Cara Tepat Pengobatan Herpes Di Kalangan Remaja

pengobatan herpes

Herpes adalah infeksi umum yang disebabkan oleh virus. Oleh karena itu harus mengetahui pengobatan herpes yang tepat. Penyakit ini menyebabkan lepuhan yang menyakitkan pada alat kelamin dan area sekitarnya. Karena herpes dapat ditularkan pada orang lain melalui kontak seksual yang intim atau infeksi menular seksual (IMS).

Virus ini dapat mempengaruhi selaput lendir (lapisan lembab) seperti yang ditemukan di mulut (luka). Herpes adalah kondisi kronis (jangka panjang). Virus tetap ada di tubuh dan bisa menjadi aktif kembali. Tingkat kekambuhan dalam 2 tahun pertama setelah terinfeksi. Namun dari waktu ke waktu cenderung menjadi tidak terlalu aktif dan setiap gejalanya menjadi tidak terlalu parah.

Herpes Pada Umumnya

Herpes adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum dan disebabkan oleh virus. Beberapa orang terinfeksi virus ini akan tetapi pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala dan tidak menyadarinya saat terinfeksi. Setelah terinfeksi, pada kebanyakan orang mengalami episode ulkus kelamin berulang (kekambuhan) selama beberapa tahun.

Meskipun infeksinya dapat bertahan dalam tubuh selama bertahun-tahun, gejalanya menjadi semakin jarang terjadi seiring waktu. Infeksinya dapat dikelola dengan pengobatan herpes dan tindakan pengobatan herpes yang lainnya. Seseorang yang memiliki herpes harus mengkonsultasikannya dengan pasangan seksualnya.

Mengenai penggunaan kondom dan tindakan pencegahan lain untuk mencegah penularan virus ke orang lain. Herpes dapat menyebar atau menular bahkan ketika tidak adanya bisul atau lepuhan yang terlihat. Didiagnosis dengan herpes dapat membuat emosional dan menyedihkan. Oleh karena itu lakukan konsultasi dengan dokter mengenai cara mengelola gejalanya dan menghindari penularan virus ke pasangan seksualnya.

Baca Juga : Paparan Penyakit Herpes Di Kalangan Remaja

konsultasi

Ketahui Penyebab Herpes

Herpes ditularkan melalui kontak kulit dengan seseorang yang sudah memiliki virus termasuk kontak dengan kulit yang terinfeksi saat berhubungan seksual. Luka di mulut dapat menularkan atau menyebarkan virus ke alat kelamin selama seks oral. Tidak ada pengobatan herpes. Setelah memiliki virus, maka virusnya akan tetap berada di saraf area kulit yang terinfeksi.

Tampaknya bisa hilang selama beberapa waktu dan kemudian muncul kembali. Herpes paling menular dari tanda-tanda nya yang pertama muncul yaitu luka atau seperti kesemutan pada kulit, mati rasa atau rasa sakit hingga bekas lukanya hilang. Penularan herpes pada orang lain ketika tidak adanya lepuhan atau luka yang terlihat. Kemungkinan besar dalam 2 tahun pertama kali terinfeksi. Penularan herpes tidak terjadi kecuali melakukan kontak kulit dengan area yang terinfeksi.

konsultasi

Apa Saja Gejala Pada Herpes?

Ketika pertama kali terinfeksi, kemungkinan akan adanya luka. Pada kebanyakan orang dengan herpes tidak mengetahui saat mengalaminya karena tidak memiliki gejala. Saat pertama kali mengalami luka biasanya adalah hal yang paling buruk. Secara umum kemungkinan tidak merasa sehat seolah terserang flu dan kemudian lepuhan yang kecil muncul.

Lepuhan ini pecah dan menjadi luka, kemudian keropeng terbentuk dan akhirnya kulitnya sembuh setelah 1 minggu hingga 2 minggu. Pada wanita, lepuhan dapat muncul disekitar vagina, uretra, serviks (leher rahim) atau antara vagina dan anus, atau disekitar anus. Pada pria, lepuhan dapat muncul pada penis dan kulup, terkadang di dalam uretra, pada skrotum atau di aera antara penis dan anus atau disekitar anus. Akan sangat menyakitkan untuk kencing jika urine mengalir diatas luka.

Herpes dapat muncul di bokong, punggung bagian bawah dan area lain di bawah pinggang serta tangan, payudara, punggung, jari dan dimana saja yang menyentuh area yang terinfeksi. Pada kebanyakan kasus herpes tidak muncul sebagai lepuhan. Namun dapat muncul sebagai area ruam yang kecil, kulit pecah-pecah atau kondisi kulit lainnya pada alat kelamin. Meskipun luka herpes sembuh, virus tetap berada di dalam tubuh dan dapat memiliki kekambuhan.

konsultasi

Bagaimana Herpes Didiagnosis?

Diagnosis herpes didasarkan pada riwayat medis seseorang, tanda dan gekala serta hasil tes atau pengujian. Sangat penting untuk membedakan herpes dari PMS lainnya terutama yang menghasilkan bisul seperti sipilis (raja singa) dan Chancroid. Beberapa tes atau pengujian diagnostik juga dapat digunakan untuk mendiagnosis herpes. Tes atau pengujian ini biasanya dapat mengkonfirmasi infeksi dan mengidentifikasi virus tipe 1 dan tipe 2 yang menyebabkannya. Pemilihan tes atau pengujian akan tergantung pada gejala dan lukanya. Pengujian atau kultur adalah tes atau pengujian dengan ulkus yang aktif.

pengobatan herpes

Bagaimana Cara Pengobatan Herpes Dilakukan?

Pengobatan herpes akan tergantung saat memiliki infeksi untuk pertama kalinya (tahap primer) atau gejala yang terus muncul (kekambuhan). Dokter akan meresepkan pengobatan herpes atau antivirus. Ini akan meringankan rasa sakit dan keparahan luka tertama jika diambil dalam 2 hari pada saat adanya tanda-tanda lepuhan.

Jika memiliki banyak gejala, maka harus mengobatinya setiap saat. Pengobatan herpes atau antivirus tidak dapat menyembuhkan atau menghentikan atau menularkan herpes pada orang lain. Namun dapat mengurangi gejalanya dan menurunkan risiko penularan ke orang lain ketika tidak memiliki gejala apapun.

Pengobatan ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Apollo dan hasilnya sembuh. Hubungi segera kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Apollo.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.