Apakah Penyakit Herpes Genitalis Dapat Ditangani Sejak Dini?

penyakit herpes genitalis

Penyakit herpes genitalis adalah infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini biasanya menyebar atau menular melalui hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal. Sebagian wanita yang berusia 14 tahun hingga 49 tahun memiliki penyakit ini. Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini. Akan tetapi harus mengobatinya untuk mencegah gejala dan untuk menurunkan risiko penularan penyakitnya ke pasangan seksual.

Penyakit Herpes Genitalis Adalah

Penyakit herpes genitalis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum dan bisa tertular dari seseorang yang aktif secara seksual. Pada kebanyakn orang dengan virus ini tidak memiliki gejala. Sangat penting untuk mengetahui meskipun tanpa adanya tanda penyakit namun masih dapat menyebar atau menular ke pasangan seksual. Penyakit ini adalah penyakit kelamin yang muncul pada organ seksual dan dapat disebabkan oleh 2 jenis virus. Virus ini terdiri dari tipe 1 dan tipe 2.

konsultasi

Disebabkan Oleh Apa Penyakit Ini?

Penyakit herpes genitalis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Sebagian wanita berusia 14 tahun hingga 49 tahun memiliki penyakit ini, dibandingkan dengan sebagian pria yang berusia 14 tahun hingga 49 tahun. Anatomi tubuh wanita menemparkan lebih banyak risiko penyakit ini dibandingkan pria.

Robekan kecil di jaringan vagina dapat membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan penyakit ini. Penyakit ini juga jauh lebih umum pada wanita. Sebagian wanita yang berusia 14 tahun hingga 49 tahun terinfeksi virus yang menyebabkan penyakit ini. Penyakit ini adalah IMS yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. HSV tipe 1 dan HSV tipe 2 menyebabkan gejala yang sama, ke 2 nya dapat menular dan diobati dengan pengobatan yang sama. Akan tetapi ke 2 nya berbeda dalam beberapa hal, seperti:

• HSV Tipe 1
Paling sering menyebabkan infeksi pada mulut dan bibir yang disebut luka atau lepuhan. Gejalanya seringkali lebih ringan daripada penyakit ini, dan kemungkinan mendapatkan lebih sedikit gejala. Penyakit ini dapat menyebar atau menular ke area genital selama seks oral dan menyebabkan penyakit ini. Jika HSV tipe 1 menyebar atau menular ke area genital namun ini masih HSV tipe 1.

• HSV Tipe 2
Penyebab paling umum dari penyakit ini. Penyakit ini menyebar atau menular melalui hubungan seks vaginal, seks oral atau seks anal. HSV tipe 2 dapat menyebar atau menular ke mulut selama seks oral. Jika HSV tipe 2 menyebar atau menular ke mulut atau ke bibir selama seks oral namun ini masih HSV tipe 2.

Baca Juga : Inilah Salah Satu Ciri Ciri Penyakit Herpes Secara Umum

konsultasi

Sebutkan Gejala-Gejala Penyakit Herpes Genitalis

Pada kebanyakan wanita dengan penyakit herpes genitalis tidak mengetahui saat memilikinya. Akan tetapi jika mendapatkan gejala pertama, kemungkinan bisa parah. Penyakit ini juga bisa parah dan tahan lama pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuhnya tidak bekerja dengan baik seperti wanita dengan HIV.

Dalam beberapa hari setelah kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus penyakit ini, luka (benjolan yang berwarna merah dan kecil dapat berubah menjadi lepuhan) dan dapat muncul dimana virus memasuki tubuh seperti di mulut atau di vagina. Beberapa wanita kemungkinan memiliki luka ringan.

Setelah beberapa hari, luka bisa menjadi berkerak dan kemudian sembuh tanpa jaringan parut. Terkadang luka muncul setelah gejala pertama dan gejala dapat terjadi lagi. Gejala pertama penyakit ini biasanya muncul dalam 2 hari hingga 12 hari setelah melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki penyakit ini. Gejalanya dapat berlangsung dari 2 minggu hingga 4 minggu. Gejala awal lainnya dapat meliputi:

• Perasaan tertekan di perut.
• Gejalanya mirip dengan flu termasuk demam.
• Perasaan gatal atau terbakar di area genital atau anal.
• Nyeri di kaki, bokong atau area genital.
• Kelenjar membengkak.
• Keputihan yang tidak biasa.

Jika memiliki gejala penyakit ini, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

konsultasi

Apakah Penyakit Ini Bisa Didiagnosis?

Dokter dapat mendiagnosis penyakit herpes genitalis dengan melihat luka yang terlihat. Dengan menggunakan kapas untuk mengambil sampel cairan dari rasa sakit untuk diuji di laboratorium. Penyakit ini kemungkinan sulit didiagnosis terutama diantara gejalanya. Tes atau pengujian darah untuk mencari antibodi terhadap virus dan dapat membantu mendiagnosis penyakit ini pada wanita tanpa gejala atau diantara gejala lainnya. Tes atau pengujian pap tidak digunakan untuk mendeteksi penyakit ini.

penyakit herpes genitalis

Obat-Obatan Akurat Untuk Penyakit Herpes Genitalis

Tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes genital. Namun pengobatan yang dapat mencegah atau mempersingkat gejala. Salah 1 dari pengobatan ini dapat dilakukan setiap hari untuk memperkecil kemungkinan penularan infeksinya pada pasangan seksual, selain mengurangi kemungkinan gejala atau untuk memperpendek durasi gejala jika memilikinya.

Penyakit ini tidak ada obatnya, akan tetapi pengobatan antivirus dapat mencegah atau mempersingkat gejalanya selama mengkonsumsinya. Terapi pengobatan antivirus juga dapat direkomendasikan setiap harinya untuk menurunkan peluang penyebaran atau penularan infeksi kepasangan seksual.

Dokter merekomendasikan pengobatan antivirus untuk dilakukan setelah mendapatkan gejala secara teratur dan untuk menghentikan gejalanya agar tidak terjadi. Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan yang tepat. Selama gejala, dapat mengambil langkah-langkah untuk mempercepat penyembuhan dan untu mencegah penyebaran atau penularan ke bagian lain dari tubuh atau ke orang lain, seperti:

• Usahakan agar area luka tetap bersih dan kering.
• Usahakan tidak menyentuh lukanya.
• Selalu mencuci tangan setelah kontak dengan luka.
• Hindari semua kontak seksual sejak pertama kali melihat adanya gejala hingga lukanya sembuh.

Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pengobatan penyakit herpes genitalis bisa dilakukan di Klinik Apollo. Karena Klinik Apollo adalah klinik yang menangani penyakit kelamin dengan sangat ampuh. Hubungi kami di kontak nomor 081233881616 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi melalui online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Cara Tepat Pengobatan Herpes Di Kalangan Remaja

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.