Simak Penanganan Dan Cara Mengatasi Keputihan Berlebih

cara mengatasi keputihan berlebih

Bagaimana cara mengatasi keputihan berlebih dengan benar? Keputihan secara ketat didefinisikan sebagai keputihan normal yang berlebihan. Kondisi ini adalah keputihan katarak dari selaput lendir saluran genital wanita. Kemungkinan disebabkan oleh patologi tertentu atau karena kesehatan yang buruk dan kondisi organ genital wanita yang tidak higienis.

Ketahui cara mengatasi keputihan berlebih. Debit dapat bervariasi dari warna putih kemerahan atau tebal dan kental dengan atau tanpa adanya bau busuk karena infeksi. Gejala keputihan yang berlebihan kemungkinan subyektif dan memerlukan pengobatan klinis dan pengobatan di laboratorium untuk mengkonfirmasi keputihan berlebih atau keputihan infektif. Dalam keputihan normal kemungkinan munculnya sebelum dan sesudah perdarahan menstruasi.

konsultasi

Kenali Fakta Unik Mengenai Keputihan Berlebih

Ketahui cara mengatasi keputihan berlebih. Keputihan bersifat tebal dari vagina dan hampir pada semua wanita akan mengalami kondisi ini selama siklus reproduksinya. Meskipun keputihan biasanya berwarna putih, namun bagi sebagian wanita kemungkinan berwarna kuning atau kehijauan. Ada sejumlah faktor seperti perubahan hormon, diabetes (kencing manis) dan anemia yang dapat menyebabkan keputihan. Namun tidak perlu mengkhawatirkannya mengenai keputihan ini karena ini adalah kondisi rutinitas seorang wanita. Hal yang perlu di khawatirkan adalah ketika keputihannya disertai dengan gejala lain seperti gatal dan kemerahan di area vagina.

Apa Penyebab Utama Keputihan Berlebih?

Penyebab umum keputihan dapat meliputi:

• Kebersihan Dan Penyakit Yang Buruk
Kondisi yang tidak higienis terutama pasa siklus menstruasi dapat menyebabkan keputihan. Kemunculan penyakit lain dalam tubuh dapat menurunkan kekebalan tubuh dan dapat membuat tubuh rentan terhadap infeksi dan keluarnya cairan.

• Cedera
Setiap cedera atau infeksi pada vagina atau rahim juga dapat menyebabkan keputihan. Cedera dan infeksi dapat terjadi karena aborsi yang sering, kesenangan seksual yang berlebihan dan selama ataua setelah melahirkan.

• Infeksi
Bakteri, infeksi jamur atau parasit di area vagina juga dapat menyebabkan keputihan. Beberapa parasit seperti Trichomoniasis Vaginalis, bakteri seperti Gardnerella Vaginalis dan Chlamydia Trachomatis juga dapat menyebabkan infeksi. Penyakit seperti sipilis (raja singa), gonore (kencing nanah) dan AIDS juga menunjukkan adanya bakteri infeksi. Lembab, pakaian dalam sintetis di kombinasikan dengan kebersigan yang buruk juga dapat menyebabkan infeksi dan keputihan.

• Alat Kontrasepsi Intrauterin
Penggunaan alat kontrasepsi ini terkadang menyebabkan iritasi dan keputihan pada wanita. Alat kontrasepsi tidak boleh digunakan tanpa sepengetahuian dan instruksi yang tepat dari dokter.

konsultasi

Kenali Tanda Dan Gejala Keputihan Berlebih

Ketahui cara mengatasi keputihan berlebih. Salah 1 gejala utama yang terlihat pada seseorang dengan keputihan adalah gejalanya terkadang menyertai kepuutihan ini.

• Terasa nyeri di perut atau di kaki bagian bawah (terutama di otot paha dan betis).
• Sering ingin kencing.
• Rasa sakit.
• Iritasi disertai dengan rasa gatal yang hebat di saluran genital.
• Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada pekerjaan karena sadar akan keluarnya cairan.
• Terasa nyeri saat berhubungan intim.
• Kelelahan secara umum karena kehilangan cairan vital.

konsultasi

Bagaimana Wanita Dengan Keputihan Berlebih Didiagnosis?

Jika mengalami perubahan pada keputuhan, dokter dapat melakukan tes atau pengujian untuk membantu memecahkan masalahnya. Tes atau pengujian kemungkinan termasuk:

• Pemeriksaan Panggul
Dokter kesehatan melakukan pemeriksaan vagina dan serviks (leher rahim) dan menekan rahim dan ovarium untuk memeriksa kelainan pada jaringan dan organ.

• Tes Atau Pengujian PH
Dokter melakukan pemeriksaan tingkat asam dari debit karena infeksi dapat menyebabkan perubahan PH atau keasaman vagina.

• Pemasangan Alat
Sampel cairan dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk melakukan pemeriksaan infeksi jamur, bakteri atau Trichomonas yang kemungkinan menyebabkan keluarnya cairan.

• Tes Atau Pengujian Penyakit Kelamin
Sampel cairan diambil dari vagina atau serviks (leher rahim) dan dianalisis di laboratorium untuk melakukan tes atau pengujian gonore (kencing nanah), klamidia, Trichomonas (penyakit menular seksual atau PMS yang menyebabkan trikomoniasis) atau organisme lain yang kemungkinan dapat menyebabkan keputihan.

cara mengatasi keputihan

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Berlebih Pada Wanita?

Ketahui cara mengatasi keputihan berlebih. Keputihan normal tidak membutuhkan pengobatan. Beberapa wanita melakukan douche untuk menghilangkan keputihan akan tetapi dengan menggunakan douche bukanlah salah satu penanganan terbaik. Douche dapat membersihkan bakteri yang sehat di vagina dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Bakteri yang sehat diperlukan untuk membantu mencegah infeksi lain.

Pengobatan keputihan yang tidak normal (abnormal) tergantung pada apa yang menyebabkan masalah. Infeksi vagina diobati dengan pengobatan antibiotik untuk membunuh bakteri atau pengobatan lain yang membutuh ragi. Jika menderita PMS, anda dan pasangan seksual Anda harus melakukan pengobatan.

Ketahui cara mengatasi keputihan berlebih. Jika pengobatan diberikan untuk mengobati infeksi, maka harus menyelesaikan semua pengobatan, bahkan jika gejalanya membaik sebelum menyelesaikan pengobatan. Usahakan hindari hubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh oleh dokter. Lakukan tes atau pengujian ulang untuk memastikan penyakit kelaminnya telah sembuh atau untuk memastikan tidak terinfeksi lagi.

Vaginitis karena menopause dapat diobati dengan pengobatan untuk vagina yang kemungkinan mengandung hormon estrogen. Vaginitis yang disebabkan oleh bahan kimia diobati dengan menghindari produk yang dapat menyebabkannya. Cara mengatasi keputihan berlebih ini bisa dilakukan hanya di Klinik Apollo. Dengan menghubungi kami di nomor 081233881616 atau dengan konsultasi dibawah ini.

konsultasi
Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.