Bagaimana Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria?

cara mengobati kutil di kemaluan pria

Kutil di kemaluan adalah pertumbuhan yang kecil dan berdaging yang dapat berkembang di sekitar area genital dan anus. Lalu bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria? Kutil adalah salah 1 infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum, terutama pada pria di bawah usia 25 tahun. Kutil di kemaluan biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan, akan tetapi orang-orang sering menemukan ketidaknyamanan dan tidak menyukai penampilan kutil. Maka dapat menjalani pengobatan untuk menghilangkannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kutil Di Kemaluan?

Kutil di kemaluan adalah IMS yang sangat umum disebabkan oleh virus. Kutil di kemalian disebarkan atau ditularkan oleh kulit ke kontak kulit selama hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral. Ada lebih dari 100 jenis virus yang dapat menginfeksi kulit manusia. Sekitar 40 jenis virus ini menginfeksi kulit area genital termasuk penis atau anus dan 2 jenis utama yang menyebabkan kutil kelamin.

Infeksi ini dapat terlihat atau tidak memiliki tanda atau gejala. Infeksi yang terlihat adalah ketika dapat melihat kutil pada alat kelamin. Kutil dapat terlihat berbeda untuk setiap orang dan juga pada bagian tubuh yang berbeda. Kutil bisa berbentuk datar atau terangkat, bisa tunggal atau ganda dan membentuk kelompok seperti bunga kol yang kecil. Infeksi subklinis adalah ketika tidak ada tanda atau gejala akan tetapi virus ditemukan di dalam sel-sel kulit dan masih dapat menyebar atau menular ke orang lain.

konsultasi

Penyebab Umum Kutil Di Kemaluan

Setiap kontak kulit ke kulit dengan area yang terinfeksi dapat menularkan Human Papilloma Virus (HPV), bahkan jika seseorang yang memiliki HPV tidak memiliki kutil yang terlihat atau gejala lainnya. Selain itu juga bisa mendapatkannya dari seks oral, seks vagina atau seks anal. Hampir semua kutil kelamin tersebar atau tertular melalui kontak seksual.

Pada kebanyakan orang mendapatkan infeksi HPV sekitar waktu mulai berhubungan seksual. Sebagian orang yang berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin akan mendapatkannya. Kutil biasanya akan muncul dalam 3 bulan setelah kontak. Jika memiliki HPV akan tetapi tidak memiliki gejala, namun masih dapat menularkan infeksi kepada orang lain. HPV diteruskan melalui mikrotrauma ke kulit. Dan tidak dapat melihat kerusakan pada kulit. Lalu bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria tersebut?.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Kutil Di Kemaluan Pria

Kutil di kemaluan adalah pertumbuhan berdaging yang dapat berkisar dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Warnanya bisa bervariasi dari warna putih hingga berwarna seperti daging atau lebih gelap dan bisa terasa keras atau lunak. Kemungkinan hanya mendapatkan kutil tunggal atau bisa mendapatkan beberapa kutil yang dapat berkelompok secara bersamaan. Pada pria, kemungkinan mendapatkan kutil kelamin pada :

• Pada penis (di bawah kulit khatan atau di poros).
• Pada skrotum.
• Di dalam uretra.
• Di dalam atau di luar anus.

Lalu bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria tersebut? Kemungkinan juga untuk mendapatkan kutil (disebabkan oleh virus yang sama) di bibir dan di mulut, hidung atau tenggorokan. Akan tetapi ini tidak sering terjadi. Kutil di kemaluan biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Akan tetapi terkadang bisa menjadi sakit, ketidaknyamanan atau terasa gatal dan kemungkinan berdarah. Jika memiliki kutil di uretra, itu dapat memengaruhi aliran normal urine saat kencing.

Pada kebanyakan orang terinfeksi HPV tanpa mendapatkan kutil di kemaluan. Masih dapat menularkan virus bahkan jika tidak memiliki kutil kelamin yang terlihat. Jika terkena kutil kelamin, biasanya mulai tumbuh dalam 3 minggu hingga 8 bulan setelah terinfeksi. Namun, bisa sampai 18 bulan sebelum kutil nya muncul.

konsultasi

Bagaimana Kutil Di Kemaluan Didiagnosis?

Tidak ada tes atau pengujian skrining untuk HPV itu sendiri atau untuk kutil. Jika merasa memiliki kutil, dokter akan melihat alat kelamin menggunakan cahaya terang untuk melihat kutil. Jika merasa memiliki kutil di kemaluan, konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter. Percayakan pemeriksaan Anda dengan dokter. Untuk rekomendasi Klinik Apollo adalah salah 1 klinik yang sudah banyak berpengalaman di dalam bidangnya.

cara mengobati kutil di kemaluan pria

Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria Dengan Ampuh

Pada kebanyakan orang dengan kutil biasanya hilang tanpa pengobatan. Namun harus mengetahui cara mengobati kutil di kemaluan pria dengan cepat. Kutil biasanya hilang sendiri dalam 1 tahun hingga 2 tahun. Bagi sebagian orang dengan kutil kemungkinan tidak hilang dengan sendirinya. Karena pada kebanyakan orang tidak menyukai tampilan kutil di kemaluan yang di miliki.

Pengobatan dan cara mengobati kutil di kemaluan pria dapat mengurangi risiko penyebaran atau penularan infeksi kepada orang lain. Kutil dapat diobati dengan banyak cara yaitu dengan membekukan kutil atau dengan pengobatan khusus yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan kutil.

Atau dengan operasi pengangkatan untuk kutil yang lebih besar. Pengobatan dapat menghilangkan kutil yang terlihat, akan tetapi perlu 12 bulan hingga 24 bulan untuk virus sepenuhnya dibersihkan dari sel-sel kulit. Kutil dapat kambuh kapan saja setelah pengobatan dan ini paling umum dalam 3 bulan pertama.

Hindari bercukur atau waxing jika kutil ada di area kemaluan. Hubungan seksual tanpa kondom tidak dianjurkan saat memiliki kutil yang terlihat di kulit kelamin. Jika merasa memiliki kutil kelamin, maka harus segera melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Klinik Apollo adalah salah 1 klinik yang menangani permasalahan kutil kelamin.

Cara mengobati kutil di kemaluan pria adalah hal yang harus segera diperhatikan. Anda bisa menghubungi nomor kontak kami di 081233881616 atau bisa juga melalui layanan online untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara mengobati kutil di kemaluan pria dengan efektif. Sudah banyak orang yang melakukan pengobatan dengan cara mengobati kutil di kemaluan pria di Klinik Apollo ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.