengger ayam

Ada beberapa tanda dan ciri penyakit jengger ayam atau kutil kelamin yang harus diketahui. Diantaranya adalah adanya pertumbuhan atau benjolan tanpa rasa sakit di sekitar vagina, penis atau anus. Terasa gatal atau perdarahan dari alat kelamin atau anus. Perubahan aliran kencing yang normal ke samping.

Pasangan seksual yang memiliki penyakit jengger ayam atau kutil kelamin bahkan jika tidak adanya gejala. Tumbuhkan kutil kelamin. Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum dan ditularkan melalui vagina, anal dan oral. Dengan dilakukan pengobatan dapat meringankan setiap tanda atau ciri penyakit jengger ayam ini.

Apa Itu Penyakit Jengger Ayam?

Penyakit jengger ayam adalah pertumbuhan lunak yang muncul pada alat kelamin. Ini adalah PMS yang disebabka oleh strain virus tertentu. Penyakit jengger ayam dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan rasa gatal-gatal. Virus ini adalah virus yang paling umum dari semua PMS. Pria dan wanita yang aktif secara seksual akan rentan terhadap komplikasi virus termasuk kutil kelamin. Infeksi virus ini sangat berbahaya pada wanita karena beberapa jenis virus ini juga dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim) dan kanker vulva. Dengan dilakukan pengobatan adalah salah 1 cara mengelola infeksi ini.

konsultasi

Penyebab Penyakit Jengger Ayam Adalah

Sebagian besar kasus penyakit jengger ayam atau kutil kelamin disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada 30 jenis hingga 40 jenis HPV yang secara spesifik mempengaruhi alat kelamin. Akan tetapi hanya ada beberapa diantaranya yang dapat menyebabkan penyakit jengger ayam atau kutil kelamin.

HPV sangat mudah ditularkan melalui kontak kulit karena dianggap sebagai IMS. Virus tidak selalu menyebabkan komplikasi kutil kelamin. Bahkan dalam kebanyakan kasus, virus hilang dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah pada kesehatan. Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin biasanya disebabkan oleh strain HPV yang berbeda dari strain yang menyebabkan kutil ditangan atau di bagian tubuh yang lainnya. Kutil tidak dapat menyebar atau menular dari tangan ke alat kelamin dan sebaliknya.

Apa Saja Ciri Ciri Penyakit Jengger Ayam?

Kutil kelamin ditularkan melalui aktifitas seksual termasuk seks oral, seks vaginal dan seks anal. Awalnya tidak langsung berkembang selama beberapa minggu atau beberapa bulan setelah infeksi. Tanda dan ciri penyakit jengger ayam ini tidak selalu bisa dilihat oleh pandangan. Kemungkinan bentuk atau ciri penyakit jengger ayam ini sangat kecil dan berwarna seperti kulit atau sedikit lebih gelap.

Bagian atas pertumbuhannya kemungkinan menyerupai bunga kol dan kemungkinan terasa halus atau sedikit bergelombang saat disentuh. Kemungkinan juga muncul sebagai sekelompok kutil atau hanya kutil tunggal. Tanda dan ciri penyakit jengger ayam pada pria dapat muncul pada area penis, skrotum, paha, di dalam atau di sekitar anus.

Sedangkan tanda dan ciri penyakit jengger ayam pada wanita dapat muncul didalam vagina atau anus, di luar vagina atau anus dan di serviks (leher rahim). Penyakit jengger ayam juga dapat muncul di bibir, di mulut, di lidah atau di tenggorokan seseorang yang telah melakukan kontak seksual oral dengan penderita HPV. Bahkan jika tidak dapat terlihat kutilnya, namun masih dapat menyebabkan tanda dan ciri penyakit jengger ayam seperti keputihan atau cairan berwarna putih, terasa gatal, berdarah dan terasa terbakar. Jika kutil kelamin menyebar atau menular dan membesar, kondisinya bisa mengakibatkan ketidaknyamanan atau bahkan sangat menyakitkan.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Jengger Ayam Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter menanyakan mengenai riwayat kesehatan dan riwayat seksual. Termasuk tanda dan gejala yang pernah dialami setipa kalinya melakukan hubungan seksual termasuk seks oral tanpa kondom atau tanpa bendungan oral. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik pada area manapun yang dicurigai terjadinya kutil kelamin.

ciri penyakit jengger ayam

Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam Yang Parah

Sementara kutil kelamin yang terlihat seirng hilang seiring waktu. HPV ini dapat bertahan di sel-sel kulit yang berarti memiliki beberapa gejala selama hidupnya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengelola gejalanya untuk menghindari penularan virus pada orang lain. Kutil kelain dapat ditularkan pada orang lain bahkan ketika tidak adanya kutil yang terlihat atau dengan gejala lainnya.

Pengobatan kutil kelamin ini untuk menghilangkan gejala yang sangat menyakitkan atau untuk meminimalkan penampilan pada kutil kelamin ini. Jika kutil yang terlihat tidak hilang seiring waktu, kemungkinan harus melakukan operasi kecil untuk menghilangkannya. Pengobatan kutil kelamin untuk menghilangkannya dapat melalui:

• Electrocautery atau dengan cara membakar kutil.
• Cryosurgery atau dengan cara membekukan kutil.
• Pengobatan laser.
• Eksisi atau dengan cara memotong kutil.
• Pengobatan intravena lainnya.

Jika seorang wanita memiliki kutil kelamin, kemungkinan harus melakukan tes atau pengujian Pap setiap 3 bulang hingga 6 bulan setelah pengobatan awal. Untuk lebih memantau setiap perubahan pada serviks (leher rahim). Strain HPV yang menyebabkan kutil kelamin dianggap berisiko rendah untuk berkembang menjadi kanker.

Namun dapat memiliki jenis HPV lain, beberapa diantaranya dapat meningkatkan risiko kanker. Untuk menjauhkan dari beberapa risiko yang tidak diinginkan terjadi. Ada baiknya lakukan konsultasi dan pemeriksana dengan dokter di Klinik Apollo. Atau bisa dengan menghubungi kami di kontak nomor 081233881616 , bisa juga dengan layanan medis dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.