Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?

apakah penyakit herpes kelamin berbahaya

 

Apakah penyakit herpes kelamin berbahaya? Penyakit herpes kelamin adalah infeksi vrius yang ditularkan selama hubungan seks vaginal atau seks anal dan terkadang selama seks oral. Kondisi ini menyebabkan lepuhan yang bisa menyakitkan. Penyakit herpes kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum. Lebih dari sebagian orang dengan usia 14 tahun hingga 49 tahun memiliki penyakit herpes kelamin.

Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Apakah penyakit herpes kelamin berbahaya jika dibiarkan? Penyakit herpes kelamin adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menginfeksi kulit dan selaput lendir alat kelamin dan terakdang di sekitar pembukaan rektum. Masa inkubasi biasanya sekitar 1 minggu akan tetapi bisa lebih lama lagi.

Gejala pertama biasanya berupa bercak kemerahan atau gelap apda alat kelamin atau pada anus (atau bibir). Dan dapat bergantu dengan lepuhan yang diisi dengan cairan yang berwarna kekuningan. Kemungkinan juga adanya kesemutan atau terasa terbakar. Seringkali kelenjar di pangkal paha membengkak.

konsultasi

Apa Penyebab Umum Penyakit Herpes Kelamin?

Apakah penyakit herpes kelamin berbahaya? Virus yang menyebabkan penyakit herpes kelamin sangat menular dan ditularkan melalui kontak secara langsung. Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Umumnya setelah infeksi awal, virus tetap tidak aktif namun dapat diaktifkan kembali (kambuh).

• HSV tipe 1 disebarkan atau ditularkan melalui kontak seperti berciuman. Dan sulit untuk diidentifikasi penularan infeksinya. Karena cara penularannya sangat mudah pada berbagai usia untuk mendapatkan infeksi. HSV tipe 1 juga dapat ditularkan melalui seks oral.

• HSV tipe 2 ditularkan secara seksual sehingga hanya orang-orang yang melakukan kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus yang berisiko. HSV tipe 2 tidak diketahui saat terinfeksi virusnya dan berpotensi penularan ke orang lain. Wanita hamil juga dapat menularkan HSV tipe 2 pada bayinya selama kelahiran, terkadang dengan konsekuensi serius. Risiko penularan terbesar selama kelahiran adalah pada wanita yang terinfeksi HSV tipe 2 selama kehamilan.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Penyakit Herpes Kelamin

Apakah penyakit herpes kelamin berbahaya tanpa diobati? Luka dapat muncul di bagian luar mulut atau bibir, di dalam mulut atau di lidah.

1. Gejala HSV Tipe 1

• Luka yang terbuka atau luka yang berkerak.
• Rasa sakit saat mengunyah, menelan atau berbicara.
• Terasa gatal lukanya dan area di sekitarnya.

Gejala-gejalanya dapat berlangsung selama 10 hari dan luka yang kambuh umumnya mempengaruhi area yang sama.

2. Gejala HSV Tipe 2

• Lepuhan dan luka internal dan eksternal yang kecil dan berisi cairan, seirng terjadi dalam kelompok besar.
• Terasa gatal atau terasa terbakar di area genital atau anal.
• Nyeri di kaki, bokong atau area genital.
• Neyri saat kencing.
• Cairan dari penis yang abnormal (tidak normal).
• Keputihan yang tidak biada pada wanita.

Gejalanya hilang dalam 10 hari hingga 21 hari. Gejala berulang atau kekambuhan biasanya dapat mempengaruhi area yang sama namun tidak terlalu parah. Pada pria, infeksi dapat melibatkan penis, lubang anal, bokong dan paha. Pada wanita, luka bisa terjadi di area vagina, serviks (leher rahim), uretra (tabung yang membawa urine), area di sekitar bokong, lubang anal dan paha. Pada wanita kemungkinan lebih rentan terhadap infeksi penyakit herpes kelamin terutama karena area genital wanita lebih cenderung memungkinkan virus untuk lebih mudah memasuki kulit.

apakah penyakit herpes kelamin berbahaya

Penyakit Herpes Kelamin Dan Cara Mendiagnosisnya

Apakah penyakit herpes kelamin berbahaya jika tidak ada pengobatan yang memadai? Oleh karena itu harus dilakukan pengobatan berdasarkan hasil dari diagnosis. Tes atau pengujian yang dapat membedakan antara HSV tipe 1 dan HSV tipe 2 meliputi :

• Kultur Virus

Sampel dikumpulkan dengan menyeka usap pada luka (jika ada) dan dianalisis di laboratorium untuk mencari aktifitas virus.

• Tes Atau Pengujian Antibodi

Jika tidak memiliki luka, kemungkinan masih memiliki virus. Tes atau pengujian darah ini dapat mencari protein yang dibuat oleh tubuh sebagai respons terhadap infeksi dengan ke 2 jenis HSV.

konsultasi

• Tes Atau Pengujian Darah Untuk Virus

Selain itu juga dapat melakukan tes atau pengujian darah yang dapat mengidentifikasi virusnya. Namun jenis tes atua pengujian ini tidak sama seperti tes atau pengujian antibodi. Tidak terlalu sensitif dan dapat kembali negatif bahkan ketika mengalami infeksi.

Tanpa Obat-Obatan, Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?

Apakah penyakit herpes kelamin berbahaya untuk semua orang? Tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes kelamin. Namun pengobatan antivirus dapat mencegah atau dapat mempersingkat gejalanya. Selain itu terapi supresi setiap hari dilakukan atau penggunaan pengobatan antivirus untuk penyakit herpes kelamin yang dapat mengurangi kemungkinan penularan ke pasangan seksual.

Beberapa uji klinis telah menguji vaksin terhadap infeksi penyakit herpes kelamin akan tetapi tidak ada vaksin yang tersedia secara nyata untuk melindungi terhadap infeski penyakit herpes kelamin. Lalu apakah penyakit herpes kelamin berbahaya? Untuk mengobati penyakit herpes kelamin, Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Apollo. Dokter akan merekomendasikan pengobatan terbaik untuk mengobati penyakit herpes kelamin. Hubungi kami di nomor 081233881616 atau melalui layanan dibawah ini.

konsultasi

× Apa yang dapat kami bantu?