Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin Bisa Diketahui Melalui Tes Dan Pengujian?

apakah penyebab penyakit herpes kelamin

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin secara umum? Penyakit herpes kelamin disebabka oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. HSV Tipe 1 biasanya menyebabkan luka di mulut atau di bibir dan di wajah. Penyakit herpes kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang menghasilkan lepuhan yang menyakitkan pada alat kelamin pria dan wanita.

Pengertian Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin bisa diketahui? Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh HSV dengan adanya luka di sekitar bibir. Penyakit herpes kelamin menyebabkan luka yang menyakitkan di sekitar area genital dan terinfeksi melalui kontak kulit secara langsung dengan virus di mulut atau di alat kelamin.

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin sangat berbahaya? Hampir semua orang yang telah aktif secara seksual melakukan kontak dengan HSV di beberapa titik dan dapat membawa virus tanpa pernah mengalami gejala apapun. Setelah melakukan kontak dengan virus, virus akan tetap berada di dalam tubuh. Terkadang virus dapat aktif kembali dan bisul dapat muncul kembali (kambuh). Penularan HSV bisa juga dari pasangan seksual yang tidak memiliki gejala. Karena virus dapat menjadi aktif pada kulit tanpa menimbulkan gejala.

konsultasi

Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin?

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin sangat menular? Penyebab penyakit herpes kelamin adalah sejenis virus yang bernama Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Infeksi dapat ditularkan selama hubungan seksual atau melalui kontak intim lainnya dengan alat kelamin, mulut atau area dubur.

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin bisa disembuhkan? Selain itu juga penyebaran atau penularannya dengan tangan jika terkontaminasi. Setelah terinfeksi, virus akan tetap berada di tubuh selama seumur hidupnya. Biasanya tidak aktif dan tidak menimbulkan gejala. Namun virus dapat menjadi aktif kembali dan penyakit ini dapat muncul kembali (kambuh). Gejalanya dapat terjadi pada saat stress atau trauma fisik dan emosional.

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Kelamin?

Kemungkinan terasa gatal, peradangan dan ketidaknyamanan di area genital. Selain itu juga dapat memiliki beberapa gejala umum sepertu flu, kemudian dapat muncul bintik-bintik berwarna merah di sekitar area genital yang bisa menjadi sangat menyakitkan. Bintik-bintik ini kemudian dapat terbuka dan membentuk luka atau bisul yang secara bertahap dapat sembuh.

Pada kebanyakan orang dengan penyakit herpes kelamin tidak memiliki gejala atau gejalanya sangat ringan sehingga tidak dapat diperhatiakn atau mengira sebagai kondisi kulit yang lain. Akibatnya pada kebanyakan orang dengan penyakit herpes kelamin tidak menyadari saat terinfeksi. Penularan dapat terjadi ketika pasangan yang terinfeksi tidak memiliki gejala.

Jika gejalanya terlihat muncul, biasanya muncul dari 2 hari hingga 12 hari setelah infeksi (masa inkubasi). Munculnya gejala pertama adalah tahap primer dan gejala berikutnya disebut kambuh. Infeksi penyakit herpes kelamin dapat melibatkan sejumlah gejala yang berbeda, gejala yang berbeda-beda ini diantaranya adalah:

• Lepuhan yang menyakitkan di area genital seperti kerak yang biasanya sembuh dalam 1 minggu hingga 2 minggu. Luka penyakit herpes kelamin ini dapat muncul secara tunggal dan berkelompok.
• Kulit terasa gatal, kesemutan, seperti terbakar atau menyakitkan di area yang terinfeksi.
• Kaki dan bokong terasa sakit.
• Kelenjar getah bening yang membengkak dan lunak di area selangkangan.
• Keluarnya cairan yang encer dari vagina.
• Demam, sakit kepala dan sakit otot.
• Kelelahan.

Seseorang dengan penyakit herpes kelamin yang memiliki luka yang nyata, gejala tahap primer biasanya yang paling parah. Gejala berikutnya biasanya tidak terlalu parah dan pada kebanyakan orang mengalami penurunan frekuensi seiring waktu. Beberapa orang dengan penyakit herpes kelamin tidak mengalami kekambuhan setelah gejala tahap primer.

Infeksi HSV tipe 1, kekambuhan lebih jarang terjadi daripada infeksi HSV tipe 2. Gejala berulang ditandai dengan adanya kesemutan, terasa terbakar atau terasa gatal di area yang terinfeksi hingga beberapa hari sebelum lukanya muncul. Luka penyakit ini kemungkinan lebih menyakitkan dan persisten pada orang dengan sistem kekebalan tubuh seperti HIV positif. Faktor lain termasuk stress, sakit, menstruasi atau cedera pada area yang terinfeksi dalam memicu gejala.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Herpes Kelamin?

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin bisa didiagnosis? Jika merasa khawatir memiliki penyakit herpes kelamin maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Jika memiliki adanya lepuhan yang terlihat, tes atau pengujian secara lansung kemungkinan dapat disarankan untuk mendapatkan diagnosis secara langsung dan memulai pengobatan. Usap dengan kapas digunakan untuk mengumpulkan sampel cairan dari borok atau dari kulit yang telah rusak.

apakah penyebab penyakit herpes kelamin

Cara Terbaik Dalam Mengobati Penyakit Herpes Kelamin

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin bisa dihilangkan dengan pengobatan? Penyakit herpes kelamin tidak dapat dismebuhkan, akan tetapi semakin dini dilakukan pengobatan, maka semakin besar kemungkinan untuk mencegah atau untuk mengurangi keparahan serangan atau gejalanya. Pengobatan antivirus akan membantu mengurangi rasa sakit pada luka dan mendorong penyembuhan lebih cepat.

Pengobatan analgesik (penghilang rasa sakit) juga dapat membantu meredakan rasa ketidaknyamanan. Pengobatan penyakit herpes kelamin ini bisa dilakukan di Klinik Apollo. Klinik Apollo menangani berbagai jenis pengobatan penyakit kelamin. Selain itu, pengobatannya sangat memperhatikan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Untuk info lanjut hubungi kami di nomor 081233881616 atau melalui layanan hotline dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.