Infeksi HPV Untuk Pria Dan Wanita

Seberapa Anda tahu tentang infeksi HPV (human papilloma virus) selain menyebabkan penyakit menular seksual (PMS) seperti kutil kelamin? Ada banyak jenis HPV, dan beberapa jenisnya dapat menyebabkan maslaah kesehatan termasuk kutil kelamin dan kanker. Dalam pembahasan artikel mengenai HPV yang terjadi untuk pria dan wanita mungkin akan memiliki sedikit perbedaan, dan ini adalah bagian dari infomasi kesehatan yang harus Anda ketahui.

Transmisi Atau Penyebaran HPV

Transmisi yang menyebabkan penyebaran HPV terjadi adalah melalui kontak kulit ke kulit yang kebanyakan terjadi dengan adanya kontak seksual langsung (vaginal, anal, maupun oral). Namun Anda juga bisa mendapatkannya tanpa diperlukan kontak seksual untuk penularannya. Sistem kekebalan tubuh yang rentan atau lemah juga bisa meningkatkan risiko HPV masuk kedalam tubuh seseorang. Tidak jarang jika orang-orang yang terinfeksi virus tersebut tidak menunjukan gejala signifikan, sehingga tidak memungkinkan untuk dapat menyadari kondisinya.

konsultasi

HPV Untuk Pria

Setiap jenis HPV akan diberikan nomor identifikasi guna memastikan kategori disetiap infeksinya, apakah sebagai HPV risiko tinggi atau risiko rendah. Jika seorang pria memiliki infeksi HPV, Anda mungkin harus mulai memperhatikan gejala-gejala yang dapat timbul pada area:

o Penis
o Skrotum
o Anus atau dubur
o Tenggorokan

Jika Anda melihat adanya perubahan abnormal di area ini, mengunjungi dokter atau layanan kesehatan khusus dapat menjadi pilihan untuk evaluasi kondisi yang Anda alami lebih lanjut. Sebagian besar orang mungkin tanoa sadar dapat menularkan virusnya kepada pasangan mereka karena ketidaktahuan tentang kondisi dan status infeksinya sendiri.

konsultasi

HPV Untuk Wanita

Sebagian besar kasus infeksi HPV mungkin akan lebih dialami atau ditemukan pada wanita dibandingkan pada pria. Jika seorang wanita memiliki diagnosa HPV, ini mungkin dapat menimbulkan gejala yang lebih samar karena terkadang mereka mungkin dapat menimbulkan gejala pada area organ bagian dalam hingga tidak dapat diidentisikasi secara jelas.

Karena HPV pada wanita juga memiliki keterkaitan dengan kondisi kanker serviks selain sebagai penyebab adanya penyakit kutil kelamin yang paling umum. Kondisi tersebut juga yang menjadikannya sebagai salah satu masalah kesehatan serius yang cukup kompleks bagi seorang wanita. Sehingga hal tersebut juga yang menjadikannya sebagai salah satu pembeda saat seorang pria dan wanita mengalami infeksi HPV.

penyakit menular seksual

Bahaya Infeksi HPV Pada Tubuh

Meskipun strain HPV yang menyebabkan kutil kelamin tidak sama dengan yang menyebabkan kanker, akan tetapi kondisinya dapat mengalami perubahan atau pemicu adanya pertumbuhan abnormal pada tubuh Anda. Pada jenis HPV yang berisiko tinggi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius selain penyakit kutil kelamin misalnya adalah:

o Kanker serviks (mulut rahim)
o Kanker genital (kanker vagina, kanker penis, atau kanker anus)
o Kanker oropharyngeal (kanker dibelakang tenggorokan)
o Papillomatosis pernapasan berulang (kutil yang tumbuh pada saluran pernapasan)

Setiap orang yang memiliki kontak seksual secara aktif tentu dapat termasuk dalam kondisi berisiko atau lebih cenderung untuk memiliki kesempatan infeksi HPV yang lebih tinggi dibanding lainnya. Meski setiap infeksi virus tidak dapat disebuhkan secara total, HPV yang ada ditubuh Anda dapat diobati atau ditangani dengan tepat guna menghindari adanya kemungkinan bahaya yang ditimbulkan.

konsultasi

Perawatan Dan Pengobatan Di Klinik Apollo

Pengobatan yang Anda lakukan bertujuan untuk menekan setiap perkembangan dari adanya virus didalam tubuh. Yang mana pertumbuhan dari virus yang dibiarkan dalam jangka lama tanpa adanya pengobatan dapat berisiko dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Klinik Apollo hadir untuk memberikan layanan kesehatan secara terpadu bagi Anda yang memiliki keluhan khusus.

Karena setiap perawatan atau pengobatan yang di klinik kami juga tidak hanya terfokus pada masalah gejala yang timbul, tetapi juga mengurangi efek penyebab dari keluhan tersebut. Saat ini Anda juga bisa langsung berkonsultasi secara aman dan leluasa dengan dokter dan tenaga medis profesional kami melalui layanan chatdokter atau 081233881616 teledokter tanpa biaya. Klik link untuk informasi lebih lanjut!

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.