Apa Saja Penyakit Reproduksi Pria Dan Wanita

penyakit reproduksi

Penyakit reproduksi dapat menyerang kalangan wanita dan pria, kondisi ini bisa disebabkan oleh peradangan, infeksi, kelainan genetic, gangguan hormone atau kanker. Penyakit yang menyerang sistem reproduksi ini berpeluang besar untuk menyebabkan masalah kesuburan.

Sistem reproduksi pria dan wanita mempunyai keunikan tersendiri. Jadi masing-masing mempunyai fungsi dan struktur yang berbeda. Walaupun begitu, keduanya dirancang untuk memungkinkan adanya pembuahan sel talur oleh sperma yang akan berlanjut pada proses kehamilan.

Baca juga: Penyakit Kelamin Pada Wanita Jenis Klamidia

konsultasi

Ini Dia Penyakit Reproduksi Pada Pria Dan Wanita

Seperti sistem lainnya dalam tubuh, sistem reproduksi bisa mengalami gangguan yang menimbulkan penyakit. Karena struktur dan fungsinya berbeda, penyakit pada sistem reproduksi pria dan wanita juga tidak sama.

1.Endometriosis

Salah satu penyakit reproduksi wanita yang sering dijumpai adalah endometriosis. Penyakit ini terjadi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh pada tempat lainnya.

Jaringan tersebut bisa tumbuh pada bagian belakang rahim, ovarium, usus atau kandung kemih. Jaringan yang salah tempat ini akan menyebabkan rasa nyeri menstruasi, pendarahan ketika haid meningkat, nyeri ketika menjalankan kegiatan seksual, dan kesulitan hamil.

2.Radang panggul

Selanjutnya penyakit reproduksi pada wanita yakni radang panggul. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang merambat masuk kedalam panggul melalui vagina atau leher rahim.

Salah satu penyebab radang panggul yang paling umum yakni infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia. Jika tidak segera ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan radang panggul dalam jangka panjang, tersumbatnya saluran telur, kehamilan ektopik, dan mandul.

3.Pcos

Pcos atau sindrom ovarium merupakan kondisi yang mempengaruhi kadar hormon wanita. Wanita yang menderita infeksi ini akan menghasilkan hormon seks androgen dalam jumlah berlebihan. Akibatnya penderita akan mengalami menstruasi yang tidak teratur, atau tidak mengalami siklus haid sama sekali, tentunya hal ini mempersulit kehamilan.

konsultasi

penyakit reproduksi

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Pria

1.Epididimitis

Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan pada epididimis, yakni saluran pada skrotum yang menempel di testis. Saluran tersebut mempunyai peran untuk mengangkat serta menyimpan sperma yang diproduksi oleh testis, epididimitis bisa menyebabkan testis membengkak dan menimbul nyeri, air pada sperma mengandung darah, nyeri ketika buang air kecil. Penderita mengalami gangguan kesuburan, dan ejakulasi.

2.Gangguan prostat

Prostat merupakan kelenjar sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih atau uretra. Kelenjar ini memproduksi cairan sperma yang mempunyai fungsi menyuburkan dan melindungi sperma.

3.Orchitis

Penyakit ini merupakan salah satu infeksi pada sistem reproduksi pria yang sering terjadi. Orchitis merupakan peradangan pada testis yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Orchitis bisa menyerang satu testis maupun keduanya secara sekaligus.

4.Masalah pada penis

Masalah pada penis tidak jarang dikeluarkan oleh para pria. Beberapa penyakit yang dapat menyerang organ reproduksi pria yakni disfungsi ereksi, kelainan bentuk penis, misalnya penis bengkok, kanker penis, dan penyakit peyronie.

Selain beragam jenis penyakit reproduksi yang sudah kami sebutkan diatas, pria dan wanita juga bisa terserang infeksi menular seksual, seperti herpes genital, sifilis, gonore, dan aids.

Penyakit reproduksi baik pada kalangan wanita ataupun pria bisa menyebabkan kemandulan. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan organ reproduksi dengan menjalankan perilaku seks yang aman dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu.

Jika Anda mengalami keluhan dan gangguan pada sistem reproduksi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat. Kami Klinik Apollo siap memberi penanganan kepada seluruh pasien dengan aman dan terjamin. Lakukan reservasi sekarang di 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai penyakit reproduksi, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.