Resiko Radang Panggul Yang Tidak Segera Diobati

resiko radang panggul

Resiko radang panggul dapat menyebar atau menular ke atas dari serviks (leher rahim) ke rahim, saluran tuba, ovarium dan struktur di sekitarnya. Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi pada organ reproduksi seorang wanita. Beberapa kondisi ini juga disebut sebagai servisitis (radang serviks atau leher rahim), salpingitis (radang saluran fallopi), endometritis (radang yang muncul di jaringan lapisan rahim) dan peritonitis (radang peritoneum).

Apa Yang Dimaksud Dengan Radang Panggul?

Radang panggul adalah infeksi atau radang organ dan jaringan di panggul (pelvic). Kondisi ini ditandai oleh infeksi seperti serviks (leher rahim yang terletak di bagian atas vagina), endometrium (lapisan rahim), tuba falopi (tabung yang membawa ocum atau telur dari ovarium ke rahim), ovarium atau organ perut lainnya sebagai pelengkap.

konsultasi

Penyebab Umum Pada Radang Panggul Adalah

Resiko radang panggul terjadi ketika bakteri bergerak ke atas dari vagina ke serviks (leher rahim), rahim dan saluran tuba. Sebagian besar kasus terjadi sebagai akibat dari infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore (kencing nanah) lebih dari sebagian dari semua kasus. Radang panggul yang terkena secara seksual adalah hasil dari penularan klamidia dan sebagian dari hasil penularan gonore (kencing nanah).

Resiko radang panggul juga dapat mengembangkan prosedur pelvis seperti terminasi kehamilan atau pemasangan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD). Penyakit ini juga dapat terjadi akibat persalinan, apendiks yang pecah atau infeksi usus. Penyakit ini paling umum terjadi di kalangan wanita remaja yang aktif secara seksual.

Karena sebagian besar kasus radang panggul terjadi sebagai akibat dari IMS. Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dapat meningkatkan resiko radang panggul. Wanita yang pernah mengalami radang panggul ini sebelumnya juga dapat memiliki resiko radang panggul lebih tinggi terhadap infeksi di masa yang akan datang.

Apa Saja Ciri Dan Resiko Radang Panggul Pada Wanita?

Pada kebanyakan wanita tidak mengalami gejala dan resiko radang panggul karena kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Terutama kasus dengan infeksi yang terjadi sebagai akibat dari klamidia. Pada wanita yang memiliki gejala, umumnya mengalami rasa sakit di perut bagian bawah. Tanda dan resiko radang panggul yang umum lainnya dapat termasuk:

• Keputihan abnormal (tidak normal).
• Perdarahan pada vagina yang tidak biasa.
• Periode mentsruasi yang tidak normal (abnormal).
• Rasa sakit saat berhubungan seksual.
• Perdarahan setelah berhubungan seksual.
• Peningkatan nyeri haid.
• Kencing yang menyakitkan.
• Demam.

Terkadang gejalanya ringan dan berkembang perlahan. Dalam kasus lain wanita dapat mengalami nyeri panggul (pelvic) yang parah dan merasa tidak sehat dalam beberapa hari. Wanita yang tidak menunjukkan gejala masih dapat memiliki resiko radang panggul atau komplikasi yang serius.

konsultasi

Cara Mendiagnosis Radang Panggul Secara Umum

Penyakit ini bisa sangat sulit untuk didiagnosis karena gejalanya bisa sangat ringan dan tidak spesifik. Untuk menguji radang panggul, metode usap biasanya dilakukan dari vagina dan serviks (leher rahim) untuk mengetahui adanya bakteri yang berhubungan dengan klamidia dan gonore (kencing nanah). Jika gejala seperti nyeri perut bagian bawah muncul, pemeriksaan panggul (pelvic) juga dapat dilakukan.

Dokter harus mengetahui area panggul untuk menentukan sifat dan lokasi rasa sakitnya. Ultrasonografi panggul (pekvic) digunakan untuk mendiagnosis radang panggul. Ultrasonografi dapat melihat area panggul dan untuk melihat saluran tuba membesar atau adanya jaringan parut. Dalam beberapa kasus, laparoskopi dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnosis radang panggul. Laparoskopi adalah prosedur bedah yang dilakukan dengan anestesi umum. Melibatkan tabung tipis dan kaku dengan laparoskop di ujungnya yang dimasukkan ke dalam panggul (pelvic) melalui sayatan kecil tepat dibawah yang memungkinkan radang panggul terlihat oleh dokter.

resiko radang panggul

Cara Mengobati Radang Panggul Pada Wanita

Semakin lama menunda pengobatan untuk radang panggul, maka Semakin besar kemungkinan menjadi infertil atau kehamilan ektopik di masa yang akan datang karena kerusakan pada saluran tuba. Pengobatan sejak dini dapat mencegah komplikasi dalam jangka panjang. Radang panggul diobati dengan pengobatan antibiotik.

Umumnya beberapa pengobatan antibiotik yang berbeda diresepkan sekaligus. Sangat penting bagi wanita yang melakukan pengobatan untuk radang panggul menyelesaikan semua rangkaian pengobatan antibiotik yang diresepkan. Meskipun gejalanya telah hilang, namun infeksinya masih ada di dalam tubuh.

Seorang wanita disarankan untuk menjalani tes atau pengujian lebih lanjut setelah menyelesaikan pengobatan antibiotik untuk memastikan infeksinya telah sembuh. Untuk menghindari infeksinya berulang (kambuh), seorang wanita juga disatankan untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga telah melakukan tes atau pengujian tindak lanjut untuk memastikan infeksinya telah benar-benar sembuh.

Selain itu juga dianjurkan agar wanita yang didiganosis dengan radang panggul, pasangan seksualnya juga harus melakukan tes atau pengujian. Karena sebagian besar kasus radang panggul disebabkan oleh klamidia, pasangan pria dapat terinfeksi IMS. Seorang wanita dengan gejala radang panggul yang parah (demam, mual dan muntah) kemungkinan harus diobati dengan pengobatan antibiotik intravena.

Pada wanita hamil dengan radang panggul juha harus diobati, bahkan jika gejalanya ringan, karena lebih aman untuk menerima pengobatan antibiotik secara intravena selama kehamilan. Pengobatan antibiotik tidak dapat membalikkan kerusakan yang telah terjadi pada organ reproduksi. Dalam beberapa kasus, operasi kemungkinan diperlukan untuk memperbaiki kerusakan dan untuk menghilangkan jaringan parut dari tuba fallopi.

Segera lakukan pengobatan untuk radang panggul. Dengan cara menghubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dengan cara mengkonsultasikannya melalui layanan medis secara online seperti dibawah ini. Percayakan pengobatan radang panggul Anda pada klinik kami. Klinik aman dan sangat terpercaya dalam menangani penyakit kelamin.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website kesehatankelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.