Gonore Sangat Berbahaya Jika Tidak Segera Diobati

gonore

Gonore yaitu infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini adalah salah 1 penyakit menular seksual (PMS) tertua yang diketahui dan disebabkan oleh bakteri. Pria dengan penyakit ini kemungkinan memiliki cairan yang berwarna kekuningan dari penis yang disertai dengan rasa gatal dan seperti terbakar.

Sebagian wanita dengan penyakit ini tidak memiliki gejala apapun. Jika gejalanya muncul, kemungkinan termasuk seperti terbakar atau sering kencing, keputihan yang berwarna kuning, kemerahan dan pembengkakan pada alat kelamin serta rasa terbakar atau rasa gatal dari area vagina.

Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyebabkan infeksi panggul (pelvic) yang parah dan bahkan kemandulan. Komplikasi dalam kehidupan selanjutnya dapat mencakup peradangan pada katup jantung, radang sendi dan infeksi mata. Penyakit ini juga dapat menyebabkan infeksi mata pada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi. Penyakit ini dapat diobati dengan pengoatan antibiotik.

konsultasi

Fakta-Fakta Mengenai Gonore

Gonore adalah infeksi yang menyebar atau menular melalui kontak seksual. Pada pria, paling sering menginfeksi uretra. Pada wanita, biasanya menginfeksi uretra, serviks (leher rahim) atau ke 2 nya. Ini juga dapat menginfeksi rektum, anus, tenggorokan dan organ panggul (pelvic). Dalam kasus yang sangat jarang sekali terjadi dapat menginfeksi mata.

Penyakit ini tidak menyebabkan masalah jika mengobatinya sesegera mungkin. Akan tetapi jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah serius. Bagi wanita, penyakit yang tidak diobati dapat pindah ke rahim, saluran tuba dan ovarium. Ini dapat menyebabkan jaringan parut yang menyakitkan dan peradangan yang dikenal dengan penyakit radang panggul (PID). PID dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan serta kehamilan ektopik.

Apakan Bisa Diketahui Penyebabnya?

Jenis bakteri tertentu menyebabkan gonore yaitu Neisseria Gonorrhoeae. Penyakit ini adalah infeksi menular seksual (IMS) dapat menyebar atau menular dari 1 pasangan seksual ke pasangan seksual yang lainnya selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Wanita yang sedang hamil dapat menularkan infeksinya pada bayinya saat melahirkan.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Gonorrhea Lebih Jauh

konsultasi

Gejala Gonore Yang Kemungkinan Terjadi

Pada kebanyakan orang yang tidak memiliki gejala dapat menularkan penyakit ini ke pasangan seksualnya tanpa menyadarinya. Jika gejalanya ada kemungkinan dapat termasuk:

• Nyeri saat kencing.
• Keputihan yang tidak normal (abnormal) dari penis atau vagina.

Infeksi penyakit yang ditenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan akan tetapi biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala pada pria biasanya lebih mudah diperhatikan daripada gejala pada wanita. Akan tetapi beberapa pria memiliki gejala yang ringan atau tanpa adanya gejala. Pada wanita gejala awal kemungkinan sangat ringan sehingga sering keliru untuk infeksi kandung kemih atau infeksi vagina.

Ketika infeksi yang tidak segera diobati pindah ke organ panggul (pelvic) wanita, gejalanya dapat berupa nyeri perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seksual, perdarahan vagina dan demam. Paparan penyakit ini biasanya dalam 2 hari hingga 5 hari. Akan tetapi kemungkinan memerlukan waktu 30 hari sebelum gejalanya muncul.

konsultasi

Haruskan Dilakukan Diagnosis Terlebih Dahulu?

Dokter menanyakan mengenai riwayat kesehatan dan riwayat seksual seperti banyaknya pasangan seksual yang dimiliki. Selain itu juga melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda infeksi. Urine atau cairan dari area yang terinfeksi akan dilakukan tes atau pengujian untuk penyakit ini. Selain itu juga dilakukan tes atau pengujian untuk IMS lainnya secara bersamaan. Tes atau pengujian dapat dilakukan dengan tes pap. Jika diketahui menderita penyakit ini, pastikan pasangan seksual Anda juga melakukan pengobatan.

gonore

Penanganan Ampuh Untuk Gonore Menular

Pengobatan antibiotik digunakan untuk mengobati gonore. Sangat penting untuk menyelesaikan semua pengobatan antibiotik sesuai resep dan petunjuk dokter. Ke 2 pasangan seksual juga membutuhkan pengobatan agar tidak terjadi infeksi berulang-ulang (kekambuhan). Mendapatkan pengobatan sesegera mungkin dapat membantu mencegah penyebaran atau penularan infeksi dan dapat menurunkan risiko untuk masalah lain seperti penyakit radang panggul (PID).

Pada kebanyakan orang yang menderita penyakit ini juga dapat menderita klamidia yaitu IMS lain. Jika menderita ke 2 penyakit ini, maka harus mendapatkan pengobatan untuk ke 2 infeksi tersebut. Hindari semua kontak seksual saat melakukan pengobatan karena IMS. Jika pengobatan adalah dosis tunggal, maka tidak boleh melakukan kontak seksual selama 7 hari setelah pengobatan sehingga pengobatan dapat berkerja dengan baik.

Memiliki infeksi penyakit ini yang disembuhkan tidak melindungi dari penularan kembali. Jika pasangan seksual Anda juga tidak melakukan pengobatan. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Ditangani secara langsung oleh dokter yang bersangkutan dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Hubungi kami di nomor 081233881616 ata dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.