Gejala Dan Cara Mengobati Sipilis

cara mengobati sipilis

Jadi sipilis dikenal sebagai salah satu penyakit menular seksual yang dapat menyerang kalangan pria dan wanita, lalu bagaimana cara mengobati sipilis?. Dalam dunia medis sipilis dikenal dengan raja singa, gejala pada penyakit ini mudah berkembang hingga 5 tahapan. Agar terhindar kami berikan beberapa uraian yang bisa Anda pahami.

Baca juga: Kenali Beberapa Ciri-Ciri Penyakit Raja Singa

konsultasi

Bagaimana Gejala Dan Cara Mengobati Sipilis

Gejala pada sifilis primer

Gejala pada kondisi tersebut umumnya muncul luka setelah kurang lebih 20 sampai 90 hari bakteri masuk dalam tubuh penderita. Pemulihannya yakni memakan waktu hingga 6 minggu lamanya.

Gejala pada sifilis sekunder

Sifilis sekunder terjadi beberapa minggu setelah luka penderita menghilang, dengan ruam yang ada di bagian tubuh, khususnya di telapak kaki dan tangan. Gejala lainnya mirip seperti rasa lelah, sakit kepala, penyakit flu, nyeri di bagian persendian, dan demam. Segera lakukan cara mengobati sipilis sekunder dengan tepat, agar infeksi tidak berlanjut pada tahap berikutnya.

Gejala pada sifilis laten

Sifilis laten terjadi dan tidak akan menimbulkan gejala, namun pada 12 bulan pertama, infeksi bahkan masih bisa ditularkan. Apabila Anda tidak menjalankan cara mengobati sipilis laten, maka virus akan berubah menjadi tersier.

Gejala pada sifilis tersier

Sifilis tersier merupakan fase yang paling berbahaya. Bagian tubuh Anda akan dimasuki bakteri yang akan mempengaruhi gejala yang dialami. Pada fase ini akan berdampak pada otak, jantung, mata, pembuluh darah, hati, persendian, dan tulang. Sehingga penderita akan mengalami penyakit stroke, penyakit jantung, kebutaan, akibat infeksi menular seksual tersebut.

Gejala pada sifilis kongenital

Pada kalangan wanita hamil yang alami sifilis, bisa menularkan infeksi kepada janinnya. Mengurangi resiko pada ibu hamil bisa diobati sebelum masa kehamilan mencapai 4 bulan. Jika tidak segera ditangani, maka ibu hamil akan memperoleh komplikasi. Seperti bayi yang keguguran, lahir prematur, bayi lahir dengan infeksi sifilis, hingga bayi meninggal tidak lama setelah dilahirkan.

konsultasi

cara mengobati sipilis

Penyebab Infeksi Penyakit Sifilis

Sifilis merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dengan nama treponema pallidum yang mudah menular. Penyebaran penyakit ini pada umumnya melalui hubungan seksual dengan kalangan yang sudah terserang infeksi. Selain hubungan intim, bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar dengan cepat melalui cairan tubuh penderitanya, seperti darah.

Bagi kalangan pada tahap primer dan sekunder, cara mengobati sipilis bisa dilakukan dengan penisilin melalui suntikan yang dilakukan kurang lebih selama 14 hari. Sedangkan pada sifilis tersier dan wanita hamil, pengobatan akan memakan waktu yang cukup panjang dan menggunakan antibiotik yang diberikan melalui infus. Setelah menjalankan pengobatan tersebut, Anda sebagai pengidap sifilis akan menjalani tes darah untuk memastikan agar infeksi sudah sembuh secara total.

•Menghindari alkohol dan obat-obat yang dilarang

•Mempynyai satu pasangan untuk melakukan hubungan seksual

•Berhenti melakukan kontak seksual dalam jangka waktu panjang

•Diskusikan secara terbuka mengenai riwayat penyakit seksual kelamin yang Anda alami bersama pasangan

•Biasakan menggunakan pengaman atau kondom jika harus berhubungan seksual dengan kalangan, selain pasangan

Kapan Harus Konsultasi Bersama Dokter?

Segera hubungi dokter apabila Anda merasakan beberapa tanda dan gejala diatas. Penanganan yang tepat bisa meminimalisir akibat serta dampak buruk tentunya. Sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Untuk menjalankan pemeriksaan, Anda bisa segera membuat janji dengan dokter yang ahli dalam bidangnya.

Kami Klinik Apollo akan memberi penanganan yang tepat kepada semua pasien yang mengalami masalah diatas. Untuk reservasi segera hubungi nomor 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai cara mengobati sipilis, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.