Sobeknya Selaput Darah, Artinya Tidak Perawan?

selaput darah

Utuhnya selaput darah sangat identik dengan keperawanan. Selain itu, masyarakat juga menjadikan keperawanan seorang wanita sebagai kehormatan dan nama baik keluarga. Hymen atau selaput dara menjadi simbol dan moralitas kaum wanita yang setia kepada keluarga, agama dan budaya.

Keperawanan merupakan topic yang kerap dihubungan dengan berbagai macam mitos dan penyimpangan. Tidak jarang kedua tema ini dianggap tabu untuk dibicarakan bagi beberapa kalangan masyarakat.

Baca juga: Beberapa Penyebab Keputihan Pada Wanita Yang Harus Diketahui

konsultasi

Apakah Sobeknya Selaput Darah, Artinya Tidak Perawan?

Perawan sering diartikan sebagai wanita yang belum pernah menjalankan hubungan seksual sama sekali. Seks sendiri mempunyai arti yang luas. Banyak kalangan yang mengartikan seks sebagai sebuah kegiatan penetrasi penis kedalam vagina.

Beberapa kalangan yang belum pernah menjalankan hubungan penetrasi vagina tak menganggap dirinya sebagai perawan, sebab sudah pernah menjalankan kontak seks jenis lainnya seperti oral atau anal.

Jadi definisi ini akan membatasi lingkup komunitas sesama jenis yang mungkin tidak pernah menjalankan seks penetrasi, namun tak menganggap dirinya masih perawan.

Sebagai kalangan bahkan percaya bahwa keperawanan didasari pada persetujuan kedua belah pihak yang terlibat dalam hubungan seks. Jadi banyak yang menggap bahwa hubungan seksual atas dasar paksaan tidak akan menjadikan seseorang bukan perawan lagi.

konsultasi

 selaput darah

Apa Arti Selaput Darah Secara Umum?

Selaput darah merupakan jaringan kulit tipis yang melapisi bukaan pada vagina. Banyak yang beropini dan menyatakan bahwa selaput dara mempunyai bentuk menutupi seluruh vagina.

Padahal hymen mempunyai berbagai jenis bentuk sesuai dengan tingkat elastis dan ketebalannya, bahkan mereka mempunyai bukaan yang berbeda antara satu kalangan dengan lainnya, untuk memungkinkan darah mens dan cairan tubuh lainnya bisa keluar dengan sempurna.

Pada umumnya selaput darah mempunyai bukaan selebar ukuran jari atau seperti tampon kecil. Namun bukaan tidak mempunyai bentuk seperti lubang donat. Bagi beberapa kalangan wanita, bukaan selaput dengan bentuk seperti tangga dan mempunyai bentuk seperti lubang kecil di seluruh permukaan selaput dara itu sendiri.

Pada beberapa masalah yang cukup langka, bukaan bisa terlihat sangat kecil sehingga penis, jari, bahkan tampon mungkin tidak akan bisa menembus lapisan dengan mudah. Bahkan ada beberapa kalangan wanita yang terlahir tanpa selaput dara dalam vaginanya.

Ketika seorang wanita masuk masa puber dan mulai produksi hormone estrogen, hal ini tentunya akan menyebabkan hymen berubah teksturnya, mereka akan menyediakan halangan untuk menjalankan hubungan seksual tanpa ada rasa nyeri.

Fungsi dari selaput darah memang belum diketahui, namun terdapat teori mengatakan bahwa hymen ada untuk melindungi bukaan vagina dan daerah sekitarnya pada masa pertumbuhan seorang wanita.

Keutuhan selaput dara sampai sekarang masih menjadi tolak ukur sebagai keperawanan seorang wanita. Padahal keperawanan tak bisa diukur atau dibuktikan hanya dari sebuah pemeriksaan secara fisik saja.

Hymen akan robek ketika Anda menjalankan hubungan penetrasi untuk pertama kalinya, namun ini tidak selalu terjadi. Robeknya selaput dara bisa menyebabkan pendarahan, rasa nyeri dan rasa tidak nyaman.

Perlu Anda pahami dengan baik, hymen atau selaput dara dapat robek akibat berbagai kondisi lainnya seperti mastrubasi atau memasukan jari atau mainan seks ke dalam vaginal. Memasukan tampon atau menjalankan olahraga fisik yang beresiko seperti bersepeda, senam atau menunggangi kuda.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala yang mengganggu, segera lakukan konsultasi bersama kami di Klinik Apollo Jakarta. Mengenai reservasi, Anda bisa hubungi kontak 081233881616. Demikian mengenai selaput darah, semoga bermanfaat.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website www.kesehatankelamin.com merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.