Toilet Dapat Menyebabkan Infeksi Kandung Kemih?

 infeksi kandung kemih

Toilet sering dianggap sebagai sebuah tempat bersarangnya bakteri dan kuman, terutama toilet umum yang tidak terjaga kebersihannya dengan baik, kondisi ini bisa sebabkan infeksi kandung kemih?. Hal tersebut akan membuat toilet kerap dihubungkan sebagai tempat penularan penyakit, termasuk yang bersangkutan dengan area reproduksi. Toilet umum dianggap dapat menularkan infeksi saluran kemih. Benarkah hal tersebut dapat terjadi?

Baca juga: Ciri Dan Penyebab Infeksi Saluran Kencing

konsultasi

Apakan Toilet Dapat Menyebabkan Infeksi Kandung Kemih?

Namun nyatanya infeksi kandung kemih merupakan penyakit yang terjadi karena terdapat serangan mikroorganisme, yakni bakteri. Walaupun begitu, ada kemungkinan infeksi terjadi karena parasit, virus, dan jamur. Ternyata, bakteri penyebab infeksi tidak bisa menular dari dudukan toilet yang kotor. Pada umumnya penularan infeksi berasal dari diri sendiri.

Infeksi saluran kemih paling sering ditimbulkan oleh serangan bakter E Coli di area saluran kemih. Sebenarnya, bakteri ini hidup pada saluran pencernaan, namun bisa menyebar dan menimbulkan infeksi saluran kemih. Infeksi ini bisa terjadi pada ureter, kandung kemih, uretra, bahkan ginjal. Kabar buruknya, dibandingkan pria, wanita mempunyai resiko yang lebih tinggi mengalami isk.

Asumsi bahwa toilet umum bisa menularkan infeksi kandung kemih merupan mitos belaka. Faktanya isk terjadi ketika bakteri penyebabnya memasuki saluran kemuh melalui lubang yang kecil. Salah satu penyebab isk yakni cara membersihkan area anus setelah buang air besar tidak bersih. Karena cara membersihkan yang salah, bakteri mudah masuk melalui lubang kecil ke saluran kemih.

konsultasi
 infeksi kandung kemih

Mengenal Infeksi Saluran Kemih Dan Gejalanya

Terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan alami infeksi saluran kemih. Diantaranya ketika ia sedang hamil, sudah pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya, masuk masa menopause, hingga adanya sumbatan pada saluran kemih, misalnya karena batu ginjal atau pembesaran kelenjar prostat. Selain itu, ada juga kalangan yang memang terlahir dengan kelainan pada saluran kemihnya.

Apabila dilihat dari bagian yang terserang infeksi, infeksi kandung kemih dibagi dalam beberapa kategori, yakni isk atas dan bawah. Pada isk atas, infeksi terjadi pada bagian kandung kemih atas, termasuk ureter dan ginjal.

Sementara isk bawah akan menyerang uretra dan kandung kemih. Isk atas merupakan kondisi yang sangat berbahaya, karena bisa memicu penyebaran bakteri di ginjal ke darah. Masalah ini bisa mengakibatkan menurunnya tekanan darah yang cukup drastis, menyebabkan syok, bahkan kematian.

Selain tempat terjadinya, perbedaan dari kondisi ini bisa dilihat dari gejalanya. Isk atas dan bawah pada umumnya akan menimbulkan gejala yang berbeda dan peradangannya pun tidak sama. Pada isk atas, gejala utama yang biasanya muncul yakni rasa nyeri di bagian punggung atas atau bawah.

Selain itu, muncul juga berbagai gejala lainnya seperti demam, terasa dingin, menggigil muntah, mual, dan diare. Sedangkan pada isk bagian bawah, gejala yang muncul biasanya berhubungan dengan proses buang air kecil yang terasa tidak nyaman. Infeksi saluran kemih bawah menyebabkan sakit ketika buang air kecil, frekuensi buang air kecil menjadi meningkat.

Namun jumlah urin sedikit, sehingga kesulitan menahan rasa ingin buang air kecil. Kondisi tersebut bisa menyebabkan gejala berupa nyeri di bagian bawah, panggul, urin yang berbau, warna urin keruh dan mengandung darah.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala diatas, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta untuk memperoleh penanganan terjamin. Untuk reservasi Anda bisa hubungi 081233881616. Demikian kami sampaikan mengenai infeksi kandung kemih, semoga bermanfaat.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.