Cegah Penularan Penyakit Herpes Pada Wanita

penyakit herpes pada wanita

Penyakit herpes pada wanita adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Penyakit herpes pada wanita dapat muncul di berbagai bagian tubuh yang paling sering pada alat kelamin atau pada mulut. Ada 2 jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit herpes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 terutama menyebabkan penyakit herpes oral dan umumnya dengan luka dan lepuhan demam di sekitar mulut dan wajah. Tipe 2 terutama menyebabkan penyakit herpes kelamin dan umumnya atas berjangkitnya penyakit herpes kelamin.

konsultasi

Penyakit Herpes Adalah

Penyakit herpes pada wanita adalah sekelompok virus yang menyebabkan luka yang menyakitkan. Virus ini yang paling umum. Penyakit herpes zoster menyebabkan cacar air dan penyakit herpes zoster. Virus tipe 1 dan tipe 2 menyebabkan luka atau lepuhan demam di sekitar mulut dan luka pada alat kelamin (organ seksual). Penyakit herpes pada wanita adalah infeksi menular seksual (IMS). Setelah terinfeksi namun masih dapat memiliki virus selama hidupnya.

konsultasi

Apa Penyebab Utama Penyakit Herpes?

Herpes Simpleks Virus (HSV) adalah virus menular dan dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung. Anak-anak akan sering terkena HSV tipe 1 dari kontak awal dengan orang dewasa yang terinfeksi. Kemudian membawa virus bersama selama hidupnya. HSV tipe 1 dapat tertular dari interaksi umum seperti makan dari peralatan yang sama, berbagi lip balm atau berciuman.

Virus menyebar atau menular lebih cepat ketika seseorang yang terinfeksi memiliki gejala. Seseorang yang berusia 49 tahun atau yang lebih muda seropositif untuk HSV tipe 1 meskipun tidak mengalami gejala. Maka akan tertular penyakit herpes kelamin dari HSV tipe 1, jika seseorang menderita luka pada saat itu.

HSV tipe 2 terpapar melalui bentuk kontak seksual dengan seseorang yang menderita HSV tipe 2. Sebagian orang dewasa yang aktif secara seksual terinfeksi HSV tipe 2. Infeksi HSV tipe 2 menyebar atau menular melalui kontak dengan penyakit herpes. Pada kebanyakan orang yang memiliki HSV tipe 1 akan terinfeksi meskipun tidak memiliki gejala maupun luka.

konsultasi

Gejala Umum Penyakit Herpes Pada Wanita

Seseorang yang kemungkinan tidak memilik luka atau gejala yang terlihat, masih dapat terinfeksi oleh virus. Selain itu juga dapat menularkan virusnya ke orang lain. Beberapa gejala yang terkait dengan virus ini dapat termasuk :

• Luka yang melepuh (di mulut atau di alat kelamin).
• Terasa nyeri saat kencing (penyakit herpes kelamin).
• Terasa gatal.

Kemungkinan juga mengalami gejala yang mirip dengan flu. Gejala-gejala ini dapat meliputi :

• Demam.
• Pembengkakan kelenjar getah bening.
• Sakit kepala.
• Kelelahan.
• Nafsu makan menurun.

HSV juga dapat menyebar atau menular ke mata dan menyebabkan suatu kondisi yang disebut penyakit herpes keratitis. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit mata, keputihan atau caian berwarna putih dan perasaan tidak enak di area mata.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Herpes Didiagnosis?

Jenis virus ini umumnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Selain itu juga dengan melalukan pemeriksaan luka di tubuh dan menanyakan beberapa gejala. Dokter dapat menyarankan tes dan pengujian HSV untuk mengkonfirmasi diagnosis jika memiliki luka pada alat kelamin. Selama tes dan pengujian ini dokter mengambil sampel cairan dari luka dan kemudian dianalisis ke laboratorium untuk dilakukan tes dan pengujian. Tes atau pengujian darah untuk antibodi terhadap HSV tipe 1 dan HSV tipe 2 juga dapat membantu mendiagnosis infeksi ini. Tes dan pengujian ini dapat membantu ketika tidak adanya luka.

penyakit herpes pada wanita

Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes Pada Wanita

Tidak ada pengobatan untuk virus ini. Pengobatan penyakit herpes pada wanita berfokus untuk menghilangkan luka dan untuk membatasi gejala. Kemungkinan juga luka akan hilang tanpa adanya pengobatan. Namun dokter dapat menentukan beberapa pengobatan. Pengobatan dapat membantu orang yang terinfeksi virus dengan mengurangi risiko penularannya ke orang lain.

Pengobatan juga dapat menurunkan intensitas dari frekuensi gejala. Untuk gejala yang parah, pengobatan dapat diaplikasikan melalui intravena. Jika merasa memiliki penyakit herpes pada wanita maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Karena lebih mudah didiagnosis ketika adanya luka dan dapat memulai pengobatan lebih cepat dan kemungkinan lebih sedikit rasa sakit dan infeksi.

Dengan pengobatan dapat melawan virus herpes. Pengobatan dapat mempercepat penyembuhkan dan mengurangi rasa sakit penyakit herpes pada kebanyakan orang. Pengobatan dapat digunakan untuk mengobati gejala tahap primer atau yang berulang. Jika pengobatan digunakan untuk mengobati gejala berulang, biasanya akan merasakan kesemutan, terasa terbakar atau terasa gatal-gatal.

Pengobatan dilakukan untuk mencegah kekambuhan. Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Dengan menghubungi nomor kami di 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan online kami seperti dibawah ini. Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Percayakan pengobatan penyakit Anda di klinik kami.

Baca Juga : Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin Bisa Diketahui Melalui Tes Dan Pengujian?

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.