Ini Dia Macam-Macam Penyakit Menular Seksual

 penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa terjadi karena hubungan seksual yang tidak aman, seks bebas, atau sering berganti-ganti pasangan. IMS bisa dialami oleh kalangan yang melakukan kontak secara langsung dengan penderita, tergantung jenis penyakit dan virus yang diderita oleh pasien. Berikut akan kami uraikan mengenai penyakit menular seksual secara singkat dan jelas untuk kalian semua.

Baca juga: Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?

konsultasi

Apa Saja Macam Macam Penyakit Menular Seksual

 

1.Klamidia

Infeksi menular seksual jenis satu ini akan menyerang tenggorokan, mata hingga anus penderitanya. Namun pada umumnya penularan virus penyakit ini disebabkan oleh hubungan seksual melalui dubur, penderita tidak menggunakan pengaman ketika berhubungan seksual, sperma yang mengenai mata atau tertelan ini yang menyebabkan klamidia di tenggorokan atau mata.

Apabila tidak segera memperoleh penanganan, bisa menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang seperti kemandulan, diagnosis klamidia dilakukan dengan tes urin atau menyeka cairan di area yang terinfeksi, lalu pasien akan diberikan perawatan menggunakan antibiotic.

2.Infeksi menular seksual kutil kelamin

Penyakit satu ini menyerang area kelamin dan anus, yang disebabkan oleh timbulnya virus HPV. Jadi kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, namun Anda akan memperoleh rasa gatal di area kemaluan. Kadang masalah ini juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan. Virus HPV tidak hanya menular melalui hubungan seksual, namun bisa menyebar melalui kontak kulit.

Selain masalah kutil kelamin, virus HPV juga bisa menyebabkan kanker serviks, apabila Anda mengalami gejala penyakit menular seksual tersebut, segera hubungi dokter agar bisa memperoleh perawatan sejenis krim. Hindari berhubungan seksual apabila Anda sedang terinfeksi kutil kelamin.

konsultasi

 penyakit menular seksual

3.Herpes genital

Penyakit jenis ini disebabkan oleh virus herpes simplex. Gejalanya bisa terlihat apabila area kemaluan terdapat benjolan yang melepuh dan terasa nyeri. Gatal di area genital serta rasa sakit ketika kencing merupakan salah satu tandanya.

4.Sifilis atau raja singa

Sifilis atau raja singa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Gejala penyakit tersebut mempunyai beberapa tahap setelah adanya infeksi penyakit menular seksual. Tahap pertama, Anda tidak akan mengalami rasa sakit. Kemudian mulai terasa nyeri di area mulut atau kemaluan. Rasa sakitnya bisa bertahan sampai beberapa minggu sebelum akhirnya menghilang. Tahapan ini akan menimbulkan gejala fisik seperti ruam, flu, dan rambut rontok.

Pada tahap akhir biasanya terjadi setelah beberapa tahun adanya infeksi, dan kondisi tersebut semakin parah. Infeksi menular seksual akan memunculkan berbagai komplikasi penyakit jenis lainnya seperti kebutaan, jantung sampai kelumpuhan. Dengan memeriksakan sejak dini ketika gejala sifilis berada di tahap awal, maka penyakit bisa dicegah.

5.HIV

Virus jenis HIV bisa menular melalui hubungan seksual tanpa pengaman. Selain itu, penyakit bisa tersebar melalui kontak dengan darah yang sedang terinfeksi, contohnya jarum suntik. Virus penyebab infeksi penyakit menular seksual akan menyerang sistem kekebalan tubuh hingga membuatnya menjadi semakin lemah. Hal ini yang akan menyebabkan penderita lebih rentan terserang infeksi dan penyakit lain, sebab sistem imun yang melemah.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum tahu bahwa HIV merupakan penyakit yang tidak ada obatnya, namun dunia medis sudah mengembangkan metode perawatan yang dapat membuat pengidap HIV dapat bertahan lebih lama dan mempunyai kehidupan normal seperti manusia pada umumnya. Aids merupakan tahap akhir dari infeksi HIV yang membuat tubuh penderitanya tidak mampu menahan virus mematikan jenis apapun.

Kami Klinik Apollo akan membantu menangani semua masalah pasien secara profesional dan ditangani langsung oleh dokter yang ahli dalam bidangnya. Lakukan reservasi sekarang juga di nomor 081233881616. Demikian mengenai penyakit menular seksual, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.