Sistitis Adalah Peradangan Pada Kandung Kemih

sistitis adalah

Sistitis adalah peradangan kandung kemih. Sebagian besar peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri dan disebut infesi saluran kemih (ISK). Infeksi kandung kemih bisa sangat menyakitkan dan bisa sangat mengganggu serta bisa menjadi masalah kesehatan yang serius jika infeksinya menyebar atau menular ke ginjal.

Sistitis dapat terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu, terapi radiasi atau potensi iritasn seperti spray kebersihan wanita dan penggunaan kateter jangka panjang. Sistitis juga dapat terjadi sebagai komplikasi penyakit lain. pengobatan yang biasa untuk sistitis bakteri adalah pengobatan antibiotik. Pengobatan untuk jenis sistitis lain tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

konsultasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistitis?

Sistitis adalah peradangan pada bagian tubuh yang teriritasi, berwarna merah atau bengkak. Dalam kebanyakan kasus, penyebab sistitis adalah infeksi saluran kemih (ISK). ISK terjadi ketika bakteri memasuki kandung kemih atau uretra mulai berkembang biak. Selain itu bisa terjadi dengan bakteri alami di tubuh yang menjadi tidak seimbang.

Bakteri ini menyebabkan infeksi dan menyebabkan peradangan. Sistitis tidak selalu berasal dari infeksi. Misalnya berasal dari obat-obatan tertentu dan produk-produk kebersigan juga dapat menyebabkan peradangan. Pengobatan untuk sistitis tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sebagian besar kasus sistitis akut atau terjadi secara tiba-tiba. Kasus sistitis interstisial kronis atau sistitis jangka panjang. Sistitis dapat menyerang siapa saja akan tetapi paling sering terjadi pada wanita.

Penyebab Utama Sistitis Adalah

Jenis sistitis tergantung pada penyebabnya, kemungkinan penyebab sistitis adalah:

• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Obat-obatan tertentu.
• Paparan radiasi.
• Penggunaan kateter yang berkelanjutan.
• Produk kebersihan yang menjengkelkan.

konsultasi

Beberapa Tanda Dan Gejala Sistitis

Tanda dan gejala sistitis dapat meliputi:

• Sering kencing.
• Terburu-buru untuk kencing dan mengosongkan kandung kemih.
• Urine yang berawan atau berbau sangat kuat.
• Demam yang rendah jika terdapat ISK.
• Adanya darah dalam urine.
• Terasa sakit selama hubungan seksual.
• Sensasi tekanan atau kepenuhan pada kandung kemih.
• Terasa kram di perut atau di punggung.

Jika infeksi kandung kemih menyebar atau menular ke ginjal maka bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Selain gejala yang ada, gejala infeksi ginjal juga dapat meliputi:

• Mual.
• Muntah.
• Sakit punggung.
• Demam.

konsultasi

Sistitis Dan Cara Mendiagnosisnya

Ada berapa cara berbeda untuk mendiagnosis sistitis. Dokter kemungkinan mengambil sampel urine untuk menentukan penyebab sistitis dan memeriksa ISK. Selain itu juga dapat melakukan Cystoscopy untuk menentukan penyebab gejalanya. Dalam sistoskopi, dokter memeriksa kandung kemih dengan tabung yang tipis.

Dengan menggunakan Cystoscopy dapat mengumpulka biopsi jaringan kandung kemih jika diperlukan. Biopsi adalah sampel jaringan kecil yang digunakan untuk melakukan tes dan pengujian lebih lanjut. Tes dan pengujian ini tidak sering diperlukan, akan tetapi dapat membantu dalam mendiagnosis sistitis. X Ray atau ulrasound dapat membantu menyingkirkan penyebab sistitis lainnya seperti masalah struktural atau tumor.

sistitis adalah

Bagaimana Wanita Dengan Sistitis Diobati?

Pengobatan antibiotik adalah pengobatan umum untuk sistitis bakteri. Sistitis interstitial juga dapat diobati dengan pengobatan. Pengobatan untuk sistitis interstitial tergantung pada penyebabnya. Pembedahan dapat mengobati sistitis, akan tetapi lebih umum digunakan pada kondisi yang kronis. Terkadang pembedahan dapat memperbaiki masalah struktural.

Prosedur non surgical lainnya untuk sistitis. Terkadang dengan meregangkan kandung kemih dengan air atau yang lainnya dapat memperbaiki gejalanya. Stimulasi saraf dapat menurunkan frekuensi kencing dan dapat meringankan nyeri panggul (pelvic). Sistitis yang disebabkan oleh radiasi atau kemoterapi, obat-obatan dapat membantu menenangkan kandung kemih.

Pengobatan untuk sistitis adalah pengobatan yang bisa dilakukan di Klinik Apollo. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081233881616 untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Konsultasikan dan lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter. Atau untuk membuat janji bisa melalui chat online seperti dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.