Cegah Paparan Penyakit Gonore Pada Laki Laki

penyakit gonore pada laki laki

Penyakit gonore pada laki laki adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum. Penyakit gonore pada laki laki adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit gonore dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Umumnya ditularkan melalui hubungan seks oral, seks genital dan seks anal dengan seseorang yang memiliki infeksi.

Apa Itu Penyakit Gonore?

Penyakit gonore pada laki laki adalah infeksi yang menyebar atau menular melalui kontak seksual. Pada pria paling sering menginfeksi uretra. Dan dapat menginfeksi rektum, anus, tenggorokan dan organ panggul (pelvic). Dalam kasus yang jarang terjadi dapat menginfeksi mata. Penyakit gonore pada laki laki tidak menyebabkan masalah jika dapat mengobatinya dengan cepat. Akan tetapi jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah yang serius.

konsultasi

Apa Penyebab Umum Penyakit Gonore?

Bakteri Neisseria Gonorrhoeae ditularkan selama seks oral, seks vaginal atau seks anal. Semen, cairan dubur, air liur dapat menyebabkan penularan pada tingkat yang lebih rendah. Penyakit gonroe tidak dapat ditularkan melalui darah. Jenis bakteri tertentu dapat menyebabkan penyakit gonore. Penyakit gonore adalah IMS yang dapat menyebar atau menular dari 1 pasangan ke pasangan lainnya selama hubungan seksual.

Apa Saja Gejala Penyakit Gonore Pada Laki Laki?

Kemungkinan tidak adanya gejala. Jika memiliki gejala, biasanya muncul dalam 2 hari hingga 10 hari setelah terpapar penyakit. Gejala penyakit gonore pada laki laki dapat meliputi:

• Cairan yang tebal berwarna kuning (menetes) dari penis.
• Terasa terbakar atau terasa sakit saat kencing.
• Sering kencing.
• Cairan yang berwarna kuning kehijauan dari penis.
• Terasa nyeri saat kencing.
• Terasa nyeri dan bengkak di skrotum atau di testis.

Penyakit gonore faring (tenggorokan) dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang ringan sedangkan penyakit gonore dubur paling sering bermanifestasi dengan gejala gatal, ketidaknyamanan dan rasa sakit saat buang air besar (BAB). Infeksi mata juga dapat menghasilkan gejala konjungtivitis (mata berwarna merah muda).

konsultasi

Bagaimana Penyakit Gonore Dilakukan Diagnosis?

Dokter akan melakukan pemeriksaan gejala infeksi pada penis dan testis. Infeksi lain dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit gonore. Untuk mendiagnosis, dokter dapat melakukan beberapa tes atau pengujian untuk penyakit gonore, berupa:

• Usap pembukaan pada penis.
• Tes atau pengujian urine.

Tes atau pengujian urine biasanya dapat memberikan hasil diagnosis yang lebih cepat. Juga dapat menentukan pengobatan terbaik untuk infeksi tersebut. Dokter juga dapat menyeka anus atau mulut jika adanya kemungkinan terinfeksi di area ini.

penyakit gonore pada laki laki

Obat-Obatan Ampuh Untuk Penyakit Gonore

Penyakit gonore diobati dengan pengobatan antibiotik. Pada kebanyakan orang dengan penyakit gonore juga menderita penyakit klamidia (PMS lainnya). Pengobatan dapat dilakukan untuk ke 2 jenis infeksi tersebut secara bersamaan. Konsultasikan dengan pasangan seksual Anda mengenai risiko infeksi tersebut. Dan harus melakukan pengoabtan bahkan jika tidak memiliki gejala.

Banyak strain penyakit gonore yang beredar dimana-mana diseluruh dunia. Mengakibatkan seseorang kebal terhadap pengobatan yang direkomendasikan sebelumnya. Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit gonore dalam setiap tahunnya, maka harus melihat peningkatan resistensi antimikrobanya juga.

Jika didiagnosis menderita penyakit gonore, maka harus segera melakukan konsutasi, tes dan pengujian serta pengobatan di Klinik Apollo. Untuk menghindari infeksi berulang setelah pengobatan, usahakan hindari aktifitas seksual tanpa kondom dengan pasangan seksual Anda sebelum menyelesaikan pengobatan secara penuh. Tidak selamanya kondom dapat melindungi sepenuhnya terhadap bakteri ini. Jika akti secara seksual maka harus rutin melakukan pemeriksaan mengenai PMS dan IMS. Hubungi kami di kontak 081233881616 atau layanan hotline dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.