Wanita Alami Vaginitis Apakah Berbahaya?

vaginitis

Vaginitis adalah peradangan pada vagina yang dapat menyebabkan keluarnya cairan, rasa gatal dan nyeri. Penyebabnya biasanya dari perubahan keseimbangan yang normal pada bakteri di vagina atau adanya infeksi. Berkurangnya kadar hormon estrogen setelah menopause dan beberapa kelainan pada kulit juga dapat menyebabkan kondisi ini. Jenis vaginitis yang paling umum adalah:

• Vaginosis Bakeri
Hasil dari perubahan bakteri yang normal yang ditemukan di vagina menjadi pertumbuhan berlebih dari organisme lain.

• Infeksi Ragi
Biasanya disebabkan oleh jamur alami yang disebut Candida Albicans.

• Trikomoniasis
Disebabkan oleh parasit dan umumnya ditularkan melalui hubungan seksual.

Pengobatannya tergantung pada jenis kondisi yang dimiliki.

konsultasi

Kenali Vaginitis Pada Wanita

Kondisi ini juga disebut dengan vulvovaginitis yaitu peradangan atau infeksi pada vagina yang juga dapat mempengaruhi vulva yang merupakan bagian eksternal alat kelamin pada wanita. Kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa gatal, sakit, keputihan dan bau. Kondisi ini sering terjadi, terutama pada wanita selama beberapa tahun reproduksinya. Biasanya terjadi ketika adanya perubahan dalam keseimbangan bakteri atau ragi yang biasanya ditemukan di vagina. Ada berbagai jenis kondisi ini dan memiliki penyebab, gejala dan pengobatan yang berbeda.

konsultasi

Apa Yang Menyebabkan Kondisi Ini?

Bacterial Vaginosis (BV) adalah infeksi vagina yang paling umum pada wanita dengan usia 15 tahun hingga 44 tahun. Kondisi ini terjadi ketika adanya ketidakseimbangan antara bakteri baik dan berbahaya yang biasanya ditemukan di vagina seorang wanita. Banyak hal yang dapat mengbah keseimbangan bakteri termasuk:

• Mengkonsumsi pengobatan antibiotik.
• Douching.
• Menggunakan alat kontrasepsi (IUD).
• Berhubungan seksual tanpa pengaman dengan setiap pasangan baru.
• Memiliki banyak pasangan seksual.

Infeksi jamur (kandidiasis) terjadi kerika terlalu banyak kandida tumbuh di vagina. Candida adalah ragi. Ini adalah jamur yang tumbuh dimana-mana termasuk di dalam tubuh dan kemungkinan terlalu banyak yang tumbuh di dalam vagina karena pengoatan antibiotik, kehamialn, diabetes (kencing manis) terutama jika tidak terkontrol dengan baik dan obat-obatan kortikosteroid.

Trikomoniasis juga dapat menyebabkan kondisi ini. Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum dan disebabkan oleh parasit. Kemungkinan menderita kondisi ini jika adanya alergi atau sensitif terhadap produk tertentu yang digunakan. Termasuk spray vagina, spermisida, sabun, deterjen atau pelembut kain.

Bahan kimia ini dapat menyebabkan rasa terbakar, rasa gatal dan cairan yang keluar. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan iritasi pada vagina, Seperti ketika sedang hamil atau menyusui atau ketika telah mengalami menopause. Terkadang dapat memiliki lebih dari 1 penyebab kondisi ini secara bersamaan.

konsultasi

Apa Saja Tanda Dan Gejala Vaginitis?

Gejala-gejala vaginitis tergantung pada jenis yang dimiliki. Dengan BV kemungkinan tidak adanya gejala. Selain itu juga bisa mengalami keputihan yang tipis dan berwarna putih atau abu-abu. Kemungkinan juga adanya bau seperti bau ikan yang kuat terutama setelah berhubungan seksual. Infeksi ragi dapat menghasilkan cairan yang berwarna putih yang tebal dari vagina yang bisa terlihat seperti keju.

Cairan ini bisa berair dan sering tidak berbau. Infeksi ragi biasanya dapat menyebabkan vagina dan vulva menjadi gatal dan memerah. Kemungkinan juga tidak memiliki gejala ketika penyebabnya trikomoniasis. Jika memiliki gejala termasuk rasa gatal, terbakar dan nyeri pada vagina dan vulva. Kemungkinan juga terasa terbakar saat kencing. Selain itu juga adanya cairan yang berwarna abu-abu yang kemungkinan berbau tidak sedap.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Kondisi Ini?

Untuk mengetahui penyebab gejala kondisi ini, dokter biasanya akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan, melakukan pemeriksaan panggul (pelvic), mengenali keputihan dari warnanya, kualitasnya dan baunya. Sampel cairan vagina dianalisis di bawah mikroskop. Dalam beberapa kasus, kemungkinan memerlukan lebih banyak tes atau pengujian.

vaginitis

Cara Tepat Mengobatan Vaginitis Pada Wanita

Pengobatan tergantung pada jenis kondisi yang dimiliki. BV dapat diobati dengan pengobatan antibiotik. Pengobatan bisa berupa dari oral maupun dimasukkan ke dalam vagina. Selama masih dalam pengobatan, harus menggunakan kondom saat berhubungan seksual atau usahakan tidak berhubungan seksual sama sekali.

Infeksi ragi biasanya diobati dengan pengobatan yang dimasukkan ke dalam vagina. Konsultasikan dengan dokter jika mengalami kondisi ini untuk yang pertama kalinya jika adanya gejala. Bahkan jika pernah mengalami infeksi jamur sebelumnya, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pengobatan.

Pengobatan untuk trikomoniasis biasanya adalah pengobatan antibiotik dosis tunggal. Pasangan Anda juga harus melakukan pengobatan untuk mencegah penularan infeksi pada orang lain dan agar tidak tertular lagi. Jika kondisi ini disebabkan oleh alergi atau kepekaan terhadap suatu produk, maka harus mengetahui produk yang menyebabkan masalah tersebut dan harus menghentikan produk tersebut.

Jika penyebab vaginitis adalah perubahan hormon, dokter biasanya merekomendasikan hormon estrogen untuk membantu mengatasi gejalanya. Untuk melakukan pengobatan bisa menghubungi nomor 081233881616 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan dibawah ini. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan terbaiknya.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.