Apakah Penyakit Sipilis Menular Melalui Gangguan Kulit?

apakah penyakit sipilis menular

Apakah penyakit sipilis menular jika dibiarkan? Penyakit sipilis adalah penyakit serius. Penyakit ini disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seks genital, seks anal dan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi. Tanda pertama adalah luka tanpa rasa sakit dimana kuman memasuki tubuh. Tahap kedua adalah ruam tubuh yang terjadi beberapa minggu kemudian. Lalu, apakah penyakit sipilis menular? Penyakit sipilis dapat mempengaruhi seluruh tubuh.

Apa Itu Penyakit Sipilis?

Apakah penyakit sipilis menular jika diabaikan? Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) kompleks yang disebabkan oleh bakteri. Awalnya penyakit sipilis muncul sebagai luka yang tidak menimbulkan rasa sakit (borok) dimana infeksi masuk (biasanya disekitar alat kelamin, dubur atau mulut) dan kemungkinan tidak diketahui.

Luka dikenal dengan chancre dan pada tahap ini dikenal dengan tahap primer. Ruam yang menyebar atau menular dan gejalanya mirip dengan gejala flu dikenal dengan tahap sekunder. Jika tidak segera diobati, apakah penyakit sipilis menular? Penyakit sipilis tahap tersier dapat berkembang selama bertahun-tahun kemudian dan dapat menyebabkan berbagai masalah yang mempengaruhi otak, mata, jantung dan tulang.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis?

Penularannya melalui kontak langsung atau kontak seksual dengan luka, ruam atau cairan tubuh seperti air mani, darah dan cairan vagina dari orang yang terinfeksi. Penyakit sipilis ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Penyakit sipilis menyebar atau menular dari orang ke orang melalui kulit langsung ke kontak kulit dengan luka penyakit sipilis.

Luka penyakit sipilis kemungkinan ada pada vagina, penis, anus, mulut, bibir atau dubur. Penyakit sipilis dapat menyebar atau menular selama hubungan seksual. Penyakit sipilis dapat ditularkan meskipun luka penyakitnya tidak terlihat atau tidak dirasakan. Sehingga orang lain dapat terinfeksi meskipun tidak mengetahui saat terinfeksi. Selain itu, penyakit sipilis juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke janinnya.

Apa Saja Gejala Pada Penyakit Sipilis?

Apakah penyakit sipilis menular tanpa adanya gejala? Terkadang gejalanya sama dengan gejala infeksi lainnya. Dan dapat menyebabkan seseorang dengan infeksi tidak melakukan pengobatan. Berikut ini beberapa tahapan dan gejala penyakit sipilis yang berbeda, diantaranya:

• Tahap Primer
Salah 1 tanda pertama adalah luka terbuka tanpa rasa sakit yang disebut chancre. Karena penyakit sipilis biasanya menyebar atau menular ketika orang melakukan kontak seksual, chancre sering ditemukan di mulut, anus atau area genital. Selain itu juga dapat ditemukan dimana pun bakteri memasuki tubuh.

• Tahap Sekunder
Ruam kulit dan gejala lainnya dapat muncul 2 minggu hingga 12 minggu setelah seseorang terinfeksi. Pada tahap ini, sangat mudah untuk menyebarkan atau menularkan infeksi melalui kontak dengan mulut, anus, alat kelamin atau area dimana adanya ruam kulit.

• Tahap Laten
Setelah ruamnya sembuh, gejalanya tersembunyi. Meskipun gejalanya hilang, bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis masih ada di dalam tubuh dan mulai merusak organ dalam. Tahap ini kemungkinan singkat selama 1 tahun atau 5 tahun hingga 20 tahun. Wanita dengan penyakit sipilis tahap laten tidak mengetahui saat terinfeksi hingga melahirkan anak dengan penyakit sipilis.

• Tahap Tersier
Jika penyakit sipilis tidak diobati pada tahap primer, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya. Dan dapat termasuk kebutaan, masalah dengan sistem saraf dan jantung serta gangguan mental juga bisa menyebabkan kematian.

konsultasi

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis dapat dideteksi selama tahap infeksi awal dengan mengusap chancre untuk reaksi. Pemeriksaan mikroskop jaringan atau cairan jaringan dari ulkus tahap primer (chancre) atau Condyloma Lata juga dilakukan. Darah dilakukan tes atau pengujian untuk tes serologis yang diperlukan dalam mendiagnosis penyakit sipilis. Dalam beberapa kasus, cairan serebrospinal dapat diuji untuk mengkondirmasi neurosifilis.

apakah penyakit sipilis menular

Apakah Penyakit Sipilis Menular Jika Tidak Segera Diobati?

Apakah penyakit sipilis menular jika tidak diobati dengan benar? Dengan pengobatan antibiotik, penyakit sipilis diobati melalui pengobatan intravena dalam 1 minggu. Penyakit sipilis diobati bahkan saat pengobatan telah selesai dilakukan dan berhasil dalam mengatasi setiap gejala-gejalanya. Namun masih dapat treinfeksi kembali (kambuh) jika terpapar penyakitnya.

Sangat penting untuk menggunakan kondom setiap kali berhubungan seksual untuk mengurangi risiko terkena penyakit sipilis dan IMS lainnya. Info lebih lanjutnya mengenai pengobatan ampuh penyakit sipilis bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Klinik ini sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Hubungi kontak kami di nomor 081233881616 atau melalui layanan dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.